Breaking News

Aktivitas 4.2 Mengidentifkasi Bahan Makanan yang Mengandung Lemak

Questions and Answers for Natural Science Class 8 Curriculum 2013 Revised 2017 Based on the results of your experiment, what foods contain fat Pages 167-168 Chapter 4 (Human Digestive System) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Berdasarkan hasil percobaanmu, makanan apa sajakah yang mengandung lemak Halaman 167-168 Bab 4 (Sistem Pencernaan Manusia) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Lakukan

Aktivitas 4.2 Mengidentifkasi Bahan Makanan yang Mengandung Lemak

Apa yang kamu perlukan?

  1. Beberapa jenis makanan: nasi, singkong, roti, kue, keripik kentang, kacang, buah-buahan, sayuran, dan daging
  2. Mortar dan alu (pestle)
  3. Kertas (kertas HVS atau kertas bahan layang-layang)

Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Bekerjalah dengan teman satu kelompokmu.
  2. Kumpulkan jenis makanan berikut: nasi, singkong, roti, kue, keripik kentang, kacang, buah-buahan, sayuran, dan daging.
  3. Secara terpisah hancurkan bahan makanan dengan alu dan mortar.
  4. Tempatkan makanan pada sehelai kertas, kemudian lipat sehingga kertas membungkus makanan secara sempurna (hati- hati jangan sampai kertas tersebut robek).
  5. Beri label kertas dengan nama masing-masing makanan (ketika melakukan praktikum sebaiknya kamu tidak mencicipinya).
  6. Biarkan selama 30 menit.
  7. Ambil dua lembar kertas, satu lembar diberi tanda A dan yang lain diberi tanda B . Kertas A ditetesi dengan minyak, dan kertas B ditetesi air.
  8. Bandingkan kertas tempat makanan dengan kertas A dan B. Gunakan tes ini untuk menentukan makanan lainnya apakah mengandung lemak. Tanda berminyak berarti’ makanan mengandung lemak, sedangkan tanda basah berarti makanan mengandung air.
  9. Catatlah hasil penyelidikanmu!

Apa yang perlu kamu diskusikan?

1. Berdasarkan hasil percobaanmu, makanan apa sajakah yang mengandung lemak?

Makanan yang mengandung lemak yaitu :

  • daging
  • gorengan
  • telur
  • mentega
  • keju
  • whipped cream
  • ice cream
  • bakso
  • olahan daging
  • minyak ikan
  • kelapa
  • kacang
  • cokelat
  • susu
  • mayonais
  • ikan salmon

2. Apakah bukti bahwa makanan tersebut mengandung lemak? Jelaskan!

Bukti makanan tersebut mengandung lemak adalah bila makanan tersebut diletakkan diatas kertas, maka warna kertas akan menjadi transparan.

Apa yang dapat kamu simpulkan?

Berdasarkan percobaan dan diskusi yang telah kamu lakukan, apa yang dapat kamu simpulkan?

Terdapat dua jenis lemak yang terkandung dalam makanan, yaitu lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Lemak jenuh tak jenuh disebut juga lemak baik, yang terdiri dari lemak tunggal dan lemak ganda. sedangkan lemak jenuh sering disebut lemak jahat. jenis makanan yang mengandung lemak jenuh ini dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti jantung koroner, kolesterol, dan lainnya.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Berdasarkan hasil percobaanmu, makanan apa sajakah yang mengandung lemak Halaman 167-168 Bab 4 (Sistem Pencernaan Manusia)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Berdasarkan hasil percobaanmu, makanan apa sajakah yang mengandung lemak Halaman 167-168 Bab 4 (Sistem Pencernaan Manusia). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

Kunci Jawaban] Kelompokkan energi ke dalam kelompok sumber energi yang dapat diperbarui dan tidak dapat diperbarui. (Coret yang salah)

Kunci Jawaban] Kelompokkan energi ke dalam kelompok sumber energi yang dapat diperbarui dan tidak dapat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!