Breaking News

Aktivitas 3.4 Mengamati Struktur Anatomi Akar Tumbuhan

Questions and Answers for Natural Science Class 8 Curriculum 2013 Revised 2017 Activity 3.4 Observing the Anatomical Structure of Plant Root Pages 127-128 Chapter 3 (Structure and Function of Plants) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 3.4 Mengamati Struktur Anatomi Akar Tumbuhan Halaman 127-128 Bab 3 (Struktur dan Fungsi Tumbuhan) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Lakukan

Aktivitas 3.4 Mengamati Struktur Anatomi Akar Tumbuhan

Apa yang kamu perlukan?

  1. Mikroskop
  2. Silet
  3. Nampan
  4. Kecambah kacang tanah/kacang hijau umur 7-14 hari
  5. Kecambah jagung umur 7-14 hari
  6. Kaca benda dan kaca penutup
  7. Pipet tetes
  8. Air

Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Amatilah bentuk akar pada kecambah kacang hijau dan kecambah jagung.
  2. Identifikasilah, apakah akar yang diamati termasuk sistem perakaran serabut atau sistem perakaran tunggang?
  3. Buatlah sayatan melintang pada akar dari tumbuhan kacang tanah dan jagung menggunakan silet! Usahakan irisan setipis mungkin dan berhati-hatilah ketika menggunakan silet, karena dapat melukai tanganmu.
  4. Letakkan sayatan akar pada kaca benda, kemudian tetesi dengan air.
  5. Tutuplah kedua kaca benda tersebut dengan kaca penutup.
  6. Amatilah kedua preparat yang telah dibuat menggunakan mikroskop dengan perbesaran 40 kali.
  7. Gambarkan bagian-bagian yang teramati dan beri keterangan jaringan yang kamu amati.
  8. Bandingkan struktur jaringan pada organ akar yang kamu amati dengan gambar yang ada pada buku.
  9. Catatlah data pengamatan pada Tabel 3.4!

Tabel 3.4 Hasil Pengamatan Struktur Akar Tumbuhan

Organ Tumbuhan yang Diamati Gambar Morfologi Akar Sistem Perakaran (serabut/tunggang) Gambar Atanomi Akar
Akar kacang hijau Akar Tunggang
Akar jagung Akar Serabut

Apa yang perlu kamu diskusikan?

1. Jaringan apa sajakah yang menyusun akar?

Tumbuhan Kacang Tanah ( Dikotil)

a) Epidermis atau eksodermis akar tumbuhan dikotil letak epidermis akar ini di bagian terluar akar. Fungsi Epidermis atau eksodermis akar tumbuhan dikotil : Jalan masuk air dan garam mineral.

b) Korteks akar tumbuhan dikotil letak korteks akar–akar ini didaerah di sebelah dalam epidermis. Fungsi korteks akar tumbuhan dikotil : tempat menyimpan cadangan makanan.

c) Endodermis akar tumbuhan dikotil letak Endodermis akar ini dilapisan sebelah dalam korteks dan di luar perisikel. Fungsi Endodermis akar tumbuhan dikotil : Mengatur masuknya air tanah ke dalam pembuluh. Menyimpan zat makanan.

d) Perisikel akar tumbuhan dikotil letak Perisikel akar ini di sebelah dalam lapisan endodermis. Fungsi Perisikel akar tumbuhan dikotil : Membentuk cabang akar dan cambium gabus.

e) Xilem akar tumbuhan dikotil letak Perisikel akar ini dibagian tengah akar. Fungsi Xilem akar tumbuhan dikotil :Mengangkut air dan garam mineral dari tanah menuju daun.

f) Floem akar tumbuhan dikotil letak Perisikel akar ini di antara jari – jari yang dibentuk oleh xilem. Fungsi Perisikel akar tumbuhan dikotil : Mengangkut zat makanan yang dibuat daun menuju keseluruh bagian tumbuhan.

g) Empulur akar tumbuhan dikotil letak Perisikel akar ini dibagian tengah. Di antara bangunan bentuk bintang di dalam xilem. Fungsi Perisikel akar tumbuhan dikotil : Menyimpan makanan cadangan.

Tumbuhan Jagung ( Monokotil)

a) Epidermis, korteks, dan perisikel memiliki struktur, lokasi, dan fungsi seperti pada akar tanaman Dikotil.

b) Fungsi xylem dan floem sama seperti pada tanaman Dikotil, tetapi letak keduanya saling berdekatan karena tidak memiliki kambium.

c) Empulur, terletak di bagian tengah serta dikelilingi xylem dan floem yang berselang-seling.

2. Sebutkan perbedaan jaringan yang menyusun akar pada tumbuhan kacang hijau dan jagung!

  • Kacang tanah

Pembuluh teratur, diantara xylem dan floem terdapat kambium, akar tunggang, tidak memiliki tudung akar.

  • Jagung

Pembuluh tidak teratur, Diantara xylem dan floem tidak terdapat kambium, akar serabut, memiliki tudung akar.

Apa yang dapat kamu simpulkan?

Berdasarkan pengamatan dan diskusi yang telah kamu lakukan, apa yang dapat kamu simpulkan?

Masing-masing tumbuhan memiliki jaringan pengangkut yang berbeda – beda sesuai dengan jenis tumbuhan itu (monokotil / dikotil). Contohnya pada tumbuhan jagung (monokotil) yang memiliki jaringan pengangkut yang tidak teratur, sedangkan tumbuhan kacang tanah (dikotil) memiliki jaringan pengangkut yang teratur.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 3.4 Mengamati Struktur Anatomi Akar Tumbuhan Halaman 127-128 Bab 3 (Struktur dan Fungsi Tumbuhan)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 3.4 Mengamati Struktur Anatomi Akar Tumbuhan Halaman 127-128 Bab 3 (Struktur dan Fungsi Tumbuhan). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini a. Rumuskan masalah yang sesuai dengan tabel di atas! b. Berdasarkan masalah dan data tabel tersebut, apa kesimpulannya?

[Kunci Jawaban] Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini a. Rumuskan masalah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!