Aktivitas 8.1 Mengidentifikasi Perbedaan Zat dalam Benda dan Makhluk Hidup secara Sederhana

Natural Science Questions and Answers for Class 9 Curriculum 2013 Revised 2018 Activity 8.1 Identifying Differences in Substances in Living Things and Living Things in a Simple Way Page 100-101 Chapter 8 (Particles that Make Up Things and Living Things) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas 8.1 Mengidentifikasi Perbedaan Zat dalam Benda dan Makhluk Hidup secara Sederhana Halaman 100-101 Bab 8 (Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Lakukan

Aktivitas 8.1 Mengidentifikasi Perbedaan Zat dalam Benda dan Makhluk Hidup secara Sederhana

Apa yang kamu perlukan?

  1. Bulu unggas
  2. Beberapa helai rambut
  3. Sepotong daging
  4. Plastik
  5. Kayu
  6. Kertas
  7. Daun
  8. Kain perca jenis katun
  9. Karet ban atau bahan lain yang ada di sekitarmu
  10. Pinset atau penjepit kayu
  11. Gunting atau pisau
  12. Pembakar spiritus

Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Buatlah kelompok yang beranggotakan 4-5 orang.
  2. Potonglah kain perca yang bersih dan kering dengan ukuran 4×4 cm.
  3. Jepit salah satu ujung kain tersebut dengan pinset.
  4. Ciumlah bau atau aroma kain tersebut.
  5. Nyalakan pembakar spiritus.
  6. Bakarlah ujung kain dengan hati-hati.
  7. Setelah ujung kain terbakar, segera matikan api pada ujung kain yang terbakar.
  8. Ciumlah kembali bau kain sudah terbakar.
  9. Lakukan hal yang sama dengan hati-hati pada bahan-bahan lain yang kamu sediakan. Gunakan bahan dalam potongan kecil, ciumlah bau bahan sebelum dan sesudah terbakar.

10.Carilah unsur-unsur penyusun bahan yang sudah kamu siapkan di buku-buku yang terdapat di perpustakaan sekolah atau melalui internet.

Tabel 8.1 Hasil Pengamatan Identifikasi Zat dalam Benda

No. Nama Bahan Deskripsi Bau Zat yang Terkandung
Sebelum Dibakar Setelah Dibakar
1. Bulu unggas Agak anyir Menyengat, tetapi tidak seperti bau rambut. Protein dan lemak
2. Rambut Tak berbau Berbau menyengat Keratin
3. Sepotong daging Berbau daging atau anyir Seperti daging bakar Protein dan lemak
4. Plastik Tak berbau Seperti bau lilin Karbon dan Hidrogen
5. Kertas Seperti kapas Seperti arang Selulosa dan Lignin
6. Daun Seperti bau daun pada umumnya Seperti arang Klorofil
7. Kain Perca Seperti serat kayu Seperti plastik Selulosa

Apa yang perlu kamu diskusikan?

1. Apakah tiap-tiap benda jika dibakar menghasilkan bau yang berbeda-beda? Jika ya, jelaskan mengapa hal tersebut dapat terjadi?

Iya, karena kandungan zat penyusun dari masing-masing benda berbeda. Misal akar wangi, di dalamnya mengandung minyak atsiri. Sehingga jika di bakarpun akan berubah wangi.

2. Apakah bau rambut dan bau bulu unggas yang telah dibakar sama? Mengapa demikian?

Berbeda. Karena, rambut manusia tersusun atas keratin yang jika dibakar menimbulkan bau,berbeda dengan bulu ayam.

3. Apakah bau kertas dan bau kayu yang telah dibakar sama? Apa unsur yang terkandung dalam bahan tersebut?

Baunya tidak sama tetapis hampir serupa dikarenakan Unsur yang terkandung dalam bahan tersebut adalah karbon sehingga hasil pembakaran juga terdapat unsur karbon.

4. Apakah bau plastik dan bau daun yang telah dibakar sama? Apakah zat yang terkandung pada kedua bahan tersebut?

Baunya berbeda karena zat yang terkandung berbeda. zat pada daun bersifat organik, dan zat pada plastik bersifat anorganik karena pembuatannya secara sintesis.

Apa yang dapat kamu simpulkan?

Apa yang dapat kamu simpulkan dari aktivitas ini?

  • Bulu unggas mengandung Protein sebesar 83 – 86%, lemak 3 – 7%, abu 2.5 – 3,7%, Ca 0,1 – 1.2% dan P 0,1 – 0,7%.
  • Komponen rambut terdiri dari 70 – 80% keratin, 3-6% senyawa minyak, 1% zat warna melanin dan pheomelanin (pigmen warna lebih muda), 15% kelembaban air dan sisanya adalah karbohidrat dan unsur – unsur mineral. Sedangkan komposisi kimiawi batang rambut adalah 44,5% karbon, 30% Oksigen, 14% Nitrogen, 6,5% Hidrogen, 5% Belerang. Unsur-unsur ini terutama terdapat dalam zat tanduk (keratin). Keratin adalah suatu protein yang terdiri atas gabungan gugus – gugus peptide, (yang merupakan gabungan kompleks – kompleks asam amino) hasil penggabungan inilah membentuk molekul keratin yang berbentuk ulir.
  • Dalam daging terkandung protein, lemak, zat besi, vitamin b12, fosfor, selenium dan sodium.- Plastik terbuat dari polimer. Banyak jenis polimer diantaranya polyvinyl chloride, polyethylene, acrylic, silicone, dan lain lain.
  • Kayu terdiri dari selulosa, hemilosa, lignin dan zat ekstraktif. Selulosa merupakan β-1,4 poli glukosa. Hemilosa merupakan suatu polisakarida lain yang terdapat dalam tanaman dan tergolong senyawa organik. Lignin adalah komponen penyusun utama dari dinding sel tumbuhan dan beberapa algae. Zat ekstraktif adalah zat yang mudah larut dalam pelarut seperti: eter, alcohol, bensin, dan air.
  • Senyawa kimia yang digunakan dalam pembuatan kertas antara lain : Natrium Hidroksida (NaOH), Natrium Sulfida (Na2S), Natrium Karbonat (Na2CO3). Jadi unsur yang terkandung dalam kertas, adalah S, Na, C.- Sebenarnya tiap tiap daun mempunyai kandungan senyawa kimia yang berbeda beda. Anda mungkin bisa lebih spesifik lagi daun apa yang mau dicari. Tapi yang jelas daun mengandung zat hijau daun yang berfungsi untuk fotosintesis pada tanaman.
  • Kain perca merupakan kain dari serat kapas. Komposisi kimia dari serat kapas sendiri adalah terdiri dari selulosa 95%, 1,3% protein, 1,2% abu, 1,6% lilin, 3% gula, dan asam organik, dan senyawa kimia lainnya yang membentuk 3,1%.

Kesimpulan yang dapat diambil dari  bahan-bahan tersebut adalah bahwa suatu bahan penyusun nya berbeda-beda. Jika bahan-bahan tersebut dibakar juka akan menghasilkan reaksi yang berbeda-beda.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas 8.1 Mengidentifikasi Perbedaan Zat dalam Benda dan Makhluk Hidup secara Sederhana Halaman 100-101 Bab 8 (Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas 8.1 Mengidentifikasi Perbedaan Zat dalam Benda dan Makhluk Hidup secara Sederhana Halaman 100-101 Bab 8 (Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apa perbedaan antara suhu dan kalor?

[Kunci Jawaban] Apa perbedaan antara suhu dan kalor? Pertanyaan: Apa perbedaan antara suhu dan kalor? …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!