Breaking News

Aktivitas 5.6 Rangkaian Baterai secara Seri dan Paralel

Natural Science Questions and Answers for Class 9 Curriculum 2013 Revision 2018 Activity 5.6 Battery Series in Series and Parallel Pages 213-214 Chapter 5 (Dynamic Electricity in Everyday Life) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas 5.6 Rangkaian Baterai secara Seri dan Paralel Halaman 213-214 Bab 5 (Listrik Dinamis dalam Kehidupan Sehari-hari) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Lakukan

Aktivitas 5.6 Rangkaian Baterai secara Seri dan Paralel

Apa yang kamu perlukan?

1. 1 lampu bohlam

2. 6 kabel dengan penjepit buaya

3. 3 baterai 1,5 volt dan dudukannya

Apa yang harus kamu lakukan?

1. Buatlah rangkaian listrik dengan susunan satu baterai sehingga lampu menyala! Gambarkan rangkaian yang kamu peroleh!

2. Buatlah rangkaian listrik dengan susunan dua baterai sehingga lampu menyala! Lakukan susunan baterai dengan berbagai cara dan perhatikan nyala lampu! Gambarkan rangkaian yang kamu peroleh!

3. Buatlah rangkaian listrik dengan susunan tiga baterai sehingga lampu menyala! Lakukan susunan baterai dengan berbagai cara dan perhatikan nyala lampu! Gambarkan rangkaian yang kamu peroleh!

Apa yang perlu kamu diskusikan?

1. Jika dibandingkan dengan Aktivitas 5.5 pada rangkaian lampu, disebut apakah rangkaian baterai yang kamu temukan?

Rangkaian Seri dan Paralel

2. Bandingkan hasil pengamatan pada langkah 1, 2, dan 3! Bagaimanakah susunan baterai yang digunakan dan nyala lampu yang terjadi?

Susunan baterai yang digunakan berbeda ada yang bertingkat dan ada yang tidak dan untuk nyala lampu yang terjadi tergantung susunan baterai yang digunakan. Jika susunan baterai bertingkat maka nyala lampu redup. Dan jika susunan baterai tidak bertingkat maka nyala lampu terang.

Apa yang dapat kamu simpulkan?

Berdasarkan percobaan dan diskusi yang telah kamu lakukan, apa yang dapat kamu simpulkan?

Pada dasarnya, Baterai dapat dirangkai secara Seri maupun Paralel. Tetapi hasil Output dari kedua Rangkaian tersebut akan berbeda. Rangkaian Seri Baterai akan meningkatkan Tegangan (Voltage) Output Baterai sedangkan Current/Arus Listriknya (Ampere) akan tetap sama. Hal ini Berbeda dengan Rangkaian Paralel Baterai yang akan meningkatkan Current/Arus Listrik (Ampere) tetapi Tegangan (Voltage) Outputnya akan tetap sama.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas 5.6 Rangkaian Baterai secara Seri dan Paralel Halaman 213-214 Bab 5 (Listrik Dinamis dalam Kehidupan Sehari-hari)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas 5.6 Rangkaian Baterai secara Seri dan Paralel Halaman 213-214 Bab 5 (Listrik Dinamis dalam Kehidupan Sehari-hari). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal dari fosil secara berlebihan? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!