Breaking News

Aktivitas 7.2 Membuat Yoghurt

Questions and Answers for Natural Science Class 9 Curriculum 2013 Revision 2018 Activity 7.2 Making Yogurt Why does milk have to be boiled in making yogurt? Pages 60-61 Chapter 7 (Biotechnology) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas 7.2 Membuat Yoghurt Mengapa dalam pembuatan yoghurt susu harus dididihkan terlebih dahulu? Halaman 60-61 Bab 7 (Bioteknologi) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Lakukan

Aktivitas 7.2 Membuat Yoghurt

Apa yang kamu perlukan?

  1. 1 liter susu sapi
  2. 50 gram gula
  3. 50 mL minuman yang mengandung kultur bakteri asam laktat seperti: chimory, yakult, atau biokult.
  4. Kompor
  5. Panci
  6. Pengaduk
  7. Termometer
  8. Cup atau wadah yang dilengkapi dengan tutup
  9. Sarung tangan

Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Masukkan 1 liter susu sapi ke dalam panci.
  2. Tambahkan 50 gram gula pasir lalu aduk hingga merata.
  3. Didihkan susu tersebut hingga suhu 90°C selama 15 menit. Untuk mengetahui suhu susu, gunakanlah termometer. Untuk menjaga suhu tetap berada dalam kisaran 90°C aturlah besar kecilnya nyala api kompor. Berhati-hatilah dalam melakukan langkah ini. Gunakan sarung tangan dari kain atau mintalah bantuan dari orang tua atau gurumu. Perlu kamu perhatikan, ketika kamu memasukkan termometer, cukup celupkan ujung bawah termometer pada permukaan susu, jangan sampai ujung bawah termometer menyentuh panci! Karena termometer dapat pecah.
  4. Setelah dididihkan selama 15 menit, matikan nyala kompor lalu biarkan suhunya turun hingga 45°C. Perhatikan tekstur dan rasa susu sebelum ditambahkan chimory, yakult, atau biokult.
  5. Setelah suhu mencapai 45°C, tambahkan 50 mL chimory, yakult, atau biokult, lalu aduk hingga merata dengan menggunakan pengaduk yang bersih.
  6. Siapkan cup atau wadah yang memiliki tutup.
  7. Tuangkan susu tersebut ke dalam wadah.
  8. Simpanlah susu tersebut selama 1 × 24 jam pada suhu ruangan (21° C – 27°C).
  9. Setelah 1 x 24 jam, yoghurt sudah siap untuk dikonsumsi. Perhatikan tekstur dan rasa yoghurt yang telah kamu buat.

Apa yang perlu kamu diskusikan?

1. Mengapa dalam pembuatan yoghurt susu harus dididihkan terlebih dahulu?

Untuk membunuh bakteri dan mikroba yang akan menyebabkan pembusukkan yang berlebihan. Susu murni juga harus dipanaskan terlebih dahulu karena bakteri Lactobacillus bisa tumbuh dengan baik pada media hangat. jadi setelah dipanaskan, dibiarkan dulu sebentar sampai suam-suam kuku.

2. Amati kemasan chimory, yakult, atau biokult. Bakteri apakah yang terdapat dalam chimory, yakult, atau biokult tersebut?

Yogurt dibentuk oleh dua bakteri baik yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Bakteri baik tersebut adalah Lactobacillus Bulgaricus & Streptococus Thermopillus. Bakteri-bakteri ini dapat membantu menjaga kesehatan Anda dengan menetralkan racun, mencegah diare, kanker, radang paru-paru, menguatkan jantung dan membantu Anda untuk dapat tidur dengan nyenyak.

Selain kandungan bakteri sehat di dalam yogurt yang membantu kebugaran dan menjaga kesehatan Anda, ada beberap manfaat yang bisa didapat dari yogurt. Menurut riset yang telah dilakukan terhadap yogurt mengatakan bahwa yogurt sangat baik untuk kesehatan, karena mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dan juga menjaga kekebalan tubuh. Berikut manfaat-manfaat yogurt:

  • Kesehatan tulang

Yogurt baik untuk kesehatan tulang karena yogurt banyak mengandung kalsium yang baik untuk tulang.

  • Pencernaan

Yogurt mudah dicerna dibandingkan dengan susu biasa. Jadi, apabila Anda memiliki masalah dengan pencernaan mengonsumsi yogurt sangat baik untuk pencernaan Anda.

  • Tekanan darah

Yogurt dapat membuat tekanan darah Anda normal karena yogurt banyak mengandung kalium

  • Kesehatan kulit

Asam laktat yang terkandung dalam yogurt baik untuk kesehatan kulit anda karena akan membunuh sel-sel mati dalam kulit.

