Breaking News

Aktivitas 2.7 Tabel 2.4 Hasil Telaah Ketaatan terhadap Norma yang Berlaku

Questions and Answers for PPKN Class 7 Curriculum 2013 2016 Revision Activity 2.7 Table 2.4 Results of Compliance Study of Applicable Norms Pages 56-57 Chapter 2 (Norms and Justice) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Aktivitas 2.7 Tabel 2.4 Hasil Telaah Ketaatan terhadap Norma yang Berlaku  Halaman 56-57 Bab 2 (Norma dan Keadilan) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

Aktivitas 2.7

Coba kalian secara kelompok melakukan kajian terhadap peraturan yang berlaku di lingkungan sekolah, pergaulan, masyarakat, serta bangsa dan negara dengan langkah-langkah sebagai berikut.

1. Amati dan pelajari perbuatan mentaati dan melanggar norma yang terjadi dalam lingkungan sekolah, pergaulan, masyarakat, bangsa dan negara. Pilih beberapa perbuatan yang memiliki tema sama, seperti membuang sampah pada tempatnya, berpakaian seragam sekolah rapi, dan memakai helm saat mengendarai sepeda motor, dan sebagainya.

2. Lakukan wawancara dan carilah dari berbagai sumber (koran, majalah, internet) untuk memperoleh informasi lengkap sesuai tema tentang perbuatan yang mentaati dan melanggar peraturan, mengapa perbuatan tersebut dilakukan, apa akibat dari perbuatan tersebut, dan bagaimana agar peraturan ditaati dan tidak terjadi pelanggaran kembali. Buatlah kesimpulan dari informasi yang kalian peroleh.

3. Susun laporan hasil telaah secara tertulis, dan sajikan di depan kelas. Lengkapi dengan gambar atau rekaman video agar lebih menarik. Kembangkan kreativitas kalian. Untuk membantu kalian mengolah data, kalian dapat mengisi tabel berikut.

Tabel 2.4 Hasil Telaah Ketaatan terhadap Norma yang Berlaku

No. Perbuatan Alasan Akibat Upaya
1. Berkata Tidak Sopan Karena benci,terbiasa dan malas untuk berkata sopan. Masyarakat disekitarnya akan timbul perasaan benci terhadapnya Orang yang melakukan perbuatan tersebut harus lebih mendapatkan pengajaran kesopanan dimanapun ia berada
2. Mencemooh agama lain Karena iri terhadap agama lain Orang yang dicemoh merasa sakit hati dan akhirnya menimbulkan kebencian satu sama lain. Orang itu harus lebih beragama dan mengetahui sikap saling menghargai antar semua umat beragama.
3. Melanggar Lalu Lintas Karena terburu-buru Terjadi Kecelakaan Lebih mempertegas sanksi pelanggaran lalu lintas
4. Melawan ke orang yang lebih tua Karena marah Orang itu akan merasa tidak dihargai. Orang yang melawan orang tua itu harus mengetahui norma kesusilaan dan kesopanan lebih dalam.
5. Berbicara Kasar Karena sedang marah Berdosa dan dapat dimarahi dan menyinggung orang lain. Mengendalikan dan menahan amarah untuk menjadi orang yang lebih sabar.
6. Merokok di Sekolah Karena terbawa oleh pergaulan yang buruk Dimarahi dan dihukum oleh guru dan dapat dikeluarkan oleh sekolah. Harus bisa menjaga diri dalam pergaulan dan tidak mengikuti perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri.
7. Berbohong kepada orang lain Karena takut orang tersebut marah dan kecewa terhadap perbuatan kita. Tidak dapat dipercaya lagi oleh orang lain Lebih belajar mendengarkan kata hati dan lebih memberanikan berbicara/berbuat sesuai dengan kenyataannya.

Kesimpulan :

Jadi, kita harus menjadi individu yang bertindak sesuai norma yang berlaku di masyarakat,sekolah, dan agama. Penerapan norma di lingkungan keluarga memiliki tujuan, yaitu menciptakan keluarga yang harmonis dan sejahtera. Penerapan norma di lingkungan sekolah bertujuan untuk menciptakan lingkungan, situasi, dan kondisi belajar yang mendukung tercapainya tujuan Pendidikan. Semua norma diterapkan di tengah masyarakat untuk mengatur perilaku setiap warga serta hubungan antarwarga yang jumlahnya sangat banyak dan memiliki latar belakang yang majemuk. Adapun tujuan penerapan norma di tengah mesyarakat adalah menciptakan kehidupan yang aman, tenteram, tertib, damai, adil, sejahtera, dan harmonis.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Aktivitas 2.7 Tabel 2.4 Hasil Telaah Ketaatan terhadap Norma yang Berlaku  Halaman 56-57 Bab 2 (Norma dan Keadilan)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Aktivitas 2.7 Tabel 2.4 Hasil Telaah Ketaatan terhadap Norma yang Berlaku  Halaman 56-57 Bab 2 (Norma dan Keadilan). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal dari fosil secara berlebihan? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!