Aktivitas 7.4 Simulasi Prinsip Kerja Pompa Hidrolik

Natural Science Questions and Answers for Class 8 Curriculum 2013 Revised 2017 Activity 7.4 Simulation of the Working Principles of Hydraulic Pumps Pages 16-17 Chapter 7 (Pressure of Substances and Its Application in Everyday Life) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 7.4 Simulasi Prinsip Kerja Pompa Hidrolik Halaman 16-17 Bab 7 (Tekanan Zat dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Lakukan

Aktivitas 7.4 Simulasi Prinsip Kerja Pompa Hidrolik

Apa yang kamu perlukan?

  1. Selang plastik kecil sekitar 50 cm
  2. 2 buah alat suntik, 1 ukuran besar, 1 ukuran kecil
  3. Papan tripleks atau karton ukuran 25 x 35 cm
  4. Air
  5. Pewarna makanan
  6. Beban

Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Buatlah alat sederhana yang memiliki prinsip kerja seperti pompa hidrolik dengan merangkaikan selang plastik pada dua alat suntik tersebut, seperti Gambar 7.13!
  2. Rancanglah alat tersebut sebaik mungkin!
  3. Isilah selang plastik dengan air sampai penuh, kemudian berilah pewarna makanan pada air yang ada dalam selang tersebut!
  4. Doronglah pengisap alat suntik kecil, lalu amati yang terjadi pada pengisap alat suntik besar.
  5. Amati pula aliran air berpewarna makanan yang ada dalam selang!
  6. Letakkan beban pada pengisap alat suntik besar, lalu doronglah pengisap alat suntik kecil. Apakah yang akan terjadi?
  7. Ulangi kegiatan tersebut dengan cara menempatkan beban di pengisap kecil dan dengan memberikan dorongan pada pengisap besar.
  8. Bandingkan besar dorongan (gaya) yang kamu berikan, ketika mendorong pengisap alat suntik kecil dan pengisap alat suntik besar.

Apa yang perlu kamu diskusikan?

Bagaimanakah dorongan (gaya) yang kamu berikan ketika bebandiletakkan pada pengisap besar dan ketika beban diletakkan pada pengisap kecil? Mana yang memerlukan dorongan lebih mudah? Mengapa?

Dorongan (gaya) yang kamu berikan ketika beban diletakkan pada pengisap besar dan ketika beban diletakkan pada pengisap kecil, maka yang memerlukan dorongan lebih mudah adalah pada saat ketika beban diletakkan pada pengisap besar.

Dongkrak hidraulik adalah alat yang biasa digunakan untuk mengangkat mobil, mesin, kontainer, atau benda lain yang berat. Padahal dongkrak sendiri ukuranya kecil, dan tenaga yang diperlukan untuk mengangkat benda tersebut juga tidak besar.

Kemampuan dongkrak hidraulik ini dimungkinkan karena penerapan Hukum Pascal. Hukum ini menyatakan bahwa tekanan (P) akan diaplikasikan dalam besar yang sama secara merata.

Hal ini karena sesuai dengan Hukum Pascal, karena tekanan (P) tetap, pada pengisap besar gaya (F) yang timbul akan lebih besar, karena luas permukaan (A) yang lebih besar, sehingga beban akan mudah diangkat.

Apa yang dapat kamu simpulkan?

Berdasarkan percobaan dan diskusi yang telah kamu lakukan, apa yang dapat kamu simpulkan?

Dongkrak hidraulik adalah alat yang biasa digunakan untuk mengangkat mobil, mesin, kontainer, atau benda lain yang berat. Padahal dongkrak sendiri ukuranya kecil, dan tenaga yang diperlukan untuk mengangkat benda tersebut juga tidak besar.

Kemampuan dongkrak hidraulik ini dimungkinkan karena penerapan Hukum Pascal. Hukum ini menyatakan bahwa tekanan (P) akan diaplikasikan dalam besar yang sama secara merata. Atau bila ditulis dengan rumus:

P₁ = P₂

Sementara, tekanan (P) sendiri adalah hasil bagi antara gaya yang bekerja (F) dan luas permukaan (A)

P = F/A

Sehingga, agar tekanan sama, bila luas permukaan meningkat, besar gaya yang bekerja juga akan meningkat.

Prinsip inilah yang digunakan pada dongkrak hidraulik. Luas permukaan piston pertama (pengisap kecil) yang ditekan pada dongkrak hidraulik sangat kecil, namun luas permukaan piston kedua (pengisap besar) yang menumpu beban lebih besar. Akibatnya gaya yang bekerja pada piston kedua juga meningkat. Sehingga dengan peningkatan gaya ini, beban yang berat pada dongkrak hidraulik dapat diangkat.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 7.4 Simulasi Prinsip Kerja Pompa Hidrolik Halaman 16-17 Bab 7 (Tekanan Zat dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 7.4 Simulasi Prinsip Kerja Pompa Hidrolik Halaman 16-17 Bab 7 (Tekanan Zat dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Berdasarkan Tabel 4.1, jika 1 kg bahan tersebut dipanaskan dengan menggunakan nyala api yang sama, manakah yang paling lambat naik suhunya? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Berdasarkan Tabel 4.1, jika 1 kg bahan tersebut dipanaskan dengan menggunakan nyala api …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!