Aktivitas 7.3 Hukum Archimedes (Tabel 7.2 Data Hasil Percobaan Hukum Archimedes)

Questions and Answers to Natural Science Class 8 Curriculum 2013 Revision 2017 Activities 7.3 Archimedes Law Table 7.2 Data on the Results of Archimedes Law Experiments Pages 11-12 Chapter 7 (Pressure of Substances and Its Application in Everyday Life) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 7.3 Hukum Archimedes Tabel 7.2 Data Hasil Percobaan Hukum Archimedes Halaman 11-12 Bab 7 (Tekanan Zat dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Lakukan

Aktivitas 7.3 Hukum Archimedes

Apa yang kamu perlukan?

  1. Gelas kimia
  2. Gelas ukur
  3. Neraca pegas
  4. Benda dari logam atau batu (sebagai beban)
  5. Air

Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Isilah gelas kimia dengan air hingga ¾ bagian!
  2. Kaitkan beban dengan neraca pegas, catatlah berat beban ketika di udara () dengan membaca skala yang ditunjukkan pada neraca pegas!
  1. Masukkan rangkaian beban dan neraca pegas ke dalam air, kemudian catatlah berat beban ketika berada di dalam air ()!
  2. Hitunglah besar gaya apung () pada beban tersebut.
  3. Timbanglah berat air yang tumpah ()!
  4. Catatlah hasil percobaan pada Tabel 7.2. Lakukan kegiatan ini dengan cermat dan teliti agar kamu mendapatkan data yang benar.
  5. Ulangilah langkah kegiatan 1-4 sebanyak 3 kali dengan menggunakan beban yang sama tetapi volumenya berbeda.

Tabel 7.2 Data Hasil Percobaan Hukum Archimedes

Apa yang dapat kamu simpulkan?

Berdasarkan percobaan yang telah kamu lakukan, apa yang dapat kamu simpulkan?

Dari percobaan yang telah kami lakukan, dapat kami simpulkan bahwa setiap benda yang dimasukkan ke dalam zat cair, beratnya akan lebih ringan ketimbang beratnya benda tersebut di udara. Hal tersebut diakibatkan karena benda yang dimasukkan ke dalam zat cair tersebut mendapat gaya keatas sebanding dengan zat cair yang dipindahkan oleh benda tersebut dan rata-rata benda yang dicelupkan ke dalam air mendapat gaya ke atas setengah dari beratnya di udara.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 7.3 Hukum Archimedes Tabel 7.2 Data Hasil Percobaan Hukum Archimedes Halaman 11-12 Bab 7 (Tekanan Zat dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 7.3 Hukum Archimedes Tabel 7.2 Data Hasil Percobaan Hukum Archimedes Halaman 11-12 Bab 7 (Tekanan Zat dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya?

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya? Pertanyaan: 3. Kalor lebur es …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!