Breaking News

Aktivitas 6.4 Menyelidiki Medan Magnet di Dekat Kawat Berarus Listrik

Natural Science Questions and Answers for Class 9 Curriculum 2013 Revised 2018 Activity 6.4 Investigating Magnetic Fields Near Electric-Powered Wire Pages 21-22 Chapter 6 (Magnetism and Its Utilization) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas 6.4 Menyelidiki Medan Magnet di Dekat Kawat Berarus Listrik Halaman 21-22 Bab 6 (Kemagnetan dan Pemanfaatannya) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Lakukan

Aktivitas 6.4 Menyelidiki Medan Magnet di Dekat Kawat Berarus Listrik

Apa yang kamu perlukan?

  1. 1 buah kompas (jika tidak ada kompas kamu dapat menggunakan magnet jarum yang diletakkan di atas air)
  2. 1 kawat penghantar/kabel
  3. 1 buah baterai/power supply

Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Sambungkan kawat penghantar/kabel pada baterai/power supply hingga membentuk rangkaian tertutup.
  2. Dekatkan kompas pada kawat penghantar/kabel, seperti pada Gambar 6.25. Kemudian, nyalakan power supply untuk mengalirkan arus listrik pada kabel. Amati peristiwa yang terjadi pada jarum kompas.
  3. Apakah yang terjadi jika kuat arus pada perangkat percobaan diperbesar atau arahnya dibalik?
  4. Apakah yang terjadi jika letak kompas pada perangkat percobaan dipindahkan di atas kawat?
  5. Apakah yang terjadi jika jarak kompas dengan kawat dijauhkan?

Apa yang perlu kamu diskusikan?

Apa yang terjadi pada jarum kompas saat kawat penghantar kabel mulai dialiri arus listrik? Mengapa hal tersebut dapat terjadi?

Tergantung arus listriknya, jika arus listrik yang mengalir adalah searah, maka jarum akan berputar mengikuti arah arus listrik kemudian diam. Namun, jika arus yang mengalir adalah arus bolak-balik, maka jarum kompas akan berputar secara acak.

Konsep Umum Kemagnetan

Magnet adalah segala benda yang dapat menarik benda tertentu di dekatnya. Magnet ini memiliki dua kutub yakni selatan dan Utara, medan pada magnet ini bersifat searah, yakni dilepaskan oleh kutub Utara dan ditangkap oleh kutub selatan.

Kemagnetan Pada Kompas

Sama seperti jenis magnet lainnya, magnet jarum yang digunakan oleh kompas juga memiliki medan magnet yang searah. Medan magnet yang searah ini adalah kutub Utara (menunjuk ke medan magnet Selatan Bumi) dan Kutub Selatan (menunjuk ke medan magnet Utara Bumi).

Apa yang Terjadi Jika Kompas Kembali Dialiri Arus Listrik

Tergantung dari arus listrik yang akan diberikan ke kompas.

Jika arus listrik yang diberikan adalah arus listrik searah, maka jarum kompas akan memutar ke arah yang arus listrik tersebut dan kemudian diam. Hal ini dikarenakan sifat magnet itu sendiri yang bersifat searah, jadi bila kembali disearahkan, maka posisi akhir adalah diam. Pemberian arus listrik searah, merupakan salah satu cara untuk membuat magnet.

Jika arus listrik yang diberikan adalah arus bolak-balik, maka jarum kompas akan memutar ke segala arah dengan acak. Mengapa demikian ? Karena, arus bolak-balik ini berlawanan dengan sifat magnet yang searah. Partikel magnet di dalam jarum kompas ikut mengalir secara bolak-balik. Pemberian arus listrik bolak-balik merupakan salah satu cara untuk menghilangkan kemagnetan suatu bahan.

Apakah yang terjadi jika kuat arusnya diperbesar atau arahnya dibalik?

Jawab : Dapat diketahui bahwa penyimpangan jarum kompas dipengaruhi oleh besar arus yang mengalir pada kawat, jika arusnya diperbesar, maka jarum yang menyimpang akan semakin jauh akan tetapi jika arusnya diperkecil maka penyimpangan yang terjadi juga semakin dekat juga.

Apakah yang terjadi jika letak kompasnya dipindahkan di atas kawat?

Jawab : Yang terjadi adalah jarum akan akan turun ke bawah mengikuti arah kawat yangdidekatkan pada kompas , sehingga kompas akan menunjukkan ke arah uatara atau sebliknya tergantung pada kawat yang ada disekitar kompas

Apakah yang terjadi jika jarak kompas dengan kawat dijauhkan?

Jawab : Jarak antara kawat yang berarus dengan kompas juga mempengaruhi penyimpangan pada kompas, jika kompas didekatkan dengan kawat berarus penyimpangan yang terjadi akan semakin jauh dan sebaliknya.

Apa yang dapat kamu simpulkan?

Berdasarkan kegiatan yang kamu lakukan, buatlah kesimpulan yang menyatakan hubungan medan magnet dan kawat berarus!

Bagian yang banyak ditempeli magnet adalah ujung kutub utara dan kutub selatan, baik dari magnet batang maupun magnet U. Hal ini dikarenakan pada bagian tersebut pengaruh medan magnet paling besar. Terdapat daerah di sekitar magnet yang terkena pengaruh gaya magnet atau disebut medan magnet.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas 6.4 Menyelidiki Medan Magnet di Dekat Kawat Berarus Listrik Halaman 21-22 Bab 6 (Kemagnetan dan Pemanfaatannya)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas 6.4 Menyelidiki Medan Magnet di Dekat Kawat Berarus Listrik Halaman 21-22 Bab 6 (Kemagnetan dan Pemanfaatannya). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Sebagaimana diketahui energi yang dihasilkan untuk satu gram lemak lebih besar dibandingkan dengan energi yang dihasilkan oleh 1 gram karbohidrat. Namun, karbohidrat dijadikan sebagai sumber energi utama. Bagaimana analisis kamu mengenai hal tersebut? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Sebagaimana diketahui energi yang dihasilkan untuk satu gram lemak lebih besar dibandingkan dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!