Aktivitas 7.2 Menyelidiki Tekanan Zat Cair pada Kedalaman Tertentu

Natural Science Questions and Answers for Class 8 Curriculum 2013 Revised 2017 Activity 7.2 Investigating Liquid Pressure at a Specific Depth Page 7-8 Chapter 7 (Pressure of Substance and Its Application in Daily Life) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 7.2 Menyelidiki Tekanan Zat Cair pada Kedalaman Tertentu Halaman 7-8 Bab 7 (Tekanan Zat dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Lakukan

Aktivitas 7.2 Menyelidiki Tekanan Zat Cair pada Kedalaman Tertentu

Apa yang kamu perlukan?

  1. 2 buah gelas kimia
  2. Pipa U atau selang berbentuk U
  3. Corong
  4. Air berwarna
  5. Minyak kelapa atau minyak goreng
  6. Balon untuk menutup corong

Apa yang harus kamu lakukan?

Susunlah alat percobaan seperti pada Gambar 7.5!

  1. Isilah gelas kimia dengan air!
  2. Masukkan corong ke dalam gelas kimia, kemudian ubahlah kedalaman corong yang terdapat pada gelas kimia sesuai dengan data kedalaman (h) yang terdapat di dalam Tabel 7.1!
  3. Amatilah selisih permukaan air (Ah) yang terdapat pada pipa U. Jangan lupa lakukan percobaan ini dengan teliti dan cermat!
  4. Ulangi kembali percobaan di atas dengan mengganti air dalam gelas kimia dengan minyak kelapa atau minyak goreng!
  5. Tuliskan hasil pengamatan pada Tabel 7.1!

Tabel 7.1 Data Hasil Percobaan Tekanan Zat Cair

Apa yang perlu kamu diskusikan?

1. Menurutmu, manakah yang lebih besar antara massa jenis air atau massa jenis minyak goreng?

Massa jenis air yang lebih besar, karena molekul air memiliki kerapatan lebih tinggi dibandingkan dengan minyak goreng.

2. Bagaimana selisih ketinggian air pada pipa U jika corong dimasukkan semakin dalam pada gelas kimia?

Jika corong dimasukkan semakin dalam pada gelas kimia maka semakin dalam selisih ketinggian zat cair semakin besar.

3. Coba bandingkan selisih ketinggian air pada pipa U pada setiap kedalaman corong ketika dimasukkan ke dalam gelas kimia yang berisi air dan ketika berisi minyak goreng! Manakah yang memiliki selisih ketinggian lebih besar?

Selisih ketinggian yang lebih besar dimiliki oleh air, karena massa jenis air adalah tetap (1000 kg/m’) dan lebih besar dibandingkan massa jenis minyak goreng (800 kg/m3).

4. Penyebab selisih ketinggian adalah adanya tekanan dari cairan (air dan minyak) yang diteruskan melalui corong dan selang. Faktor apa sajakah yang memengaruhi besarnya tekanan dari percobaan ini?

Faktor yang memengaruhi besarnya tekanan pada percobaan ini adalah massa jenis zat cair dan kedalaman benda.

Apa yang dapat kamu simpulkan?

Berdasarkan percobaan dan diskusi yang telah kamu lakukan, apa yang dapat kamu simpulkan?

Tekanan pada zat cair dipengaruhi oleh massa jenis zat cair dan kedalaman benda. Faktor yang mempengaruhi besarnya tekanan hidrostatis adalah semakin dalam kedalaman selang dicelupkan, maka tekanan yang menekan udara untuk menekan air ke atas semakin tinggi.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 7.2 Menyelidiki Tekanan Zat Cair pada Kedalaman Tertentu Halaman 7-8 Bab 7 (Tekanan Zat dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 7.2 Menyelidiki Tekanan Zat Cair pada Kedalaman Tertentu Halaman 7-8 Bab 7 (Tekanan Zat dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya?

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya? Pertanyaan: 3. Kalor lebur es …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!