Aktivitas 3.2 Mengidentifikasi Kromosom Laki-Laki dan Perempuan

Natural Science Questions and Answers for Class 9 Curriculum 2013 Revised 2018 Activity 3.2 Identifying Male and Female Chromosomes Pages 129-131 Chapter 3 (Inheritance of Traits in Living Things) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas 3.2 Mengidentifikasi Kromosom Laki-Laki dan Perempuan Halaman 129-131 Bab 3 (Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Lakukan

Aktivitas 3.2 Mengidentifikasi Kromosom Laki-Laki dan Perempuan

Perhatikanlah Gambar 3.8! Gambar 3.8 menunjukkan foto dari kromosom-kromosom yang menyusun sel-sel tubuh (sel somatik) manusia dan kromosom pada sel kelamin (sel gamet). Susunan kromosom pada sel-sel yang sudah diurutkan berdasarkan ukuran dan bentuknya tersebut disebut dengan kariotipe.

Dari kariotipe tersebut coba jawablah pertanyaan berikut.

1. Berapakah jumlah kromosom penyusun sel tubuh manusia?

Jumlah kromosom penyusun sel tubuh manusia adalah 46 buah.

2. Apakah kromosom-kromosom tersebut berpasangan?

Kromosom pada tubuh manusia tersebut berpasangan tetapi pada sel somatis (sel tubuh). Contoh sel tubuh adalah sel saraf, sel epitel, sel tulang, sel darah.

3. Adakah perbedaan kromosom penyusun tubuh perempuan dan laki-laki? Kalau ada, apa perbedaannya? Untuk mempermudah menjawab pertanyaan ini, perhatikan kromosom yang terdapat di dalam kotak!

Terdapat perbedaan kromosom penyusun tubuh perempuan dan laki-laki. Perbedaan terletak pada jenis kromosom gonosom pada sel somatis yaitu pada perempuan terdapat XX dan pada laki-laki adalah XY.

4. Berapa jumlah kromosom pada sel sperma?

Jumlah kromosom pada sel sperma yaitu 23 buah kromosom.

5. Apakah kromosom sel sperma dan sel ovum dalam keadaan berpasangan?

Kromosom sel sperma dan sel ovum tidak dalam keadaan berpasangan.

Kariotipe adalah susunan jumlah dan jenis kromosom pada makhluk hidup. Contoh pada manusia terdiri 46 kromosom. Maka kariotipe kromosom pada:

  1. Sel somatis/tubuh (46) = 44 Autosom + 2 Gonosom
  2. Sel somatis / tubuh Pria (46) = 44 A + XY dapat ditulis 22 AA + XY.
  3. Sel somatis / tubuh wanita (46) = 44A + XX dapat ditulis 22 AA + XX

Pada jumlah Autosom dapat ditulis AA karena kromosom di somatis bertipe 2n atau berpasangan.

  1. Sel kelamin/gonosom (23) = 22 Autosom + 1 gonosom
  2. Sel sperma (23) = 22 A + X dan 22 A + Y
  3. Sel ovum (23) = 22 A + X

Pada jumlah Autosom tidak dapat ditulis 11AA karena kromosom pada sel gamet bertipe n atau tidak berpasangan.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas 3.2 Mengidentifikasi Kromosom Laki-Laki dan Perempuan Halaman 129-131 Bab 3 (Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas 3.2 Mengidentifikasi Kromosom Laki-Laki dan Perempuan Halaman 129-131 Bab 3 (Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apa perbedaan antara suhu dan kalor?

[Kunci Jawaban] Apa perbedaan antara suhu dan kalor? Pertanyaan: Apa perbedaan antara suhu dan kalor? …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!