Breaking News

Aktivitas 3.1 Mengidentifikasi Sifat-Sifat Anggota Keluarga

Natural Science Questions and Answers for Class 9 Curriculum 2013 Revised 2018 Activity 3.1 Identifying Characteristics of Family Members Pages 125-128 Chapter 3 (Inheritance of Traits in Living Things) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas 3.1 Mengidentifikasi Sifat-Sifat Anggota Keluarga Halaman 125-128 Bab 3 (Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Lakukan

Aktivitas 3.1 Mengidentifikasi Sifat-Sifat Anggota Keluarga

Apa yang akan kamu lakukan?

Pada kegiatan ini, kamu akan mengidentifikasi ciri apa saja yang ada pada anggota keluargamu. Masing-masing ciri tersebut dikode oleh suatu gen yang terkandung dalam DNA.

Apa yang kamu perlukan ?

Foto anggota keluarga lengkap (ayah, ibu, kakak atau adik, kamu)

Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Buatlah kelompok dengan anggota empat orang.
  2. Perhatikanlah foto anggota keluargamu masing-masing.
  3. Tulislah pada tabel yang disediakan ciri apa saja yang dapat kamu temukan pada anggota keluargamu.
  4. Kamu boleh bertanya kepada orang tuamu untuk melengkapi data yang kamu perlukan.
  5. Selanjutnya kamu dapat bertanya kepada anggota dalam kelompokmu mengenai ciri keluarganya sesuai dengan pertanyaan yang tersedia

Tabel 3.1 Ciri Tubuh Anggota Keluarga

Kamu dapat mengisi tabel di atas dengan menggunakan ciri berikut.

Tabel 3.2 Keterangan Ciri Tubuh Anggota Keluarga

Apa yang perlu kamu diskusikan?

1. Apa saja ciri dari ayah yang muncul padamu?

warna kulit, rambut ikal, bentuk bibir, bentuk alis

2. Apa saja ciri dari ibu yang muncul padamu?

bentuk mata, bentuk daun telinga

3. Adakah sifat pada dirimu yang merupakan gabungan dari kedua orang tuamu? Kalau ada, sebutkan!

ada, tempramental

4. Adakah teman sekelasmu yang jenis cuping kedua orang tuanya melekat? Apa jenis cuping telinga temanmu, kakak temanmu, atau adik temanmu?

tidak ada

5. Adakah teman sekelasmu yang jenis cuping kedua orang tuanya terpisah? Apa jenis cuping telinga temanmu, kakak temanmu, atau adik temanmu?

tidak ada

6. Adakah teman sekelasmu yang ayahnya memiliki cuping telinga melekat sedangkan ibu memiliki cuping telinga yang terpisah atau sebaliknya? Apa jenis cuping telinga temanmu, kakak temanmu, atau adik temanmu?

tidak ada

7. Adakah teman sekelasmu yang ayahnya memiliki rambut yang keriting sedangkan ibu memiliki rambut yang lurus atau sebaliknya? Apa bentuk rambut temanmu?

round lobe

8. Coba diskusikan dengan teman sebangkumu, mengapa pada beberapa bagian tubuhmu memiliki ciri mirip ayah dan pada beberapa bagian yang lain mirip ciri dari ibu?

Pada saat pembuahan, sel telur dari ibu dan sel sperma dari ayah akan melebur. Pada pembuahan ini sebagian kromosom ayah dan sebagian kromosom ibu akan mengalami pindah silang dan bersatu. Kromosom inilah yang mengandung gen pembawa karakteristik, sehingga individu baru hasil pembuahan akan membawa karakteristik dari sebagian kromosom ayah dan sebagian kromosom ibu.

Apa yang dapat kamu simpulkan?

Berdasarkan kegiatan dan diskusi yang telah kamu lakukan, apa yang dapat kamu simpulkan?

Pada beberapa bagian tubuh memiliki karakteristik mirip ayah dan pada beberapa bagian yang lain mirip karakteristik dari ibu karena terjadi penggabungan materi genetik dan sifat dari ayah dan ibu saat terjadi perkembangan generatif.

Makhluk hidup dapat berkembang biak dengan cara vegetatif (tak kawin, atau aseksual) maupun generatif (kawin atau seksual).

Perkembangan generatif (seksual atau kawin) adalah perkembangan yang dihasilkan dari pembuahan sel kelamin betina (ovum) pada tanaman oleh sel kelamin jantan. Misalnya adalah pembuahan sel telur oleh sel sperma pada manusia

Dengan adanya pembuahan ini terjadi penggabungan materi genetik. Penggabungan ini menyebabkan bergabungnya genotip dan fenotip pada anak yang dihasilkan.

Misalnya, anak dari orang tua bergolongan darah A dan B dapat memiliki anak yang bergolongan darah A, B, atau AB. Demikian pula orang tua dengan rambut ikal dan lurus dapat memiliki anak dengan rambut yang merupakan kombinasi dari sifat ini.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas 3.1 Mengidentifikasi Sifat-Sifat Anggota Keluarga Halaman 125-128 Bab 3 (Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas 3.1 Mengidentifikasi Sifat-Sifat Anggota Keluarga Halaman 125-128 Bab 3 (Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Sebagaimana diketahui energi yang dihasilkan untuk satu gram lemak lebih besar dibandingkan dengan energi yang dihasilkan oleh 1 gram karbohidrat. Namun, karbohidrat dijadikan sebagai sumber energi utama. Bagaimana analisis kamu mengenai hal tersebut? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Sebagaimana diketahui energi yang dihasilkan untuk satu gram lemak lebih besar dibandingkan dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!