Aktivitas 2.4 Mengamati Struktur Tumbuhan Paku

Questions and Answers for Class 9 Natural Science Curriculum 2013 Revision 2018 Activities 2.4 Observing the structure of ferns Table 2.7 Observation results of the structure of fern leaves Pages 81-82 Chapter 2 (Plant and Animal Breeding System) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas 2.4 Mengamati Struktur Tumbuhan Paku Tabel 2.7 Hasil Pengamatan Struktur Daun Tumbuhan Paku Halaman 81-82 Bab 2 (Sistem Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Lakukan

Aktivitas 2.4 Mengamati Struktur Tumbuhan Paku

Apa yang akan kamu lakukan?

Kamu akan mengamati struktur daun pada tumbuhan paku

Apa yang kamu perlukan?

  1. Alat tulis
  2. Lup (kaca pembesar)
  3. Tumbuhan paku seperti Pteris, Asplenium (paku sarang burung), Adiantum (suplir), atau tumbuhan paku lain yang ada di sekitarmu.
  4. Kertas

Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Ambillah daun tumbuhan paku yang tua dan daun tumbuhan paku yang muda di lingkungan sekitarmu!
  2. Coba amati bagaimana bentuk daun tumbuhan paku yang masih muda!
  3. Gambarkan hasil pengamatanmu pada Tabel 2.7 dan cobalah deskripsikan bagaimana bentuknya!
  4. Amati dengan teliti permukaan atas dan bawah dari daun paku. Apakah terdapat perbedaan?
  5. Gambarkan permukaan atas dan bawah daun pada Tabel 2.7 dan berilah penjelasan struktur apa saja yang kamu temukan dari daun paku!

Tabel 2.7 Hasil Pengamatan Struktur Daun Tumbuhan Paku

No. Bagian Tumbuhan Paku Gambar Fungsi
1. Tumbuhan paku Tumbuhan paku merupakan kelompok tumbuhan yang memiliki sistem pembuluh sejati (Tracheophyta). Jenis tumbuhan ini juga disebut pakis-pakisan atau paku-pakuan. Tumbuhan ini tidak pernah menghasilkan biji untuk berkembang biak. Tumbuhan ini masih dapat bertahan hidup, meski hanya tersisa tunas saja.

Merupakan tumbuhan Tracheophyto (berpembuluh) yang paling sederhana karena memiliki xylem dan floem. Merupakan tumbuhan kromofita karena sudah memiliki akar, batang, dan daun. Hidup di tempat lembab (higrofit) dan berjumlah sangat banyak serta dapat hidup secara epifit (menempel). Tumbuhan paku ada yang mengandung spora ada yang tidak. Tumbuhan paku dapat berkembang biak secara aseksual, yaitu secara: Pembentukan tunas, contohnya pada Asplenium. Pembentukan umbi batang, contohnya pada semanggi (Marsilea). Fragmentasi, contohnya pada Pteredium. Dalam siklus hidup (metagenesis) terdapat fase sporofit, yaitu tumbuhan paku itu sendiri. Biasanya daun tumbuhan paku menggulung dan bersisik saat masih muda. Merupakan tumbuhan fotoautotrof karena memiliki klorofil.

2. Permukaan atas daun paku Permukaan atas yang disebut juga daun tropofil, tidak memiliki spora, berwarna hijau karena mengandung klorofil, bisa berbentuk helaian, rambut atau sisik. permukaan bawah yang disebut juga daun sporofil memiliki sorus, yaitu kumpulan bulatan kecil berwarna cokelat yang mengandung banyak sporangium. Pada sporangium terdapat sel penutup yang berbentuk seperti cincin yang disebut dengan annulus. Sorus dilindungi oleh selaput yang disebut indusium.
3. Permukaan bawah daun paku Daun paku selalu melingkar dan menggulung ketika masih muda. Berdasarkan bentuk, ukuran, dan susunannya daun paku dibedakan menjadi 2 yaitu daun mikrofil (bentuknya kecil, tidak bertangkai, dan tidak bertulang daun) dan daun makrofil (bentuknya besar, bertangkai, bertulang daun dan bercabang-cabang).

Pada bagian permukaan bawah daun paku terdapat sorus. Sorus merupakan kumpulan sporangium. Sporangium merupakan kotak penghasil spora. Sorus ini beraneka ragam, misalnya berjajar di sepanjang tepi daun, sejajar tulang daun, zig-zag, tersebar merata membentuk noktah yang menutupi bagian permukaan daun paku.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas 2.4 Mengamati Struktur Tumbuhan Paku Tabel 2.7 Hasil Pengamatan Struktur Daun Tumbuhan Paku Halaman 81-82 Bab 2 (Sistem Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas 2.4 Mengamati Struktur Tumbuhan Paku Tabel 2.7 Hasil Pengamatan Struktur Daun Tumbuhan Paku Halaman 81-82 Bab 2 (Sistem Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apa perbedaan antara suhu dan kalor?

[Kunci Jawaban] Apa perbedaan antara suhu dan kalor? Pertanyaan: Apa perbedaan antara suhu dan kalor? …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!