Breaking News

Apa Itu Status DTKS dalam Pendaftaran KIP Kuliah?

Apa Itu Status DTKS dalam Pendaftaran KIP Kuliah? Cek Ini!

Bagi peserta yang mendaftar KIP Kuliah, pasti akan muncul data DTKS. Nah, Apa itu maksud dari status DTKS KIP kuliah?

Sebelum kesana, kita ulas sebentar masalah sinkronisasi data antara KIP kuliah dan data kemensos. Mula tahun 2020, pendaftaran KIP kuliah sudah sangat maju dan untuk menangani masalah kecurangan maka ada sinkronisasi data antara NIK peserta dengan data di kemensos.

Loh hubungannya apa?

Mari kita bahas DTKS dan bagaimana cara melihatnya ya.

Pengertian DTKS KIP Kuliah

Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DTKS merupakan data acuan yang dibuat oleh kementerian sosial untuk pemberian bantuan sosial (bansos) yang bersumber dari APBD maupun APBN bagi warga yang tidak mampu.

Data warga negara Indonesia ini didapatkan dari survei langsung ke rumah atau melewati data dari kelurahan atau desa yang telah diajukan serta menggunakan NIK. Jadi, mengapa KIP kuliah memasukkan NIK ya digunakan untuk mengambil data dari DTKS ini.

Apabila tidak terdata di DTKS, maka bisa jadi memang belum terdata atau orangnya mampu. Data warga dalam DTKS menjadi salah satu dasar penentuan nama-nama penerima bantuan sosial yang bersumber dari APBN 2022, seperti Bantuan dalam bentuk kartu KKS, KIS, PKH (Program Keluarga Harapan), BPNT, dan PBI (untuk peserta BPJS Kesehatan) dan lainnya.

Apa arti Desil < 4 dan Desil > 4?

Berdasarkan penjelasan dari kemensos, apabila Desil < 4, maka warga negara tersebut rentan akan kemiskinan sehingga berhak mendapatkan bantuan atau prioritas utama untuk diperhatikan sedangkan Desil > 4 dianggap warga negara tersebut mampu.

Loh, tapi walaupun desil > 4, keluarga saya sekarang tidak mampu lo min. Oke, untuk masalah ini disebabkan oleh data yang updatenya terkadang 5 tahun sekali (mungkin). Walaupun desil > 4 dan dianggap mampu, kalau memang kondisi sekarang tidak mampu kalian tetap bisa mendaftar KIP Kuliah ya.

Pastikan isi semua data yang ada dengan sejujurnya dan juga selengkap mungkin. Dengan begitu, pihak kampus juga akan bisa memvalidasi data yang kamu isikan tadi.

Bagaimana Cara Status Melihat DTKS untuk KIP kuliah?

Caranya yaitu dengan mengunjungi laman utama DTKS Kemensos ya, antara lain.

  1. Buka website : https://cekbansos.kemensos.go.id/
  2. Kemudian, isikan semua data yang diminta, seperti asal daerah mulai provinsi, kota/kab, kecamatan dan desa serta mengisikan nama lengkap sesuai KTP.
  3. Terakhir, isi KODE KATA dan cari data.

Apabila belum terdata, maka tidak ada informasi yang muncul, tetapi apabila ada maka akan muncul terdaftar DTKS berapa dan mendapatkan bantuan apa saja.

Semoga penjelasan tentang Status DTKS KIP Kuliah diatas dapat dipahami dan buat yang desil > 4 jangan patah semangat, silakan isikan data sejujur mungkin sebab kondisi sekarang dan dulu sebuah keluarga juga pasti berbeda serta data DTKS juga belum tau updatenya berapa tahun sekali.

About Muhammad

Check Also

Cara Mengisi Jarak Dari Pusat Kota KIP Kuliah

Cara Mengisi Jarak Dari Pusat Kota KIP Kuliah [Terupdate] Salah satu isian dalam menu rencana …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!