Breaking News

Aktivitas 3.1 Mengidentifkasi Organ Penyusun Tumbuhan beserta Fungsinya

Questions and Answer Key Natural Sciences Grade 8 curriculum in 2013 Revised 2017 Activities 3.1 Identifying Organ Functions Authors Plant along with 108-109 page Chapter 3 (Structure and Function of Plants) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 3.1 Mengidentifkasi Organ Penyusun Tumbuhan beserta Fungsinya Halaman 108-109 Bab 3 (Struktur dan Fungsi Tumbuhan) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~Aktivitas 3.1 Mengidentifkasi Organ Penyusun Tumbuhan beserta Fungsinya

Ayo Kita Lakukan

Aktivitas 3.1 Mengidentifkasi Organ Penyusun Tumbuhan beserta Fungsinya

Apa yang kamu perlukan?

  1. Tumbuhan bayam (Amaranthus sp.), tumbuhan pacar air (Impatiens balsamina), kangkung ‘(Ipomoea reptans), atau tanaman lainnya lengkap dengan akar, batang, dan daun.
  2. Jahe/kunyit/lengkuas
  3. Kentang
  4. Wortel
  5. Singkong
  6. Tumbuhan kaktus/tumbuhan buah naga

Apa yang harus kamu lakukan?

1. Bersama kelompokmu, amati dan deskripsikan ciri-ciri umum dari akar, batang, dan daun dari tumbuhan bayam, pacar air, atau kangkung.

Hasil Identifikasi Organ Penyusun pada Tumbuhan Kangkung :

Organ A : Akar

Fungsi akar : Menambatkan tubuh tumbuhan pada tanah dan menyerap air serta mineral dalam tanah. Akar kangkung memiliki banyak percabangan kecil ke arah samping, sehingga nampak seperti akar serabut. Namun, sebenarnya akar kangkung termasuk jenis akar tunggang.

Organ B : Batang

Fungsi batang : Menyokong bagian tumbuhan yang berada di atas tanah, dan sebagai jalan pengangkut air dan mineral dari akar menuju daun.

Batang kangkung bulat dan berlubang, berbuku-buku, banyak mengandung air (herbacious), dari buku-bukunya mudah sekali keluar akar. Memiliki percabangan yang banyak dan setelah tumbuh lama batangnya akan merayap (menjalar)

Organ C : Daun

Fungsi daun : Alat untuk mengambil gas karbondioksida (CO2) yang digunakan sebagai sumber dalam fotosintesis, mengatur penguapan air (transpirasi), dan pernapasan (respirasi) tumbuhan.

Kangkung memiliki tangkai daun melekat pada buku-buku batang dan di ketiak daunnya terdapat mata tunas yang dapat tumbuh menjadi percabangan baru. Bentuk daun umumnya runcing ataupun tumpul, permukaan daun sebelah atas berwarna hijau tua, dan permukaan daun bagian bawah berwarna hijau muda.

Organ D : Bunga

Fungsi bunga : Alat reproduksi generatif pada tumbuhan.

Bunganya menyerupai terompet dan daun mahkota bunga berwarna putih atau merah lembayung.

Hasil Identifikasi Organ Penyusun pada Tumbuhan Bayam :

Akar : Tanaman bayam mempunyai akar perdu (terma), Akar tanaman bayam ini termasuk akar tunggang serta mempunyai serabutan dibagian atasnya.

Batang :  Tanaman bayam mempunyai batang tumbuh dengan tegak, tidak tipis serta banyak terkandung air serta mempunyai cabang monodial. Batang bayam berwarna kecoklatan, abu-abu serta mempunyai duri halus dibagian pangkal ujung batang tanaman bayam.

Daun : Tanaman ini mempunyai daun tunggal, berwarna hijau muda serta tua, berupa bulat memanjang dan oval.

Memiliki bunga berwarna hijau tua dan memiliki ukuran yang kecil serta tumbuh di ketiak daun yang tersusun tegak.

Hasil Identifikasi Organ Penyusun pada Tumbuhan Pacar Air :

Akar : Tanaman pacar air mempunyai akar perdu (terma), Akar tanaman bayam ini termasuk akar tunggang serta mempunyai serabutan dibagian atasnya.

Batang : Batang tanaman pacar iar berair , tebal namun tidak berkayu,

Daun : Daunnya berbentuk mata tombak , hingga kepangkal mempunyai gerigi yang sangat tajam

Bunganya terdiri dari beragam warna menarik seperti merah, pink, putih hingga ungu. Tanaman ini menghasilkan buah yang terdapat banyak bji di dalamnya, buahnya berbentuk lonjong dan jika disentuh akan ‘meletus’ dan mengeluarkan biji berbentuk bulat berwarna hitam.

2. Jelaskan fungsi dari masing-masing organ yang telah kamu amati!

Apa yang perlu kamu diskusikan?

1. Bersama kelompokmu amatilah rimpang jahe/kunyit/lengkuas, kentang, wortel, dan singkong! Apakah termasuk batang, akar, atau daun? Kemukakan alasanmu!

  • Rimpang adalah modifikasi batang tumbuhan yang menjalar dibawah permukaan tanah dan dapat menghasilkan tunas dan akar baru.
  • Kentang merupakan umbi batang.
  • Umbi batang adalah batang yang tumbuh membesar karena berisi cadangan makanan.
  • Wortel dan Singkong merupakan umbi akar.
  • Umbi akar adalah akar yang tumbuh membesar karena berisi cadangan makanan.

Jadi jahe , kunyit, lengkuas,  merupakan batang bukan akar meskipun berada dalam tanah, sedangkan untuk kentang , wortel dan singkong merupakan umbi , bukan akar.

2. Bersama kelompokmu amatilah tanaman kaktus/buah naga. Apakah tanaman kaktus/buah naga memiliki daun? Di manakah tempat fotosintesis tanaman kaktus?

Tanaman Kaktus dan Buah naga memiliki daun yg termodifikasi menjadi duri.

Tanaman ini mempunyai batang yg menggembung berisi air yg mengandung klorofil (zat hijau daun) dan kutikula (lapisan lilin).

Tempat fotosintetis dari tanaman ini adalah pada lapisan klorofil yg berada di batang.

Tujuan dari Daun yg termodifikasi menjadi duri ialah mengurangi penguapan.

Apa yang dapat kamu simpulkan?

Berdasarkan pengamatan dan diskusi yang telah kamu lakukan, apa yang dapat kamu simpulkan?

Organ vegetatif tumbuhan  berpembuluh terdiri atas akar, batang, dan daun. Organ vegetatif merupakan organ tumbuhan yang berfungsi untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan, terutama berguna untuk penyerapan, pengolahan, pengangkutan, dan penimbunan zat-zat makanan.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 3.1 Mengidentifkasi Organ Penyusun Tumbuhan beserta Fungsinya Halaman 108-109 Bab 3 (Struktur dan Fungsi Tumbuhan)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 3.1 Mengidentifkasi Organ Penyusun Tumbuhan beserta Fungsinya Halaman 108-109 Bab 3 (Struktur dan Fungsi Tumbuhan). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Jika a : b = 3 : 4, maka (6a + b) : (4a + 5b) adalah ….

[Kunci Jawaban] Jika a : b = 3 : 4, maka (6a + b) : …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!