Apa dampak limbah yang dihasilkan oleh pabrik tempe bagi lingkungan?

Questions and Answers for Natural Science Class 9 Curriculum 2013 Revised 2018 What is the impact of the waste produced by the tempe factory on the environment? Page 81 Chapter 7 (Biotechnology) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Apa dampak limbah yang dihasilkan oleh pabrik tempe bagi lingkungan? Halaman 81 Bab 7 (Bioteknologi) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Diskusikan

Tempe merupakan makanan khas Indonesia. Hampir seluruh masyarakat Indonesia mengonsumsi tempe, sehingga kebutuhan dan ketersediaan tempe sangat tinggi. Tempe diproduksi dalam skala besar oleh pabrik tempe. Pabrik-pabrik tersebut akan menghasilkan limbah berupa kulit dan ampas biji kedelai. Berdasarkan permasalahan itu coba analisislah pertanyaan berikut.

1. Apa dampak limbah yang dihasilkan oleh pabrik tempe bagi lingkungan?

Dampak limbah yang dihasilkan oleh pabrik tempe bagi lingkungan adalah:

  • Air sungai berubah menjadi keruh dan berbau
  • Air Sungai menjadi tidak steril dan menjadi sarang penyakit.
  • Kehidupan makhluk hidup di sekitar sungai menjadi terganggu seperti ikan.
  • Masyarakat yang Menggunakan air sungai terkontaminasi limbah menjadi sakit atau rentan terhadap penyakit.
  • Temperatur udara tidak teratur dan suka berubah-ubah.
  • Udara menjadi tercemar.
  • Tanah menjadi tidak subur.

2. Menurutmu, bagaimana upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi keberadaan limbah dari pembuatan tempe?

Cara menanganinya limbah pabrik tempe dengan tidak langsung membuangnya, melainkan limbah tersebut ditampung dahulu di sebuah wadah/tempat, kemudian setelah limbah terkumpul limbah di olah agar tidak membahayakan dan menimbulkan polusi ataupun pencemaran. Setelah diolah dan diyakini telah aman limbah tersebut baru dibuang.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Apa dampak limbah yang dihasilkan oleh pabrik tempe bagi lingkungan? Halaman 81 Bab 7 (Bioteknologi)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Apa dampak limbah yang dihasilkan oleh pabrik tempe bagi lingkungan? Halaman 81 Bab 7 (Bioteknologi). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya?

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya? Pertanyaan: 3. Kalor lebur es …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!