Breaking News

Aktivitas 4.6 Tabel 4.6 Pengertian dan Makna Bhinneka Tunggal Ika

Questions and Answers for PPKN Class 7 Curriculum 2013 Revised 2016 Activity 4.6 Table 4.6 Definition and Meaning of Unity in Diversity Page 101 Chapter 4 (Diversity of Ethnic, Religion, Race, and Intergroup within the Unity in Diversity Frame) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Aktivitas 4.6 Tabel 4.6 Pengertian dan Makna Bhinneka Tunggal Ika Halaman 101 Bab 4 (Keberagaman Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

Aktivitas 4.6

Setelah kalian mempelajari pengertian dan makna Bhinneka Tunggal Ika, cobalah kalian diskusikan pernyataan berikut ini.

Tabel 4.6 Pengertian dan Makna Bhinneka Tunggal Ika

No. Pernyataan

Uraian

1. Pengertian Bhinneka Tunggal Ika dalam Buku Sutasoma Pengertian Bhinneka Tunggal Ika dalam Buku Sutasoma adalah (Bahwa agama Buddha dan Siwa (Hindu) merupakan zat yang berbeda, tetapi nilai-nilai kebenaran Jina (Buddha) dan Siwa adalah tunggal. Terpecah belah, tetapi satu jua, artinya tak ada dharma yang mendua).
2. Pengertian Bhinneka Tunggal Ika dalam lambang negara Garuda Pancasila BHINNEKA TUNGGAL IKA adalah semboyan bangsa Indonesia yang artinya adalah BERBEDA-BEDA TETAPI TETAP SATU.

Bhineka Tunggal Ika berasal dari Bahasa Sanskerta dan diambil dari kitab karangan Mpu Tantular yakni Kitab Sutasoma. Dalam kitab tersebut terdapat kutipan sebagai berikut:

‘Rwaneka dhatu winuwus Buddha Wiswa, Bhinnêki rakwa ring apan kena parwanosen, Mangka ng Jinatwa kalawan Siwatatwa tunggal, Bhinnêka tunggal ika tan hana dharma mangrwa’

Yang artinya adalah:

“Bahwa agama Buddha dan Siwa (Hindu) merupakan zat yang berbeda, tetapi nilai-nilai kebenaran Jina (Buddha) dan Siwa adalah tunggal. Terpecah belah, tetapi satu jua, artinya tak ada dharma yang mendua.”

Jika diartikan satu per satu maka BHINNEKA berarti beraneka ragam, TUNGGAL berarti satu dan IKA berarti itu. 

Kalimat ini sendiri merupakan pemersatu dan pemupuk toleransi bagi umat Hindu dan Budha di jaman Majapahit. Karena makna yang kuat tersebut lah maka kemudian pendiri bangsa menjadikan kalimat tersebut sebagai semboyan bangsa.

3. Makna semboyan Bhinneka Tunggal Ika Mengandung makna meskipun Indonesia berbhinneka, tetapi terintegrasi dalam kesatuan. Ini merupakan sebuah keunikan tersendiri bagi bangsa Indonesia yang bersatu dalam suatu kekuatan dan kerukunan beragama, berbangsa dan bernegara yang harus diinsafi secara sadar.

Makna Bhinneka Tunggal Ika yang kita pahami sebagai slogan bangsa Indonesia adalah bahwa Indonesia sebagai sebuah negara memiliki masyarakat dengan latar belakang berbeda-beda baik itu kebudayaan, adat istiadat, agama, kepercayaan, bahasa, suku, ras, bahasa dan lain sebagainya namun identitasnya tetap satu yakni sebagai bangsa Indonesia yang utuh dan padu.

Sajikanlah tabel yang sudah lengkap di depan kelas untuk mendapat tanggapan dari teman-teman kalian.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Aktivitas 4.6 Tabel 4.6 Pengertian dan Makna Bhinneka Tunggal Ika Halaman 101 Bab 4 (Keberagaman Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Aktivitas 4.6 Tabel 4.6 Pengertian dan Makna Bhinneka Tunggal Ika Halaman 101 Bab 4 (Keberagaman Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kota A dan kota B pada peta berjarak 6 cm. Jarak sebenarnya kedua kota tersebut adalah 120 km. Jika Kota B dan Kota C pada peta yang sama berjarak 4 cm, maka tentukan jarak sebenarnya Kota B dan Kota C!

[Kunci Jawaban] Kota A dan kota B pada peta berjarak 6 cm. Jarak sebenarnya kedua …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!