Breaking News

Aktivitas 8.2 Mengidentifkasi Mekanisme Pernapasan Dada dan Pernapasan Perut

Natural Science Questions and Answers for Class 8 Curriculum 2013 Revised 2017 Activity 8.2 Identifying Chest and Abdominal Breathing Mechanisms Pages 55-56 Chapter 8 (Human Respiratory System) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 8.2 Mengidentifkasi Mekanisme Pernapasan Dada dan Pernapasan Perut Halaman 55-56 Bab 8 (Sistem Pernapasan Manusia) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Lakukan

Aktivitas 8.2 Mengidentifkasi Mekanisme Pernapasan Dada dan Pernapasan Perut

Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Letakkan tanganmu di dada.
  2. Hiruplah udara dalam-dalam dengan mengembangkan dada, kemudian embuskan. Pernapasan ini disebut dengan pernapasan dada.
  3. Amati bagaimana pergerakan dadamu saat kamu menghirup udara dan saat mengembuskan udara.
  4. Letakkan tangan di perut.
  5. Hiruplah udara dalam-dalam dengan mengembangkan perut, lalu embuskan. Pernapasan ini disebut dengan pernapasan perut.
  6. Amati bagaimana pergerakan perutmu saat kamu menghirup udara dan saat mengembuskan udara.

Apa yang perlu kamu diskusikan?

1. Pada saat kamu melakukan pernapasan dada, apa yang terjadi pada dadamu ketika kamu menghirup udara (inspirasi) dan ketika kamu mengembuskan udara (ekspirasi)?

Saat melakukan pernafasan dada otot yang terlibat aktif adalah otot antar tulang rusuk sehingga yang terjadi pada dada saat:

  • Ketika menghirup udara paru paru mengembang,tekanan udara di luar lebih besar daripada dalam paru paru dan akibatnya udara masuk (inspirasi).
  • Ketika menghembuskan udara sebaliknya,saat otot antartulang berelaksasi,tulang rusuk turun dan akibatnya volume rongga dada mengecil sehingga tekanan di dalamnya pun naik pada keadaan ini paru paru mengempis sehingga udara keluar.

2. Pada saat kamu melakukan pernapasan perut, apa yang terjadi pada perutmu ketika kamu menghirup udara (inspirasi) dan ketika kamu mengembuskan udara (ekspirasi)?

Saat melakukan pernafasan perut otot yang terlibat adalah otot diafragma sehingga yang terjadi saat:

  • Inspirasi ⇒ diafragma mendatar/ berkontraksi. Ketika menghirup udara rongga dada akan membesar dan paru paru mengembang akibatnya udara akan masuk ke paru paru.
  • Ekspirasi ⇒ diafragma cekung ke arah rongga dada/relaksasi. Ketika menghembuskan udara rongga dada akan menyempit,mendorong paru paru sehingga mengempis selanjutnya udara dari paru paru akan keluar.

3. Adakah perbedaan proses yang terjadi pada pernapasan dada dan pernapasan perut? Jelaskan!

  • Pernapasan dada

Secara tidak sadar, manusia melakukan pernapasan dada untuk menghirup oksigen. Pernapasan ini melibatkan kerja otot antar tulang rusuk (intracoastal) sebagai pemicu kontraksi dan relaksasi rongga dada. Saat inhale (menarik napas) otot-otot intracoastal akan berkontraksi sehingga rongga dada mengembang dan kembali ke posisi semula (relaksasi) saat exhale (menghembus nafas) sehingga ronga dada mengecil.

Saat berolahraga dengan durasi yang panjang, ketersediaan oksigen akan mempengaruhi performa secara langsung. Oksigen yang tidak tercukupi akan menurunkan performa akibat melambatnya proses pembentukan energi. Oleh karena itu pengaturan napas untuk olahraga endurance (>90 menit) membutuhkan cara napas yang tepat.

  • Pernapasan perut

Jenis pernapasan ini umumnya dilakukan pada olahraga tertentu untuk memperpanjang proses exhale. Saat tubuh mengeluarkan banyak karbondioksida maka hemoglobin akan mengikat oksigen lebih banyak pula untuk diangkut ke sel sebagai bahan bakar (energi). Mekanisme pernapasan ini dibantu oleh otot diafragma sebagai penggerak utama. Otot diafragma akan bekerja secara berlawanan dengan otot antar tulang rusuk. Apabila otot diafragma mendatar, maka otot antar tulang rusuk akan berkontraksi dan rongga dada akan membesar, begitu pula sebaliknya. Walaupun demikian, kedua otot ini tetap bergerak bersamaan walaupun memiliki mekanisme kerja yang berbeda.

Apa yang dapat kamu simpulkan?

Berdasarkan hasil percobaan dan diskusi yang telah kamu lakukan, apa saja yang dapat kamu simpulkan?

Perbedaan antara pernapasan dada dan pernapasan perut terletak pada otot yang bekerja saat bernapas. Pernapasan dada menggunakan otot antara tulang rusuk sebagai penggerak utama dan pernapasan perut menggunakan otot pada diafragma. Kedua otot tersebut akan bergerak secara bersamaan namun memiliki kerja yang berbeda.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 8.2 Mengidentifkasi Mekanisme Pernapasan Dada dan Pernapasan Perut Halaman 55-56 Bab 8 (Sistem Pernapasan Manusia)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 8.2 Mengidentifkasi Mekanisme Pernapasan Dada dan Pernapasan Perut Halaman 55-56 Bab 8 (Sistem Pernapasan Manusia). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Rasio dari dua dua bilangan adalah 3 : 4. Jika masing-masing bilangan ditambah 2, rasionya menjadi 7 : 9. Tentukan hasil kali kedua bilangan itu!

[Kunci Jawaban] Rasio dari dua dua bilangan adalah 3 : 4. Jika masing-masing bilangan ditambah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!