Breaking News

Aktivitas 2.3 Menginvestigasi Cara Penyerbukan Bunga

Questions and Answers for Natural Science Class 9 Curriculum 2013 Revision 2018 Table 2.4 Data on Flower Pollination Observation Pages 66-67 Chapter 2 (Plant and Animal Breeding System) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tabel 2.4 Data Hasil Pengamatan Penyerbukan Bunga Halaman 66-67 Bab 2 (Sistem Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Lakukan

Aktivitas 2.3 Menginvestigasi Cara Penyerbukan Bunga

Apa yang kamu perlukan?

  1. Alat tulis
  2. Kertas manila
  3. Kamera (jika ada)

Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Buatlah kelompok yang terdiri dari 4-5 orang.
  2. Berkelilinglah di lingkungan sekolah atau di lingkungan rumahmu, tulislah beberapa bunga yang kamu temui dan catatlah hasil pengamatanmu pada Tabel 2.4.

Tabel 2.4 Data Hasil Pengamatan Penyerbukan Bunga

No. Nama Tumbuhan Karakteristik Bunga Pembantu Penyerbukan
1. Bunga matahari Warna mahkota: kuning cerah

Ukuran mahkota: besar

Keberadaan madu: memiliki madu,

Bentuk serbuk sari: serbuk sari

berbentuk bubuk dan mudah menempel

Lebah
2. Rumput ilalang Warna Mahkota bunga: Bunga tidak bermahkota dan tidak berwarna.

Ukuran bunga: kecil dan ringan, tangkai panjang

Angin
3. Bunga cangkring Warna mahkota: Mahkota berwarna cerah

Keberadaan madu: memiliki madu

Burung
4. Bunga melati Warna mahkota: mahkota putih cerah,

Keberadaan madu: memiliki madu dan berbau harum.

Serangga, seperti semut

Jawablah pertanyaan berikut!

1. Carilah informasi pada buku, majalah, artikel, atau bertanyalah pada orang yang kamu anggap tahu, berdasarkan karakteristik bunga yang kamu amati, apa sajakah perantara yang membantu penyerbukan bunga?

Penyerbukan bunga bisa dibantu kupu-kupu, semut, burung, angin, air, manusia. dll.

2. Apakah kamu menemukan tumbuhan yang dapat melakukan penyerbukan tanpa bantuan apapun?

Tidak ada tumbuhan yang mampu melakukan penyerbukan sendiri. Beberapa tumbuhan memang terlihat mampu melakukan penyerbukan sendiri. Tapi itu hanya kelihatannya saja, karena pada faktanya serbuk sari tidak dapat bergerak sendiri. Umumnya faktor abiotik yang tidak tampak seperti angin yang sebenarnya membantu proses penyerbukan.

3. Kesimpulan apa yang dapat disusun berdasarkan kegiatan yang telah kamu lakukan?

Bunga tidak dapat melakukan penyerbukan sendiri. Penyerbukan pada bungan umumnya dibantu angin, air, manusia, kupu-kupu, burung, semut, dll.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tabel 2.4 Data Hasil Pengamatan Penyerbukan Bunga Halaman 66-67 Bab 2 (Sistem Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tabel 2.4 Data Hasil Pengamatan Penyerbukan Bunga Halaman 66-67 Bab 2 (Sistem Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal dari fosil secara berlebihan? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!