Breaking News

Aktivitas 6.6 Menyelidiki Peristiwa Induksi Elektromagnetik

Problems and Answers to Natural Science Class 9 Curriculum 2013 Revised 2018 Activity 6.6 Investigating Electromagnetic Induction Events Pages 28-30 Chapter 6 (Magnetism and Its Utilization) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas 6.6 Menyelidiki Peristiwa Induksi Elektromagnetik Halaman 28-30 Bab 6 (Kemagnetan dan Pemanfaatannya) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Lakukan

Aktivitas 6.6 Menyelidiki Peristiwa Induksi Elektromagnetik

Apa yang kamu perlukan?

  1. Kumparan 600 dan 1.200 lilitan (kamu dapat membuat kumparan sendiri dengan cara melilitkan kawat tembaga pada pipa)
  2. Magnet batang 2 buah
  3. Galvanometer 1 buah
  4. Kabel penjepit buaya (penjepit tembaga) 2 buah

Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Buat rangkaian tertutup untuk galvanometer dan kumparan 600 lilitan.
  2. Gerakkan magnet batang masuk-keluar kumparan secara perlahan. Amati penyimpangan yang terjadi pada jarum galvanometer. Catat hasil pengamatanmu pada Tabel 6.3!
  3. Gerakkan magnet batang masuk-keluar kumparan secara cepat. Amati penyimpangan yang terjadi pada jarum galvanometer. Catat hasil pengamatanmu pada tabel data.
  4. Gunakan dua magnet batang sekaligus dan gerakkan dua batang magnet tersebut keluar-masuk kumparan secara perlahan. Amati penyimpangan yang terjadi pada jarum galvanometer. Catat hasil pengamatanmu pada Tabel 6.3.
  5. Gunakan dua magnet batang sekaligus dan gerakkan dua batang magnet tersebut keluar-masuk kumparan secara cepat. Amati penyimpangan yang terjadi pada jarum galvanometer. Catat hasil pengamatanmu pada tabel data.
  6. Ulangi langkah 1 hingga 5 untuk kumparan 1.200 lilitan.

Apa yang perlu kamu diskusikan?

1. Berdasarkan data hasil pengamatan, bandingkan simpangan jarum galvanometer dengan jumlah magnet dan kecepatannya!

Berdasarkan data hasil pengamatan, bandingkan simpangan jarum galvanometer dengan jumlah magnet dan kecepatannya adalah Simpangan jarum galvanometer dan jumlah magnet, untuk dapat melihat kecepatannya, kita dapat melihat magnetnya. Semakin banyak magnet yang digunakan maka akan semakin besar simpangannya, karena induksi dilakukan lebih kuat sehingga arus magnet yang dihasilkan akan lebih banyak.

2. Bandingkan juga simpangan jarum galvanometer dengan jumlah lilitan!

Semakin banyak lilitan pada kumparan/galvometer, semakin besar tegangan yang di induksikan.

3. Mengapa terjadi penyimpangan pada jarum galvanometer dan mengapa penyimpangannya berubah-ubah?

Terjadinya penyimpangan pada jarum Galvanometer dan penyimpanganya berubah-ubah terjadi karena kuat arus dan kutub magnet, sehingga penyimpanan pada jarum Galvanometer akan berubah-ubah sesuai gerakan magnet yang dilakukan, sehingga arus listrik yang dihasilkan semakin kuat.

4. Coba amati peristiwa yang terjadi jika kutub magnet yang dimasukkan ke kumparan tetap diam di dalam kumparan? Coba jelaskan mengapa fenomena tersebut dapat terjadi!

Karena kutub magnet yang dimasukkan ke kumparan akan menunjukkan arah angka “0”. Otomatis, kutub magnet tidak menghasilkan arus listrik, sehingga untuk menyimpang jarum galvanometer dengan menggunakan magnet harus disertai dengan gerakan.

Apa yang dapat kamu simpulkan?

Berdasarkan percobaan dan data yang dilakukan, apakah yang dimaksud induksi elektromagnetik? Faktor-faktor apakah yang memengaruhi besar gaya gerak listrik yang dihasilkan pada induksi elektromagnetik?

Berdasarkan percobaan, faktor-faktor yang mempengaruhi induksi elektro magnetik adalah kecepatan perubahan medan magnet dan banyaknya lilitan. Semakin banyak lilitannya maka semakin besar kekuatan magnet.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas 6.6 Menyelidiki Peristiwa Induksi Elektromagnetik Halaman 28-30 Bab 6 (Kemagnetan dan Pemanfaatannya)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas 6.6 Menyelidiki Peristiwa Induksi Elektromagnetik Halaman 28-30 Bab 6 (Kemagnetan dan Pemanfaatannya). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini a. Rumuskan masalah yang sesuai dengan tabel di atas! b. Berdasarkan masalah dan data tabel tersebut, apa kesimpulannya?

[Kunci Jawaban] Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini a. Rumuskan masalah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!