Aktivitas 3.2 Menyelidiki Adanya Amilum sebagai Hasil Fotosintesis

Questions and Answer Key Natural Sciences Grade 8 Curriculum 2013 3.2 Revision 2017 Activities Investigating presence of starch as a Result of Photosynthesis Pages 114-116 Chapter 3 (Structure and Function of Plants) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 3.2 Menyelidiki Adanya Amilum sebagai Hasil Fotosintesis Halaman 114-116 Bab 3 (Struktur dan Fungsi Tumbuhan) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Lakukan

Aktivitas 3.2 Menyelidiki Adanya Amilum sebagai Hasil Fotosintesis

Apa yang perlu kamu siapkan?

  1. 1 buah gelas kimia besar
  2. 1 buah gelas kimia kecil atau tabung reaksi
  3. Daun lamtoro/petai cina (Sesbania grandiflora) atau daun tumbuhan lainnya yang terdapat di lingkungan sekitarmu.
  4. Iodium (Iod KI) secukupnya
  5. Aluminium foil
  6. Cawan petri
  7. Alkohol secukupnya
  8. Air secukupnya
  9. 1 buah pembakar spiritus
  10. Kaki tiga
  11. Penjepit

Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan!
  2. Pada sore hari tutuplah sebagian daun lamtoro dengan menggunakan aluminium foil atau kertas timah. Perhatikan Gambar 3.7a! Petiklah daun setelah ditutup selama 6 – 12 jam.
  3. Bukalah aluminium foil yang menutupi daun.
  4. Rebuslah air pada gelas kimia terlebih dahulu, ketika sudah mendidih masukkan daun sampai layu lebih kurang 13 menit (perebusan dilakukan untuk mematikan sel-sel pada daun). Perhatikan Gambar 3.7b. Berhati-hatilah dalam merebus daun!
  5. Tiriskan dan masukkan daun tersebut ke dalam gelas kimia kecil atau tabung reaksi yang sudah diberi alkohol. Pencelupan ke dalam alkohol bertujuan untuk melarutkan klorofil sehingga daun berwarna pucat.
  6. Letakkan alkohol pada meja yang berbeda dengan meja praktikum, agar jauh dari sumber api. Pada waktu akan mematikan pembakar spiritus jangan ditiup, tetapi dilakukan dengan menutupkan spiritus dengan penutupnya.
  7. Masukkan gelas kimia kecil atau tabung reaksi yang berisi alkohol tersebut ke dalam gelas kimia besar yang berisi air yang sudah dipanaskan! Perhatikan Gambar 3.7c.
  8. Tunggu sampai warna alkohol menjadi hijau tua dan warna daun menjadi hijau muda!
  9. Setelah itu, angkat daun dari gelas kimia kecil atau tabung reaksi yang berisi alkohol, kemudian letakkan daun di wadah, dan teteskan iodium pada daun tersebut!
  10. Amatilah perbedaan yang tampak pada daun yang ditutup dan terbuka tersebut!
  11. Lakukan setiap langkah kerja dengan cermat dan hati-hati!

Apa yang perlu kamu diskusikan?

1. Bagaimanakah warna daun yang ditutup (tidak mengalami fotosintesis) setelah ditetesi iodium? Bandingkan dengan warna daun yang tidak ditutup!

Setelah ditetesi iodium, daun yang ditutup berwarna pucat, sedangkan daun yang terbuka berwarna hitam. Hal ini menunjukkan bahwa proses fotosintesis menghasilkan amilum (karbohidrat).

2. Daun yang ditetesi Iodium menjadi berwarna hitam, hal ini menunjukkan adanya amilum. Daun manakah yang mengandung amilum?

Daun yang mengandung amilum adalah daun yang terbuka.

Hal ini dikarenakan daun yang terbuka dapat melakukan proses fotosintesis dengan baik karena daun yang terbuka dapat dengan mudah mendapatkan cahaya matahari secara langsung yang merupakan hal yang dibutuhkan tumbuhan untuk melakukan proses fotosintesis.

Proses fotosintesis pada tumbuhan hanya dapat terjadi apabila tumbuhan tersebut memperoleh sinar matahari yang cukup. Proses fotosintesis tersebut dapat menghasilkan zat amilum (karbohidrat).

3. Tulislah laporan hasil percobaanmu pada kertas folio, lalu kumpulkan kepada guru untuk diperiksa!

4. Coba bayangkan betapa hebatnya Tuhan menciptakan tumbuhan, sinar matahari, air, udara, dan merancang segala proses yang terjadi yang sangat bermanfaat bagi kehidupanmu.

Apa yang dapat kamu simpulkan?

Berdasarkan percobaan dan diskusi yang telah kamu lakukan, apa yang dapat kamu simpulkan?

Dari data diatas dapat kita simpulkan bahwa proses fotosintesis pada tumbuhan hanya dapat terjadi apabila tumbuhan tersebut memperoleh sinar matahari yang cukup. Proses fotosintesis tersebut dapat menghasilkan zat amilum (karbohidrat).

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 3.2 Menyelidiki Adanya Amilum sebagai Hasil Fotosintesis Halaman 114-116 Bab 3 (Struktur dan Fungsi Tumbuhan)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 3.2 Menyelidiki Adanya Amilum sebagai Hasil Fotosintesis Halaman 114-116 Bab 3 (Struktur dan Fungsi Tumbuhan). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya?

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya? Pertanyaan: 3. Kalor lebur es …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!