Breaking News

Aktivitas 4.1 Gejala Listrik Statis

Natural Science Questions and Answers for Class 9 Curriculum 2013 Revised 2018 Activity 4.1 Symptoms of Static Electricity Pages 165-166 Chapter 4 (Static Electricity in Everyday Life) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas 4.1 Gejala Listrik Statis Halaman 165-166 Bab 4 (Listrik Statis dalam Kehidupan Sehari-hari) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Lakukan

Aktivitas 4.1 Gejala Listrik Statis

Apa yang kamu perlukan?

  1. 2 buah sisir plastik atau penggaris plastik yang masih baru
  2. 2 buah kaca atau gelas kaca
  3. 2 utas tali/benang sepanjang 30 cm
  4. 2 buah statif
  5. Rambut kering

Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Gantunglah dua sisir atau penggaris plastik pada dua statif dengan menggunakan tali. Atur jarak kedua sisir kurang lebih 5 cm. Perhatikan Gambar 4.1!
  2. Gosokkan dua sisir atau penggaris plastik tersebut ke rambut kering, kemudian biarkan keduanya tergantung bebas. Amati dan catat peristiwa yang terjadi pada kedua sisir!
  3. Lakukan langkah 1 dan 2 dengan menggunakan batang kaca atau gelas kaca.
  4. Gantunglah satu sisir plastik dan satu kaca masing-masing pada statif!
  5. Gosokkan sisir dan batang kaca pada rambut kering, kemudian biarkan sisir dan batang kaca tergantung bebas. Amati dan catat peristiwa yang terjadi pada sisir dan batang kaca!

Apa yang perlu kamu diskusikan?

1. Bandingkan hasil pengamatan kegiatan 1-2 terhadap kegiatan 3! Mengapa hal tersebut terjadi?

Dua sisir yang telah digosok ke rambut kering ketika didekatkan keduanya saling tolak menolak. Hal tersebut terjadi karena kedua sisir memiliki jenis muatan listrik sama yaitu bermuatan negatif. Begitu pula dengan dua batang kaca yang telah digosok ke rambut kering ketika didekatkan keduanya saling tolak menolak. Hal tersebut terjadi karena kedua sisir memiliki jenis muatan listrik sama yaitu bermuatan positif.

2. Bandingkan hasil pengamatan kegiatan 5 dengan hasil kegiatan nomor 1. Jelaskan mengapa hal tersebut terjadi?

Sisir yang telah digosok ke rambut kering ketika didekatkan dengan batang kaca yang telah digosok ke rambut kering akan tarik-menarik. Hal tersebut disebabkan jenis muatan pada sisir dan batang kaca berbeda, sisir bermuatan negatif sedangkan batang kaca bermuatan positif.

Apa yang dapat kamu simpulkan?

Berdasarkan percobaan dan diskusi yang telah kamu lakukan, apa yang dapat kamu simpulkan?

Apabila kedua benda yang didekatkan memiliki jenis muatan listrik yang sama maka kedua benda akan tolak-menolak.

Apabila kedua benda yang didekatkan memiliki jenis muatan listrik yang berbeda maka kedua benda akan tarik menarik.

Sisir plastik yang digosokkan pada rambut kering akan bermuatan negatif karena sisir kelebihan elektron (elektron dari rambut berpindah ke sisir plastik).

Sementara itu, kaca yang digosokkan pada rambut kering akan bermuatan positif karena kaca kekurangan elektron (elektron dari kaca berpindah ke rambut yang kering). Oleh sebab itu, kedua sisir plastik atau kedua batang kaca akan tolak-menolak apabila didekatkan, tetapi sisir plastik dan batang kaca akan tarik-menarik apabila didekatkan.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas 4.1 Gejala Listrik Statis Halaman 165-166 Bab 4 (Listrik Statis dalam Kehidupan Sehari-hari)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas 4.1 Gejala Listrik Statis Halaman 165-166 Bab 4 (Listrik Statis dalam Kehidupan Sehari-hari). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Sebagaimana diketahui energi yang dihasilkan untuk satu gram lemak lebih besar dibandingkan dengan energi yang dihasilkan oleh 1 gram karbohidrat. Namun, karbohidrat dijadikan sebagai sumber energi utama. Bagaimana analisis kamu mengenai hal tersebut? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Sebagaimana diketahui energi yang dihasilkan untuk satu gram lemak lebih besar dibandingkan dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!