Aktivitas 4.1 Mengidentifikasi Bahan Makanan pada Produk Kemasan

Questions and Answers for Natural Science Class 8 Curriculum 2013 Revised 2017 Activity 4.1 Identifying Food Ingredients in Packaged Products Pages 157-158 Chapter 4 (Human Digestive System) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 4.1 Mengidentifikasi Bahan Makanan pada Produk Kemasan Halaman 157-158 Bab 4 (Sistem Pencernaan Manusia) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Lakukan

Aktivitas 4.1  Mengidentifikasi Bahan Makanan pada Produk Kemasan

Apa yang kamu perlukan?

  1. Kemasan produk mi instan
  2. Beberapa kemasan produk makanan ringan yang kamu sukai

Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Bekerjalah dengan teman satu kelompokmu
  2. Amati bagian komposisi bahan makanan yang ada pada produk yang kamu bawa
  3. Tuliskan bahan-bahan apa saja yang menyusun produk tersebut
  4. Tentukan kandungan zat makanan apa yang ada pada tiap bahan penyusun produk tersebut
  5. Masukkan data kamu pada Tabel 4.1!

Tabel 4.1 Data Komposisi Bahan Makanan

Nama Produk Bahan Utama Penyusun Produk yang Tertera pada Kemasan Kandungan Zat Makanan
MarieDuo Bahan utama penyusun produk yang tertera pada kemasan: tepung terigu, gula, susu bubuk, mentega, dekstrosa, bubuk coklat, maltodextrin, lemak nabati, telur ayam, glukosa, lemak kakao, pengembang natrium bikarbonat, garam, pengemulsi lesitin kedelai, perisa identik alami coklat. Kandungan zat makanan: lemak jenuh, kolesterol, protein, karbohidrat, serat, gula ,natrium, vitamin, kalsium.
Roma Wafer Choco Blast Bahan utama penyusun produk yang tertera pada kemasan : tepung terigu, minyak nabati, gula, krimmer nabati, kakao bubuk, kakao massa, pewarna caramel, pengemulsi, garam, perisa sintetik, pengembang. Kandungan zat makanan: lemak, protein, karbohidrat, gula, natrium
Tini wini biti krekers Bahan utama penyusun produk yang tertera pada kemasan: tepung terigu, gula, lemak nabati, pengembang, glukosa, susu bubuk, garam, perisa sintetik manis, enzim protease. Kandungan zat makanan: lemak, protein, karbohidrat, gula, natrium.
Mi instan Tepung terigu, telur, minyak Karbohidrat, protein, lemak
Biskuit Tepung terigu, gula, lemak nabati, telur, pati jagung Karbohidrat, protein, lemak
Sarden Ikan sardine, saus tomat, gula Lemak, protein, karbohidrat
Keripik kentang Kentang, minyak Lemak, protein, karbohidrat
Coklat Coklat, susu, gula Karbohidrat, protein, lemak
Puding Gula, bubuk coklat, bubuk susu Karbohidrat, protein, lemak

Apa yang perlu kamu diskusikan?

1. Apakah makanan-makanan instan tersebut cukup untuk memenuhi gizi harian kamu?

Makanan-makanan instan tidak cukup untuk untuk memenuhi gizi harian kita sebab mengandung banyak pengawet dan penguat rasa, sementara mengandung sedikit protein, vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Makanan instan memiliki kelebihan berupa praktis, namun, makanan instan memiliki kekurangan berupa kandungan gisi yang rendah.

Makanan instan banyak mengandung pengawet dan penguat rasa (seperti MSG) agar makanan instant ini tahan lama dan enak dimakan. Namun sedikit mengandung protein, mineral dan vitamin yang diperlukan tubuh.

Sehingga, orang yang memakan makanan instan saja atau terlalu banyak akan memiliki resiko kekurangan gizi.

2. Bagaimana caranya agar kamu dapat memenuhi kebutuhan gizi harian kamu?

  • Makan secara teratur 3 kali sehari dengan gizi seimbang lebih banyak dari biasanya dan ditambah 2 kali makanan kecil (biskuit yang mengandung keju dan susu, minuman yoghurt, jus buah). Gizi seimbang adalah susunan hidangan sehari yang mengandung zat gizi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral) dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk dapat hidup sehat secara optimal.
  • Meningkatkan asupan protein dan karbohidrat sangat baik untuk meningkatkan berat badan. Makan lebih banyak makanan sumber energi dan protein dari biasanya seperti roti, nasi, umbi-umbian, ikan, daging, tempe, tahu.
  • Berolahraga secara teratur. Beberapa jam setelah olahraga biasanya akan terasa lapar sehingga meningkatkan nafsu makan, yang tentunya berguna untuk menaikkan berat badan. Jenis olah raga pun tidak perlu yang sulit atau terlalu berat. Berjalan kaki selama 30 menit secara teratur sudah cukup untuk menjaga keseimbangan tubuh.
  • Istirahat yang cukup agar energi Anda tidak banyak terbuang percuma.
  • Memperbanyak minum air putih.

Apa yang dapat kamu simpulkan?

Berdasarkan hasil identifikasi dan diskusi yang telah kamu lakukan, apa yang dapat kamu simpulkan?

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam makanan instan belum dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Sehingga, kita perlu mengonsumsi berbagai jenis sayuran, daging, buah, dan susu serta makan makanan bergizi seimbang lainnya.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 4.1 Mengidentifikasi Bahan Makanan pada Produk Kemasan Halaman 157-158 Bab 4 (Sistem Pencernaan Manusia)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 4.1 Mengidentifikasi Bahan Makanan pada Produk Kemasan Halaman 157-158 Bab 4 (Sistem Pencernaan Manusia). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kamu memanaskan air dalam panci aluminium dengan kompor gas. Benda apa saja yang menerima kalor pada pemanasan itu? Jelaskan!

[Kunci Jawaban] Kamu memanaskan air dalam panci aluminium dengan kompor gas. Benda apa saja yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!