Analisislah kaidah kebahasaan teks editorial yang berjudul Pengangguran Makin Bertambah

  • 1 min read
  • Agu 16, 2021

Questions and Answer Key Indonesian Grade 12 curriculum in 2013 Revised 2018 Analyze the linguistic rules Makin Unemployment Increases Page 102 Section 3 (Understanding the Latest Issue By Editorial) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Analisislah kaidah kebahasaan Pengangguran Makin Bertambah Halaman 102 Bab 3 (Memahami Isu Terkini Lewat Editorial) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Tugas

Bacalah kembali teks editorial yang berjudul “Pengangguran Makin Bertambah.” Kemudian, analisislah kaidah kebahasaannya.

Kaidah kebahasaan teks editorial Pengangguran Makin Bertambah adalah

1. Penggunaan kata populer. Seperti kata survive pada paragraf 3, megap-megap pada paragraf 5, dicanangkan pada paragraf 6, kambing hitam pada paragraf 9.

2. Menggunakan kata ganti penunjuk. Seperti:

  • Karena itu, pemerintah di bawah kepemimpinan … (paragraf 1) – merujuk pada peristiwa.
  • Data-data BPS ini harus dijadikan acuan … (paragraf 3) – merujuk pada suatu hal.
  • Intinya, pemerintah harus tetap optimis … (paragraf 10) – merujuk pada pokok ulasan.

3. Menggunakan konjungsi kausalitas. Seperti:

  • Percepatan pertumbuhan ekonomi tersebut diperlukan untuk menciptakan lapangan baru kerja, sebab … (paragraf 3)
  • Beberapa kalimat dengan kata karena pada paragraf 1, 3, dan 7.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Analisislah kaidah kebahasaan Pengangguran Makin Bertambah Halaman 102 Bab 3 (Memahami Isu Terkini Lewat Editorial)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Analisislah kaidah kebahasaan Pengangguran Makin Bertambah Halaman 102 Bab 3 (Memahami Isu Terkini Lewat Editorial). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

error: Content is protected !!