Aktivitas 6.5 Menentukan Besar dan Arah Gaya Lorentz

Natural Science Questions and Answers for Class 9 Curriculum 2013 Revised 2018 Activity 6.5 Determining the Magnitude and Direction of Lorentz Force Pages 23-25 Chapter 6 (Magnetism and Its Utilization) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas 6.5 Menentukan Besar dan Arah Gaya Lorentz Halaman 23-25 Bab 6 (Kemagnetan dan Pemanfaatannya) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Lakukan

Aktivitas 6.5 Menentukan Besar dan Arah Gaya Lorentz

Apa yang kamu perlukan?

  1. Kawat atau batang penyangga
  2. Kabel atau kawat tembaga
  3. 3 buah magnet
  4. 3 buah baterai
  5. Lempengan aluminium foil (kertas aluminium foil)
  6. Alas (tripleks/kardus/styrofoam)

Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Susunlah alat seperti Gambar 6.28!
  2. Sambungkan baterai pada rangkaian yang telah kamu buat untuk mengalirkan arus listrik. Ukurlah besar simpangan (panjang simpangan) yang ditimbulkan oleh aluminium foil yang dialiri arus listrik ketika didekatkan pada magnet!
  3. Cobalah menambah jumlah baterai dan ukurlah besar simpangan yang dihasilkan!
  4. Cobalah lakukan penambahan magnet untuk beberapa magnet jika tersedia!
  5. Tuliskan hasil pengamatanmu di Tabel 6.2a dan Tabel 6.2b berikut!

Apa yang perlu kamu diskusikan?

1. Berdasarkan data, bagaimanakah hubungan antara jumlah baterai dengan besarnya simpangan yang dialami oleh kawat berarus listrik?

Hubungan antara jumlah baterai dengan besarnya simpangan yg dialami oleh kawat bararus listrik adalah semakin banyak baterai yang dipasang semakin besar gaya lorentznya sehingga menimbulkan simpangan.

Kawat berarus yang berada dalam medan magnet akan mengalami sebuah gaya yang disebut gaya lorentz. Adanya gaya lorentz menimbulkan simpangan pada alumunium foil. semakin banyak baterai yang dipasang pada rangkaian maka semakin besar arus listrik dan gaya lorentznya.  Arus listrik sebanding dengan gaya yang ditumbulkan. 

Gaya Lorentz dapat ditunjukkan dengan kawat berarus yang  berada  dalam medan magnet. Gaya yang dihasilkan dari kawan berarus tersebut dinamakan Gaya Lorentz.

Adanya Gaya Lorentz dalam percobaan kawat berarus dalam medan magnet akan menimbulkan suatu simpangan. Semakin banyak  baterai  yang dipasang pada rangkaian, maka semakin besar arus listrik dan besar Gaya Lorentz-nya. Hal ini menunjukkan bahwa arus listrik sebanding  dengan gaya yang ditimbulkan, demikian juga dengan perubahan  medan  magnet yang diberikan.

2. Bagaimanakah hubungan antara besar medan magnet dengan besar simpangan yang dialami oleh kawat berarus tersebut?

Hubungan antara kelistrikan dan kemagnetan yaitu, disekitar kawat berarus listrik terdapat medan magnet yang ditandai dengan menyimpangnya jarum kompas. Menyimpangnya jarum kompas ini dipengaruhi oleh kuat arus yang mengalir dan jarak antara kawat berarus dengan kompas.

Apa yang dapat kamu simpulkan?

Bagaimana hubungan antara besar simpangan dengan kuat arus listrik dan medan magnet?

Hubungannya adalah, arah medan magnet itu tergantung dari arah arus mengalir. untuk menentukan arah medan magnet gunakan kaidah tangan kanan (arah jempol untuk arah arus listriknya dan keempat jari untuk arah perputarannya). Jika arah arus listrik ke utara, maka arah medan magnet melawan arah jarum jam. dan jika ke selatan maka arah medan magnetnya mengikuti arah jarum jam (bisa dipelajari sendiri). Untuk kuat arusnya, jika besar arus listriknya semakin besar, maka medan magnet disekitar kawat yang dialiri arus listrik tersebut semakin besar. Jadi untuk kesimpulannya, hubungan antara arah arus, medan magnet, dan kuat arus listrik adalah:

  • Arah medan magnet tergantung dengan arah arus (menggunakan kaidah tangan kanan)
  • Besarnya medan magnet dipengaruhi oleh besarnya arus listrik. semakin besar arus listriknya, semakin kuat medan magnetnya.
  • Besarnya arus listrik tidak memengaruhi arah medan magnet.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas 6.5 Menentukan Besar dan Arah Gaya Lorentz Halaman 23-25 Bab 6 (Kemagnetan dan Pemanfaatannya)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas 6.5 Menentukan Besar dan Arah Gaya Lorentz Halaman 23-25 Bab 6 (Kemagnetan dan Pemanfaatannya). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apa perbedaan antara suhu dan kalor?

[Kunci Jawaban] Apa perbedaan antara suhu dan kalor? Pertanyaan: Apa perbedaan antara suhu dan kalor? …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!