Analisislah mengapa pembentukan sel kelamin terjadi melalui proses pembelahan meiosis?

Questions and Answers for Natural Science Class 9 Curriculum 2013 Revised 2018 Analyze why sex cell formation occurs through the process of meiotic division? Page 7 Chapter 1 (Human Reproductive System) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Analisislah mengapa pembentukan sel kelamin terjadi melalui proses pembelahan meiosis? Halaman 7 Bab 1 (Sistem Reproduksi Manusia) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Pikirkan! 

Analisislah mengapa pembentukan sel kelamin terjadi melalui proses pembelahan meiosis?

Alasan mengapa pembentukan sel kelamin terjadi melalui proses pembelahan meiosis adalah agar materi genetik dari sel kelamin yang dihasilkan hanya separuh dari materi genetik sel sang induk yakni haploid atau n. Alasan mengapa materi genetik yang dihasilkan harus setengah adalah agar ketika terjadi fertilisasi maka akan dihasilkan materi genetik yang utuh yakni 2n atau diploid.

Karena sel kelamin akan dibuahi oleh sel kelamin juga, yang masing-masing jumlah kromosomnya setengah dari induknya. Setelah terjadi pembuahan, akan terbentuk sel dengan jumlah kromosom yang sama dengan induknya. Jika tidak terjadi secara meiosis, anak yang terbentuk akan memiliki kromosom dua kali lebih banyak dari induknya.

MEIOSIS adalah salah satu cara dari sel dalam membelah diri selain MITOSIS. Meiosis sendiri hanya dijumpai pada organ reproduksi atau perkembangbiakan. Proses meiosis ini diketahui menghasilkan gamet yakni sperma atau ovum. Pada setiap sperma ataupun ovum yang dihasilkan hanya memperoleh setengah materi genetik atau kromosom dari induknya.

Oleh karena materi genetik yang dihasilkan justru berkurang maka proses pembelahan sel dengan meiosis pun dinamakan pula dengan pembelahan reduksi. Reduksi artinya pengurangan.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Analisislah mengapa pembentukan sel kelamin terjadi melalui proses pembelahan meiosis? Halaman 7 Bab 1 (Sistem Reproduksi Manusia)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Analisislah mengapa pembentukan sel kelamin terjadi melalui proses pembelahan meiosis? Halaman 7 Bab 1 (Sistem Reproduksi Manusia). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya?

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya? Pertanyaan: 3. Kalor lebur es …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!