  • Kesehatan gigi

Yogurt biasanya mengandung gula tetapi gula yang ada di dalam yogurt tidak menyebabkan gigi berlubang karena kandungan yogurt yang baik dan juga menjaga kesehatan gusi

  • Kesehatan rambut

Selain untuk dikonsumsi yogurt juga bisa dijadikan masker rambut yang baik untuk kesehatan rambut

  • Kaya protein

Bagi Anda pecinta protein, yogurt merupakan salah satu yang mengandung banyak protein yang sangat baik untuk kesahatan.

3. Apa perbedaan tekstur dan rasa antara susu dan yoghurt?

Susu dan yogurt jelas berbeda. yogurt adalah hasil fermentasi dari susu. Rasanya sedikit asam karena proses fermentasi oleh bakteri susu, tekstur lembut atau berupa liquid. Strukturnya terdiri banyak vitamin c karena terbentuknya asam dan warna kusam. Yoghurt memiliki tekstur yang lebih kental, rasanya masam, dan bau yang lebih menyengat dibandingkan dengan susu murni. Sedangkan susu segar warnanya putih dan agak amis. Masih terdapat banyak bakteri baik ataupun buruk. rasanya pun sedikit hambar.

4. Apakah fungsi bakteri tersebut dalam pembuatan yoghurt?

Bagaimana membuat yogurt? Untuk membuat yoghurt, susu dipasteurisasi dulu, lalu sebagian besar lemak dibuang. Adapun mikroorganisme yang berperan dalam pembuatan yoghurt, yaitu Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophillus. Kedua bakteri tersebut ditambahkan pada susu dengan jumlah yang seimbang, kemudian disimpan selama ± 5 jam pada suhu 45°C.

Prinsip pembuatan yoghurt adalah fermentasi susu dengan cara penambahan bakteri bakteri Laktobacillus bulgaris dan Streptoccus thermophillus. Dengan fermentasi ini maka rasa yoghurt akan menjadi asam, karena adanya perubahan laktosa menjadi asam laktat oleh kedua bakteri tersebut.

Apabila tidak diinginkan rasa yang tidak terlalu asam, tambahkan zat pemanis (gula, sirup) maupun berbagai flavour buatan dari buah-buahan.

Adanya asam laktat memberikan rasa asam pada yoghurt. Hasil fermentasi susu ini merubah tekstur susu menjadi kental. Hal ini dikarenakan protein susu terkoagulasi pada suasana asam, sehingga terbentuk gumpalan.

Jadi untuk menjawab soal sudah jelas kan dari penjelasan diatas bahwa Pada pembuatan yogurt digunakan bakteri Lactobacillus bulgaricus yang akan mengubah glukosa (gula susu) menjadi asam laktat, sehingga rasa yogurt itu menjadi asam.

Apa yang dapat kamu simpulkan?

Setelah melakukan percobaan dan diskusi tentang pembuatan yoghurt, apa saja yang dapat kamu simpulkan?

Bioteknologi adalah ilmu terapan yang menggabungkan berbagai cabang ilmu dalam proses produksi barang dan jasa. Sejalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan, bioteknologi juga mengalami perkembangan semakin pesat dan prosesnya semakin canggih.

Kehidupan sehari- hari pasti tidak lepas dengan makanan. Sekarang ini banyak produk makanan yang melibatkan bakteri di dalamnya seperti produk olahan dari susu baik itu susu sapi, kambing dan lain sebagainya. Produk – produk olahan dari susu seperti pembuatan yoghurt, yakult, keju, mentega dan lain – lain pasti melibatkan bakteri didalamnya.

Yoghurt adalah produk susu fermentasi berbentuk semisolid yang dihasilkan melalui proses fermentasi susu dengan menggunakan bakteri asam laktat. Melalui perubahan kimiawi yang terjadi selama proses fermentasi dihasilkan suatu produk yang mempunyai tekstur flavor dan rasa yang khas.  Selain itu juga mengandung nutrisi yang lebih baik dibandingkan dengan susu segar. Yoghurt dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk susu kacang kedelai.  Dari percobaan pembuatan yoghurt yang telah dilakukan  ada beberapa starter yang digunakan dalam pembuatan yoghurt.  Starter yang ditambahkan umumnya mengandung bakteri Streptococcus thermophilus dan Lactobacillus bulgaricus. Bakteri inilah yang menyebabkan yoghurt memiliki cita rasa yang asam dan aroma yang khas dari yoghurt tersebut.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas 7.2 Membuat Yoghurt Mengapa dalam pembuatan yoghurt susu harus dididihkan terlebih dahulu? Halaman 60-61 Bab 7 (Bioteknologi)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas 7.2 Membuat Yoghurt Mengapa dalam pembuatan yoghurt susu harus dididihkan terlebih dahulu? Halaman 60-61 Bab 7 (Bioteknologi). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal dari fosil secara berlebihan? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!