Breaking News

Aktivitas 7.5 Membuktikan Tekanan pada Udara

Natural Science Questions and Answers for Class 8 Curriculum 2013 Revised 2017 Activity 7.5 Proving Pressure on Air Pages 20-21 Chapter 7 (Pressure of Substances and Its Application in Everyday Life) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 7.5 Membuktikan Tekanan pada Udara Halaman 20-21 Bab 7 (Tekanan Zat dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo Kita Lakukan

Aktivitas 7.5 Membuktikan Tekanan pada Udara

Apa yang kamu perlukan?

  1. Gelas minum
  2. Air
  3. Kertas HVS
  4. Labuh Erlenmeyer
  5. Pembakar spiritus
  6. Karet gelang
  7. Balon

Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Isilah gelas dengan air sampai penuh.
  2. Tutuplah gelas yang telah berisi air tersebut dengan selembar kertas HVS.
  3. Tahan kertas HVS tersebut dengan telapak tangan, kemudian baliklah gelas dengan cepat (usahakan jangan sampai tumpah).
  4. Lepaskan tangan secara perlahan. Amati apa yang terjadi.
  5. Sediakan erlenmeyer 250 mL, kemudian isilah dengan air.
  6. Kemudian tutup labu erlenmeyer dengan balon karet, ikatlah dengan karet gelang agar lebih kuat.
  7. Panaskan erlenmeyer di atas pembakar spiritus sampai mendidih. Amati apa yang terjadi pada balon karet.
  8. Hentikan pemanasan dengan cara mematikan pembakar spiritus.
  9. Buka kembali balon karet pada labu erlenmeyer. Berhati-hatilah ketika membuka karena erlenmeyer dalam keadaan panas.
  10. Tutuplah dengan rapat erlenmeyer dengan balon karet.
  11. Dinginkan erlenmeyer yang telah ditutup dengan karet dengan cara memasukkannya ke dalam air dingin.
  12. Kemudian biarkan beberapa saat. Amati apa yang terjadi pada balon karet.

Apa yang perlu kamu diskusikan?

1. Ketika gelas yang berisi air dibalik, ternyata kertas HVS dapat menahan air di dalam gelas. Jelaskan mengapa hal ini dapat terjadi!

Kertas hvs dapat menahan air didalam gelas karena perbedaan tekanan. Tekanan udara di luar lebih besar dari tekanan udara didalam.

Saat gelas yang berisi air dibalik, ternyata kertas hvs dapat menahan air didalam gelas. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan tekanan udara di luar gelas yang lebih besar dari tekanan udara di dalam gelas. 

Air merupakan zat cair yang mudah berubah bentuk sehinga tekanan udara di permukaannya selalu berubah. Akan tetapi jika ditutup dengan kertas udaranya akan sama besar. Udara luar yang tekanannya lebih besar akan mendorong kertas dan menahan air yang ada didalamnya supaya tidak tumpah. 

2. Ketika air dalam erlenmeyer yang ditutup dengan balon karet dipanaskan, balon karet mengembang. Mengapa hal ini dapat terjadi?

Hal ini terjadi karena partikel gas dalam erlenmeyer menerima kalor dari pemanasan. Akibatnya gerakan partikel gas dalam erlenmeyer semakin cepat dan terjadilah pemuaian sehingga tekanannya menjadi besar.

Dan dikarenakan tidak ada udara yang keluar maka udara akan menguap keatas dan balon yg akan menahannya maka terjalilah proses mengembang pada balon tersebut.

3. Mengapa ketika erlenmeyer yang berisi air panas yang telah ditutup rapat dengan balon karet dimasukkan ke dalam air dingin, balon karet tertekan ke dalam labu erlenmeyer? Jelaskan kejadian tersebut!

Karena kalor pada partikel gas dalam erlenmeyer dirambatkan menuju air dingin. Pergerakan partikel gas semakin lambat dan terjadilah penyusutan. Penyusutan ini menyebabkan tekanan gas dalam erlenmeyer semakin rendah dari tekanan gas diluar. Akibatnya balon karet masuk kedalam erlenmeyer karena tekanan gas dari luar.

Hal ini disebabkan karena kalor pada partikel gas dalam erlenmeyer dirambatkan menuju air dingin. Pergerakan partikel gas semakin lambat dan terjadilah penyusutan.

Apa yang dapat kamu simpulkan?

Berdasarkan percobaan dan diskusi yang telah kamu lakukan, apa yang dapat kamu simpulkan?

Adalah bahwa semakin tinggi tekanan udara yg dipanaskan maka semakin besar tekanannya.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 7.5 Membuktikan Tekanan pada Udara Halaman 20-21 Bab 7 (Tekanan Zat dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 7.5 Membuktikan Tekanan pada Udara Halaman 20-21 Bab 7 (Tekanan Zat dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

Kata Kunci:

  • https://laguasyik com/aktivitas-7-5-membuktikan-tekanan-pada-udara/

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Rasio dari dua dua bilangan adalah 3 : 4. Jika masing-masing bilangan ditambah 2, rasionya menjadi 7 : 9. Tentukan hasil kali kedua bilangan itu!

[Kunci Jawaban] Rasio dari dua dua bilangan adalah 3 : 4. Jika masing-masing bilangan ditambah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!