Breaking News

Aktivitas 5.4 Membuat Model tentang Bahaya Rokok Bagi Kesehatan

Questions and Answers for Natural Science Class 8 Curriculum 2013 Revised 2017 Analyze what happens to the throat and lungs of a person who smokes Pages 235-237 Chapter 5 (Additives and Addictive Substances) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Analisislah apa yang terjadi pada tenggorokan dan paru- paru orang yang merokok Halaman 235-237 Bab 5 (Zat Aditif dan Zat Adiktif) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Lakukan

Aktivitas 5.4 Membuat Model tentang Bahaya Rokok Bagi Kesehatan

Apa yang kamu perlukan?

  1. 1 batang rokok
  2. 1 buah botol air mineral ukuran 1,5 liter
  3. 1 Selang kecil dengan diameter t 0, 5 cm dengan panjang 20 cm
  4. Kain putih ukuran 10 x 10 cm atau kapas
  5. Air
  6. Gunting/cutter
  7. Lem
  8. Paku

Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Buatlah kelompok yang terdiri atas 4-5 orang.
  2. Siapkan semua alat dan bahan yang diperlukan.
  3. Lakukan percobaan ini di luar ruangan.
  4. Lubangi tutup botol air mineral dengan gunting/cutter.
  5. Potonglah selang sepanjang 10 cm, lalu masukkan salah satu ujungnya ke dalam tutup botol air mineral, lalu beri lem agar kuat.
  6. Isilah botol air mineral dengan air hingga penuh.
  7. Basahi kain dengan air, lalu letakkan pada mulut botol air mineral yang telah berisi air, kemudian tutup dengan tutup botol yang telah terpasang selang.
  8. Masukkan batang rokok pada ujung selang, kemudian bakar ujung rokok tersebut.
  9. Lubangilah bagian dasar botol air mineral dengan menggunakan paku, sehingga air keluar dari dalam botol.
  10. Ketika air keluar dari botol, asap rokok akan terisap ke dalam botol melalui kain yang telah dibasahi.
  11. Setelah air habis, amati warna selang yang tertancap pada tutup botol.
  12. Lepaskan tutup botol dari botol air mineral, lalu amati warna kain yang telah menyaring asap rokok.

Apa yang dapat kamu simpulkan?

Bayangkanlah selang sebagai tenggorokan dan kain sebagai alveolus pada paru-paru.  Berdasarkan percobaan yang telah kamu lakukan, analisislah apa yang terjadi pada tenggorokan dan paru- paru orang yang merokok!

Paru-Paru merupakan salah satu bagian tubuh dalam yang berfungsi sebagai alat pernapasan. Organ ini sangat penting bagi manusia maupun hewan karena organ paru-paru ini sebagai media masuk oksigen. Oksigen sangat penting dalam proses respirasi di mitokondria pada sel-sel tubuh sehingga dapat menghasilkan energi untuk bergerak dan beraktivitas.  Pernafasan merupakan sistem organ yang terdapat beberapa bagian penyusun di dalamnya, antara lain adalah hidung, trakea, bronkus, bronkiolus, alveolus dan pleura.

Yang terjadi pada tenggorokan dan paru- paru orang yang merokok akan terbentuk plak (kotoran). Plak berasal dari asap rokok yang terkumpul di saluran pernafasan. Plak yang menutupi alveolus dapat mengganggu proses pernafasan. Hal tersebut dapat menyebabkan sesak nafas dan dapat berujung kematian.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Analisislah apa yang terjadi pada tenggorokan dan paru- paru orang yang merokok Halaman 235-237 Bab 5 (Zat Aditif dan Zat Adiktif)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Analisislah apa yang terjadi pada tenggorokan dan paru- paru orang yang merokok Halaman 235-237 Bab 5 (Zat Aditif dan Zat Adiktif). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Sebuah foto berukuran 3 cm × 4 cm. Apabila foto diperbesar dan sisi yang paling panjang menjadi 9 cm, maka panjang sisi terpendek menjadi ….

[Kunci Jawaban] Sebuah foto berukuran 3 cm × 4 cm. Apabila foto diperbesar dan sisi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!