Breaking News

Aktivitas 5.2 Menyelidiki Pewarna Alami dan Buatan pada Makanan atau Minuman

Questions and Answers for Natural Science Class 8 Curriculum 2013 Revised 2017 Table 5.2 Results of Experiments Investigating Natural and Artificial Dyes in Food or Beverages Pages 214-215 Chapter 5 (Additives and Addictive Substances) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tabel 5.2 Hasil Percobaan Menyelidiki Pewarna Alami dan Buatan pada Makanan atau Minuman Halaman 214-215 Bab 5 (Zat Aditif dan Zat Adiktif) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Lakukan

Aktivitas 5.2 Menyelidiki Pewarna Alami dan Buatan pada Makanan atau Minuman

Apa yang kamu perlukan?

  1. Bahan makanan berwarna yang akan diuji (saus, cincau, cendol, dan jajanan berwarna lain) sekitar 50 gram
  2. Air 50 mL
  3. Mortar dan alu (pestle)
  4. Pipet
  5. Benang wol putih atau benang katun
  6. Kakitiga
  7. Kawat kassa
  8. Pemanas bunsen/lampu spiritus
  9. Gelas kimia
  10. Sabun cuci

Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Sediakan gelas kimia sesuai dengan jumlah bahan yang kamu akan uji.
  2. Pada masing-masing gelas kimia tersebut masukkan sekitar 5 gram bahan makanan yang akan diuji dengan 10 mL air. Jika bahan itu tidak mudah bercampur haluskan terlebih dahulu dengan mortar sebelum dimasukkan dalam gelas.
  3. Celupkan beberapa potongan benang wol ke dalam masing-masing gelas kimia.
  4. Panaskan masing-masing gelas kimia dengan pemanas bunsen/lampu spiritus sampai campuran dalam gelas kimia tersebut mendidih. Bila telah mendidih, angkat gelas kimia tersebut dari api.
  5. Biarkan campuran dalam gelas kimia sampai benar-benar dingin.
  6. Ambil benang wol yang telah dicelupkan pada larutan bahan makanan, amati dan catat warnanya. Kemudian, cucilah benang wol tersebut dengan sabun cuci.
  7. Bandingkan hasil pengamatan sebelum benang dicuci dan setelah dicuci. Kemudian tuliskan datanya dalam tabel dengan memberi tanda centang (V) sesuai dengan hasil pengamatan. Pewarna makanan alami pada umumnya akan hilang dari benang wol setelah benang dicuci.

Tabel 5.2 Hasil Percobaan Menyelidiki Pewarna Alami dan Buatan pada Makanan atau Minuman

No. Jenis Bahan Warna Benang Wol Sebelum Dicuci Warna Benang Wol Setelah Dicuci
Warna Hilang Warna Tidak Hilang
1. Minuman bersoda Putih   X
2. Kecap Putih   X
3. Saus Putih   X
4. Sirup Putih   X
5. Cendol warna Putih   X
6. Kue lapis Putih X  
7. Kue dadar gulung Putih X  
8. Cincau hijau Putih X  
9. Bolu pandan Putih X  
10. Kue klepon Putih X  

Apa yang dapat kamu simpulkan?

Berdasarkan data hasil percobaan, buatlah kesimpulan yang menyatakan jenis-jenis bahan makanan yang menggunakan pewarna alami dan buatan!

Kesimpulan :

Hasil uji coba jenis bahan makanan atau minuman yang warna benang wolnya hilang setelah dicuci adalah jenis pewarna alami. Sedangkan pada jenis bahan makanan yang warna benang wolnya tidak hilang setelah dicuci adalah jenis pewarna buatan.

Pewarna alami adalah pewarna yang dapat diperoleh dari alam, misalnya dari tumbuhan dan hewan. Sedangkan pewarna buatan diperoleh melalui proses reaksi (sintesis) kimia menggunakan bahan yang berasal dari zat kimia sintetis.

Makanan dan minuman yang menggunakan pemanis buatan memiliki rasa sedikit pahit dan apabila dikonsumsi dapat mengakibatkan gatal pada tenggorokan. Sedangkan makanan dan minuman yang mengandung pemanis alami tidak ada rasa pahit dan tidak menimbulkan gatal pada tenggorokan.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tabel 5.2 Hasil Percobaan Menyelidiki Pewarna Alami dan Buatan pada Makanan atau Minuman Halaman 214-215 Bab 5 (Zat Aditif dan Zat Adiktif)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tabel 5.2 Hasil Percobaan Menyelidiki Pewarna Alami dan Buatan pada Makanan atau Minuman Halaman 214-215 Bab 5 (Zat Aditif dan Zat Adiktif). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kota A dan kota B pada peta berjarak 6 cm. Jarak sebenarnya kedua kota tersebut adalah 120 km. Jika Kota B dan Kota C pada peta yang sama berjarak 4 cm, maka tentukan jarak sebenarnya Kota B dan Kota C!

[Kunci Jawaban] Kota A dan kota B pada peta berjarak 6 cm. Jarak sebenarnya kedua …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!