Breaking News

Aktivitas 8.5 Membuat Artikel tentang Dampak Kebakaran Hutan terhadap Sistem Pernapasan Manusia

atural Science Questions and Answers for Class 8 Curriculum 2013 Revised 2017 Activity 8.5 Making Articles about the Impact of Forest Fires on the Human Respiratory System Page 70 Chapter 8 (Human Respiratory System) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 8.5 Membuat Artikel tentang Dampak Kebakaran Hutan terhadap Sistem Pernapasan Manusia Halaman 70 Bab 8 (Sistem Pernapasan Manusia) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Lakukan

Aktivitas 8.5 Membuat Artikel tentang Dampak Kebakaran Hutan terhadap Sistem Pernapasan Manusia

Kebakaran hutan dan lahan yang melanda beberapa daerah di Indonesia ternyata memiliki dampak buruk bagi kesehatan sistem pernapasan manusia. Buatlah suatu artikel tentang dampak kebakaran hutan terhadap sistem pernapasan manusia. Kamu dapat memperoleh sumber informasi dari wawancara orang di lingkungan rumah, sekolah, ataupun mencari berbagai macam informasi dari internet atau surat kabar yang berkaitan dengan tema tersebut!

Kebakaran hutan merupakan bahaya bencana yang sering mengancam, terutama pada musim kemarau. Kebakaran ini dapat terjadi akibat pembakaran lahan pertanian dan perkebunan kelapa sawit, yang kemudian menjalar dan merambat tidak terkendali.

Secara garis besar kebakaran hutan disebabkan oleh dua faktor utama. Pertama faktor alami dan kedua faktor ulah manusia yang tidak terkontrol Faktor alami seperti pengaruh El-Nino, menyebabkan kemarau panjang hingga tanaman jadi sangat kering.

Hal ini menjadi bahan bakar potensial jika terkena percikan api yang berasal dari batu bara yang muncul di permukaan ataupun dari pembakaran lain yang tidak disengaja maupun disengaja.

Menyebabkan Iritasi Mata dan Kulit

Dampak kebakaran hutan terhadap sistem pernapasan manusia sangat besar, antara lain:

  • Memperburuk Asma

Dampak kebakaran hutan lainnya adalah dapat memperburuk asma dan penyakit paru kronis lain, seperti bronkitis kronik, PPOK dan sebagainya.

Asap kebakaran hutan akan masuk terhirup ke dalam paru. Kemampuan kerja paru menjadi berkurang dan menyebabkan orang mudah lelah dan mengalami kesulitan bernapas.

  • Infeksi Paru dan Saluran Pernapasan

Kabut asap yang berasal dari kebakaran hutan dapat menyebabkan iritasi lokal/setempat pada selaput lendir di hidung, mulut dan tenggorokan yang memang langsung kena asap kebakaran hutan, serta menyebabkan reaksi alergi, peradangan dan mungkin juga infeksi , mulai ISPA dan bila berat bisa sampai ke pneumonia.

Kemampuan paru dan saluran pernapasan mengatasi infeksi juga berkurang, sehingga menyebabkan lebih mudah terjadi infeksi. Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) jadi lebih mudah terjadi, utamanya karena ketidakseimbangan daya tahan tubuh (host), pola bakteri/virus dan lain-lain penyebab penyakit (agent) dan buruknya lingkungan (environment).

  • Menyebabkan kanker

Zat-zat berbaya dalam kebakaran hutan dapat merusak sel paru-paru, yang menyebabkan sel paru-paru mengalami pertumbuhan yang tidak normal, dan menyebabkan terjadinya kanker paru-paru.

Bahaya asap kebakaran hutan terutama beresiko pada anak-anak, karena sistem pernafasannya masih berkembang dan belum terbentuk sempurna.

Untuk mengatasi dampak kebakaran hutan pada saluran pernafasan ini, dianjurkan agar tetap berada diruangan tertutup, atau melakukan evakuasi dengan meninggalkan daerah yang terdampak.

Bila terpaksa harus berada di luar ruangan dan beresiko terpapar asap, maka disarankan menggunakan masker untuk menyaring asap.

Risiko kesehatan akibat menghirup asap kebakaran hutan

Sebuah penelitian pada tahun 2018 menemukan bahwa paparan asap kebakaran hutan dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan serius pada sistem pernapasan. Di antaranya asma, bronkitis, pneumonia, serta penyakit paru obstruktif kronis (PPOK).

Namun, bahaya asap kebakaran hutan tidak berhenti sampai di situ. Campuran gas, zat kimia, partikel debu, dan bahan-bahan lain pada asap kebakaran hutan bisa menimbulkan efek jangka pendek dan jangka panjang bagi kesehatan.

1. Efek jangka pendek

Berikut adalah efek jangka pendek yang berisiko muncul akibat paparan asap kebakaran hutan:

  • Kesulitan untuk bernapas secara normal
  • Sesak napas atau napas terdengar nyaring
  • Iritasi pada tenggorokan dan paru
  • Batuk
  • Tenggorokan gatal
  • Hidung meler
  • Sinus mengalami iritasi
  • Iritasi mata
  • Sakit kepala

Pada kasus yang parah, dampak asap kebakaran hutan dapat menghambat pasokan oksigen menuju jantung. Kondisi ini dapat berakibat fatal bila tidak segera ditangani.

2. Efek jangka panjang

Asap kebakaran hutan dapat bertahan lama sehingga menurunkan kualitas udara di wilayah sekitar bencana. Akibatnya, penduduk yang mendiami wilayah ini lebih berisiko mengalami efek jangka panjang karena menghirup asap kebakaran.

Gangguan kesehatan yang berisiko muncul di antaranya penyakit ginjal, diabetes, masalah kesuburan, dan peningkatan tekanan darah.

Beberapa penelitian juga menemukan adanya peningkatkan risiko gangguan saraf seperti penyakit Alzheimer.

Menghindari bahaya asap kebakaran hutan

Mengutip laman Centers for Disease Control and Prevention, berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisasi dampak asap kebakaran hutan:

  • Mempersiapkan fasilitas yang diperlukan untuk mengantisipasi kebakaran hutan
  • Memeriksa kondisi kualitas udara setiap hari
  • Menjaga udara di dalam rumah sebersih mungkin
  • Menghindari kegiatan luar rumah bila tidak benar-benar mendesak
  • Menggunakan masker khusus, sebab masker yang dijual secara umum tidak dapat menahan partikel abu pada asap kebakaran
  • Memasang penyaring udara di rumah
  • Menghindari sumber polusi dalam rumah, misalnya asap rokok
  • Berkonsultasi dengan dokter untuk memantau kondisi kesehatan

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 8.5 Membuat Artikel tentang Dampak Kebakaran Hutan terhadap Sistem Pernapasan Manusia Halaman 70 Bab 8 (Sistem Pernapasan Manusia)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 8.5 Membuat Artikel tentang Dampak Kebakaran Hutan terhadap Sistem Pernapasan Manusia Halaman 70 Bab 8 (Sistem Pernapasan Manusia). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal dari fosil secara berlebihan? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!