Breaking News

Aktivitas 4.8 Tabel 4.8 Perwujudan Sikap Toleransi dalam Berbagai Kehidupan

Questions and Answers for PPKN Class 7 Curriculum 2013 Revised 2016 Activities 4.8 Table 4.8 Manifestation of Tolerance Attitudes in Various Lives Page 106 Chapter 4 (Diversity of Ethnic, Religion, Race, and Intergroup in the Frame of Unity in Diversity) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Aktivitas 4.8 Tabel 4.8 Perwujudan Sikap Toleransi dalam Berbagai Kehidupan Halaman 106 Bab 4 (Keberagaman Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

Tabel 4.8 Perwujudan Sikap Toleransi dalam Berbagai Kehidupan

No. Lingkungan Sikap Toleransi Upaya Meningkatkan
1. Sekolah Tidak menghina teman yang memiliki warna kulit,penampilan fisik,maupun kepandaian yang berbeda dengan kita Senantiasa menganggap bahwa orang lain juga memiliki kelebihan yang belum tentu kita ketahui dan miliki.Serta bisa juga dengan menganggap bahwa sesungguhnya diri kita tidak ada apa-apanya dibandingkan orang yang kita anggap sebelah mata (merendahkan diri)
Tidak melakukan tindakan-tindakan immoral baik terhadap Guru,Teman Sekolah,serta seluruh komponen sekolah Senantiasa, menghormati, menghargai, serta menyegani segala komponen.
Menghormati teman sekelas yang berbeda agama. Membiasakan diri menghormati teman yang berbeda agama.
2. Masyarakat Tidak menggolongkan orang berdasarkan suku,ras,maupun golongannya Menyadari bahwa keberagaman suku,ras,serta golongan merupakan salah satu jalan untuk menjadikan kelompok masyarakatnya besar serta memiliki kearifan local yang luar biasa.
Tidak membuat kasta kedudukan di masyarakat berdasarkan status social “kaya” dan “miskin” Menanamkan serta meyakinkan di dalam diri bahwa kekayaan dan kemiskinan bukan sebuah tolak ukur untuk menilai seseorang,melainkan dengan sikap kepribadiannya dan kebermanfaatannya bagi masyarakat luas.
Membiarkan orang lain beribadah sesuai agama masing masing Membiasakan diri untuk berbaur dan berteman dengan siapa saja tanpa membedakan dan mengasingkan orang yang agamanya berbeda serta membiarkan mereka beribadah sesuai dengan agamanya masing masing
Tidak memaksakan agama kepada orang lain Membiasakan diri untuk berbaur dan berteman dengan siapa saja tanpa membedakan dan mengasingkan orang yang agamanya berbeda serta membiarkan mereka beribadah sesuai dengan agamanya masing masing
3. Bangsa dan Negara Tidak melakukan tindakan sewenang-wenang yang dapat melanggar Hak Asasi Manusia (HAM) orang lain Selalu mengupayakan dan menjalankan semaksimal mungkin seluruh Kewajiban Asasi Manusia (KAM) dan Tanggung Jawab Manusia (TAM) yang dimiliki.
Tidak memancig berbagai upaya konflik yang bermuatan SARA. Menjalankan sebaik mungkin Semboyan Bangsa Indonesia “Bhineka Tunggal Ika”, berbeda-beda tetap satu jua.
Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa meskipun memiliki banyak perbedaan Tidak mementingkan kepentingan dan bersikeras atas pendapat sendiri, harus menghargai pendapat orang lain meskipun berbeda pemikirannya dengan kita.
Saling menghargai perbedaan agar kesatuan dapat terwujud Tidak mementingkan kepentingan dan bersikeras atas pendapat sendiri, harus menghargai pendapat orang lain meskipun berbeda pemikirannya dengan kita.
4. Keluarga Menghargai serta memperbolehkan segala keputusan anak selama tidak bertentangan dengan agama dan adat istiadat. Menyadari bahwa tidak selamanya anak harus didikte.Ada kalanya bahwa setiap anak akan mencapai masanya dimana ia harus mulai belajar menentukan arah hidupnya sendiri
Menghargai keberadaan setiap anggota keluarga tanpa melihat status dan kedudukannya Menanamkan dalam diri bahwa setiap anggota keluarga merupakan pilar-pilar yang penting guna menjaga kesatuan dan persatuan di dalam keluarga
5. Agama Tidak memaksakan orang lain untuk mengikuti agama dan kepercayaannya Meyakiini bahwa tindakan memaksakan orang lain untuk masuk ke dalam agama serta kepercayaannya merupakan tindakan yang tidak disukai Tuhan
Tidak melakukan tindak kekerasan, seperti mengganggu dan mengintimidasi para pemeluk agama dalam menjalankan ibadahnya masing-masing Menanamkan prinsip di dalam jiwa “Lakum Dinukum Waliyadin” yaitu menyadari bahwa “Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku”

Kesimpulan :

Dengan adanya Keberagaman Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia kita dapat menghormati dan menghargai atas perbedaan yang ada di antara kita semua.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Aktivitas 4.8 Tabel 4.8 Perwujudan Sikap Toleransi dalam Berbagai Kehidupan Halaman 106 Bab 4 (Keberagaman Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Aktivitas 4.8 Tabel 4.8 Perwujudan Sikap Toleransi dalam Berbagai Kehidupan Halaman 106 Bab 4 (Keberagaman Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini a. Rumuskan masalah yang sesuai dengan tabel di atas! b. Berdasarkan masalah dan data tabel tersebut, apa kesimpulannya?

[Kunci Jawaban] Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini a. Rumuskan masalah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!