Aktivitas 4.2 Bagaimana Interaksi Dua Benda Bermuatan terhadap Jaraknya?

Natural Science Questions and Answers for Class 9 Curriculum 2013 Revision 2018 Activity 4.2 How do two charged objects interact with their distance? Pages 168-170 Chapter 4 (Static Electricity in Everyday Life) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas 4.2 Bagaimana Interaksi Dua Benda Bermuatan terhadap Jaraknya? Halaman 168-170 Bab 4 (Listrik Statis dalam Kehidupan Sehari-hari) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Lakukan

Aktivitas 4.2 Bagaimana Interaksi Dua Benda Bermuatan terhadap Jaraknya?

Apa yang kamu perlukan?

  1. 1 buah penggaris
  2. 1 buah statif
  3. 2 buah balon yang sudah ditiup
  4. Benang
  5. Kain wol (dapat diganti dengan rambut yang kering)

Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Gosokkan kedua balon tersebut pada kain wol atau rambut yang kering selama 30 sekon.
  2. Gantung kedua balon dengan menggunakan tali sepanjang 50 cm pada masing-masing statif yang diletakkan secara berjauhan sehingga kedua balon terpisah pada jarak ± 25 cm, seperti pada Gambar 4.4! Amati interaksi yang terjadi!
  3. Ulangi langkah pertama dan kedua. Buat variasi lamanya waktu untuk menggosok balon, misalnya dengan menggosokkan balon ke kain wol atau rambut yang kering selama 60 sekon.
  4. Ulangi langkah pertama hingga ketiga, namun dengan memisahkan kedua balon sedikit lebih dekat, misalnya 15 cm.

Tabel 4.2 Data Pengamatan Kuat Interaksi Kedua Balon terhadap Lamanya Waktu Menggosok dan Jarak Kedua Muatan

No. Lamanya Waktu Menggosokkan Balon Dengan Kain Wol Atau Rambut Yang Kering Jarak Kedua Statif Kedua Interaksi Kedua Balon
1. 30 detik a. 30 cm Sangat Lemah
b. 20 cm Lemah
2. 60 detik c. 30 cm Lemah
    d. 20 cm Kuat

Apa yang perlu kamu diskusikan?

1. Bagaimana interaksi kedua balon dengan adanya perubahan jarak? Apakah jarak memengaruhi besarnya gaya tolak-menolak atau gaya tarik-menarik kedua balon? (Bandingkan hasil pengamatan nomor 1a dengan 1b atau nomor 2a dengan 2b)

Semakin besar jarak kedua balon maka gaya tolaknya semakin kecil, hal ini dibuktikan dengan simpangan kedua balon kecil. Sebaliknya,semakin kecil jarak kedua balon maka gaya tolaknya semakin besar, hal ini dibuktikan dengan simpangan kedua balon besar.

2. Bagaimana interaksi kedua balon dengan adanya perubahan lamanya waktu menggosok? Apakah besar muatan memengaruhi besar gaya tolak-menolak atau gaya tarik-menarik kedua balon? (Bandingkan hasil pengamatan nomor 1a dengan 2a atau nomor 1b dengan 2b)

Semakin lama waktu yang digunakan untuk menggosok balon, maka muatan listrik menjadi semakin besar, hal ini yang mempengaruhi besarnya gaya tolak kedua balon yang ditunjukkan dengan besarnya simpangan kedua balon tersebut saat didekatkan.

Apa yang dapat kamu simpulkan?

Bagaimana hubungan antara gaya tarik menarik atau tolak menolak dengan jarak dan besar tiap-tiap muatan?

Bagaimana hubungan antara gaya Coulomb dengan jarak dan besar masing-masing muatan?

Jarak kedua balon mempengaruhi besar gaya listriknya, semakin dekat jarak kedua balon maka gaya listrik yang dialami akan semakin besar, tetapi semakin jauh jarak kedua balon maka gaya listrik yang dialami akan semakin kecil.

Besar muatan listrik juga mempengaruhi gaya listrik, semakin besar muatan listrik maka gaya listriknya juga akan semakin besar, begitu pula jika muatan listrik kecil maka gaya listriknya juga semakin kecil.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas 4.2 Bagaimana Interaksi Dua Benda Bermuatan terhadap Jaraknya? Halaman 168-170 Bab 4 (Listrik Statis dalam Kehidupan Sehari-hari)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas 4.2 Bagaimana Interaksi Dua Benda Bermuatan terhadap Jaraknya? Halaman 168-170 Bab 4 (Listrik Statis dalam Kehidupan Sehari-hari). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apa perbedaan antara suhu dan kalor?

[Kunci Jawaban] Apa perbedaan antara suhu dan kalor? Pertanyaan: Apa perbedaan antara suhu dan kalor? …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!