Breaking News

Aktivitas 7.1 Menyelidiki Tekanan pada Benda Padat

Questions and Answers for Natural Science Class 8 Curriculum 2013 Revised 2017 Which position of a coin has a smaller surface area (where it works)? Pages 4-5 Chapter 7 (Stress of Substance and Its Application in Everyday Life) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Posisi uang logam yang manakah yang memiliki luas permukaan pijakan (tempat gaya bekerja) yang lebih kecil? Halaman 4-5 Bab 7 (Tekanan Zat dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Lakukan

Aktivitas 7.1 Menyelidiki Tekanan pada Benda Padat

Apa yang kamu perlukan?

  1. 2 buah plastisin ukuran besar/ tanah liat/ tepung terigu
  2. 2 keping uang logam (Rp.500)

Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Letakkan uang logam pertama pada plastisin dengan posisi horizontal dan uang logam kedua dengan posisi vertikal seperti Gambar 7.3!
  2. Berilah dorongan pada kedua uang logam tersebut dengan besar dorongan atau kekuatan yang sama! Kamu dapat menggunakan suatu benda sebagai beban, sehingga gaya yang diberikan dapat sama besar.
  3. Ambil kedua uang logam tersebut dari plastisin, kemudian amati kedalaman bekas uang logam itu!
  4. Siapkan kembali plastisin dan uang logam!
  5. Letakkan uang logam pada masing-masing plastisin dengan posisi vertikal!
  6. Berilah dorongan pada uang logam pertama dengan dorongan yang kuat (gaya besar) dan pada uang logam kedua dengan dorongan lemah (gaya kecil)!
  7. Ambil kedua uang logam tersebut dari plastisin, kemudian amati kedalaman bekas uang logam itu!

Apa yang perlu kamu diskusikan?

1. Posisi uang logam yang manakah yang memiliki luas permukaan pijakan (tempat gaya bekerja) yang lebih kecil?

Posisi uang logam yang didorong secara vertikal yang lebih luas permukaannya atau direbahkan.

2. Ketika kamu mendorong kedua uang logam dengan posisi horizontal dan posisi vertikal dengan besar dorongan (gaya) yang sama, uang logam dengan posisi manakah yang memiliki bekas lebih dalam? Mengapa demikian?

Posisi uang logam yang didorong secara vertikal, karena permukaan uang logam yang menghadap plastisin lebih sempit sehingga bekas dorongan menjadi lebih dalam. Peristiwa ini berkaitan dengan tekanan. Tekanan yang ditimbulkan oleh uang logam dalam posisi vertikal akan lebih besar daripada posisi horizontal.

3. Ketika kamu mendorong kedua uang logam yang posisinya vertikal, tetapi dengan besar dorongan (gaya) yang berbeda, uang logam yang manakah yang memiliki bekas lebih dalam? Mengapa demikian?

Dorongan dengan gaya yang lebih besar. Karena semakin besar gaya yang diberikan maka tekanan akan lebih besar dan bekas dorongan semakin dalam.

4. Bekas pada plastisin yang dalam berarti plastisin tersebut mendapatkan tekanan yang lebih besar. Dari kedua perlakuan tersebut, manakah yang mampu menghasilkan tekanan yang lebih besar?

Pada percobaan logam yang didorong secara vertikal dan dengan gaya tekan yang lebih besar.

Apa yang dapat kamu simpulkan?

Besarnya tekanan dipengaruhi oleh gaya yang diberikan (dorongan) dan luas permukaan.

Semakin besar gaya dan semakin sempit luas pijakan maka tekanan yang dihasilkan akan semakin besar, sebaliknya, semakin luas pijakan maka tekanan yang dihasilkan akan semakin kecil.

Hubungan antara tekanan dan luas permukaan dengan gaya adalah Jika Luas permukaannya semakin kecil, maka Tekanannya semakin besar dan sebaliknya jika Luas Permukaan semakin besar maka tekanannya semakin kecil dengan syarat gaya yang bekerja tetap. Hal ini sesuai dengan rumus tekanan. P=F/A

Faktor faktor yang mempengaruhi tekanan adalah besar gaya yang bekerja (F) dan luas permukaan (A) dimana gaya bekerja. Hubungan antara tekanan dengan luas permukaan bidang (A) adalah berbanding terbalik.

Berdasarkan Aktivitas 7.1, dapatkah kamu menyebutkan faktor-faktor apa sajakah yang memengaruhi besarnya tekanan? Bagaimanakah hubungan antara tekanan dan luas permukaan dengan gaya?

Dapatkah kamu menyebutkan faktor-faktor apa sajakah yang memengaruhi besarnya tekanan?

Faktor faktor yang mempengaruhi tekanan adalah besar gaya yang bekerja (F) dan luas permukaan (A) dimana gaya bekerja. Hubungan antara tekanan dengan luas permukaan bidang (A) adalah berbanding terbalik.

Bagaimanakah hubungan antara tekanan dan luas permukaan dengan gaya?

Hubungan antara tekanan dan luas permukaan dengan gaya adalah Jika Luas permukaannya semakin kecil, maka Tekanannya semakin besar dan sebaliknya jika Luas Permukaan semakin besar maka tekanannya semakin kecil dengan syarat gaya yang bekerja tetap. Hal ini sesuai dengan rumus tekanan. P=F/A

Hubungan antara tekanan dengan luas permukaan bidang (A) adalah berbanding terbalik. Artinya, pada gaya (F) diterapkan yang sama, bila luas permukaan bidang semakin besar, maka tekanan zat padat akan menjadi kecil. Demikian pula sebaliknya, bila luas permukaan bidang semakin kecil, maka tekanan akan menjadi besar.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Posisi uang logam yang manakah yang memiliki luas permukaan pijakan (tempat gaya bekerja) yang lebih kecil? Halaman 4-5 Bab 7 (Tekanan Zat dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Posisi uang logam yang manakah yang memiliki luas permukaan pijakan (tempat gaya bekerja) yang lebih kecil? Halaman 4-5 Bab 7 (Tekanan Zat dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini a. Rumuskan masalah yang sesuai dengan tabel di atas! b. Berdasarkan masalah dan data tabel tersebut, apa kesimpulannya?

[Kunci Jawaban] Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini a. Rumuskan masalah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!