Breaking News

Aktivitas 4.5 Model Penyerapan di Usus Halus

Natural Science Questions and Answers Class 8 Curriculum 2013 Revised 2017 Activity 4.5 Absorption Model in the Small Intestine Which cloth absorbs more water? Page 185 Chapter 4 (Human Digestive System) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 4.5 Model Penyerapan di Usus Halus Kain apa yang menyerap air lebih banyak? Halaman 185 Bab 4 (Sistem Pencernaan Manusia) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Lakukan

Aktivitas 4.5 Model Penyerapan di Usus Halus

Apa yang kamu perlukan?

  1. Kain katun ukuran 25 x 25 cm
  2. Kain handuk ukuran 25 x 25 cm
  3. Wadah tempat menampung air

Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Rendam kedua potong kain ke dalam mangkuk berisi air selama 30 detik.
  2. Ambil ke dua kain dari mangkuk, siram ke dua kain dengan air dari kran (air mengalir) selama satu menit.
  3. Peras setiap kain ke wadah yang berbeda.
  4. Ukurlah jumlah air yang tertampung.

Apa yang perlu kamu diskusikan?

1. Kain apa yang menyerap air lebih banyak? Mengapa?

Kain handuk. Karena, kain handuk sendiri bukanlah dari kain yang diambil dari serat alami dan mudah cepat kering.  Contohnya katun yang di buat dari serat alami kurang menyerap air dan tidak cepat kering.

Mengapa kain dapat menyerap air lebih banyak

Kain dapat menyerap air karena di tenunannya terbuat dari serat selulosa sehingga air bisa menyerap. Selulosa merupakan polisakarida yang terdiri dari monomer D-Glukosa.

Air akan membuat ikatan hidrogen di setiap gugus -OH di selulosa, sehingga air bisa terserap. Namun ikatan ini lemah, yang membuat air bisa terlepas kembali. Inilah prinsip dasar kromatografi kertas, yang membuat tinta bergerak keatas karena terangkut oleh pergerakan air.

2. Bandingkan permukaan kain handuk dengan permukaan dalam usus halus? Apa struktur yang membedakan keduanya?

Ada persamaannya yaitu permukaannya sama2 ada semacam lipatan-lipatan, tujuannya untuk memperbesar luas permukaan.

Pada handuk hal itu akan mempermudah handuk menyerap air (badan jadi lebih cepat kering), sedangkan pada usus halus hal itu akan mempermudah usus utk menyerap sari-sari makanan.

Apa yang dapat kamu simpulkan?

Berdasarkan percobaan dan diskusi yang telah kamu lakukan, apa yang dapat kamu simpulkan?

Dari percobaan tersebut dapat disimpulkan bahwa jenis kain yang menyerap air dari yang lebih banyak ke sedikit berturut-turut yaitu kain handuk, kain katun, kain satin, kain nilon. Kain handuk mempunyai daya serap lebih tinggi dari pada kain-kain lain dibuktikan dengan banyaknya air peraaan yang diperoleh dalam gelas ukur.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 4.5 Model Penyerapan di Usus Halus Kain apa yang menyerap air lebih banyak? Halaman 185 Bab 4 (Sistem Pencernaan Manusia)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 4.5 Model Penyerapan di Usus Halus Kain apa yang menyerap air lebih banyak? Halaman 185 Bab 4 (Sistem Pencernaan Manusia). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Sebutkan 3 contoh hasil penambangan perut bumi yang digunakan sebagai sumber energi!

[Kunci Jawaban] Sebutkan 3 contoh hasil penambangan perut bumi yang digunakan sebagai sumber energi! Pertanyaan: …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!