Breaking News

Aktivitas 5.5 Rangkaian Lampu secara Seri dan Paralel

Natural Science Questions and Answers for Class 9 Curriculum 2013 Revision 2018 Activity 5.5 Series and Parallel Light Arrangements Pages 212-213 Chapter 5 (Dynamic Electricity in Everyday Life) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas 5.5 Rangkaian Lampu secara Seri dan Paralel Halaman 212-213 Bab 5 (Listrik Dinamis dalam Kehidupan Sehari-hari) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Lakukan

Aktivitas 5.5 Rangkaian Lampu secara Seri dan Paralel

Apa yang kamu perlukan?

  1. 6 utas kabel dengan penjepit buaya
  2. 1 buah baterai
  3. 2 buah lampu bohlam kecil

Apa yang harus kamu lakukan?

1. Buatlah rangkaian listrik dengan susunan satu baterai sehingga dua lampu menyala terang! Gambarkan rangkaian yang kamu peroleh! Jika salah satu lampu dilepas, bagaimana dengan keadaan lampu yang lain? Disebut apakah rangkaian yang kamu peroleh tersebut?

Rangkaian di bawah ini adalah rangkaian seri. Jika salah satu lampu dilepas, maka lampu yang lain tidak akan menyala.

2. Buatlah rangkaian listrik dengan susunan satu baterai sehingga dua lampu menyala redup! Gambarkan rangkaian yang kamu peroleh! Jika salah satu lampu dilepas, bagaimana dengan keadaan lampu yang lain? Disebut apakah rangkaian yang kamu peroleh tersebut?

Rangkaian di bawah ini adalah rangkaian paralel. Dalam rangkaian paralel, ada lebih dari satu resistor (bohlam) dan mereka disusun pada banyak jalur. Ini berarti listrik (elektron) dapat melakukan perjalanan dari satu ujung sel melalui banyak cabang ke ujung sel yang lain.

Sedangkan rangkaian paralel merupakan rangkaian yang cara menggabungkan bagian-bagiannya adalah dengan cara disusun atau sejajar. Rangkaian pararel disebut pula rangkaian bercabang. Catu daya pada rangkaian ini akan terhubung pada cabang-cabang rangkaian tersebut.

Apa yang dapat kamu simpulkan?

Berdasarkan percobaan dan diskusi yang telah kamu lakukan, apa yang dapat kamu simpulkan?

Rangkaian seri dan rangkaian paralel bisa dengan mudah diidentifikasi dengan mengetahui bentuk pemasangan komponen listriknya. Komponen listrik pada rangkaian seri disusun secara berurutan atau berderet. Sedangkan rangkaian pararel komponen listriknya dipasang secara bersusun atau berjajar sehingga tiap bagian memiliki cabang masing-masing. Cabang-cabang tersebut terhubung dengan catu daya sebagai sumber energi listrik. Pada rangkaian paralel, arus yang mengalir ke tiap-tiap cabang berbeda besarnya. Karena masing-masing cabang terhubung dengan kutub positif dan kutub negatif pada catu daya, maka tegangan untuk tiap bagian-bagiannya adalah sama besar. Beda halnya dengan rangkaian seri, kabel penghubung semua komponen tidak bercabang sepanjang rangkaian itu sehingga arus listrik hanya melewati satu jalan atau satu arah saja. Arus listrik yang mengalir disini akan sama besar tetapi tegangan atau beda potensialnya berbeda. Tegangan pada rangkaian seri merupakan hasil jumlah dari tegangan masing-masing hambatan dimana nilai hambatannya diperoleh dengan membagi tegangan dengan kuat arus. Pada rangkaian paralel, tegangan pada masing-masing hambatan adalah sama dengan tegangan total. Untuk kuat arus total diperoleh dengan menjumlahkan kuat arus masing-masing cabang. Untuk mengetahui hambatan total bisa kita peroleh dengan menjumlahkan satu per masing-masing hambatan.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas 5.5 Rangkaian Lampu secara Seri dan Paralel Halaman 212-213 Bab 5 (Listrik Dinamis dalam Kehidupan Sehari-hari)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas 5.5 Rangkaian Lampu secara Seri dan Paralel Halaman 212-213 Bab 5 (Listrik Dinamis dalam Kehidupan Sehari-hari). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Karbohidrat, lemak, dan protein merupakan sumber energi. Apa yang terjadi jika kita kelebihan mengomsumsi zat-zat tersebut? Bagaimana jika kekurangan? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Karbohidrat, lemak, dan protein merupakan sumber energi. Apa yang terjadi jika kita kelebihan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!