Breaking News

Aktivitas 2.2 Mengidentifikasi Syarat Keseimbangan Pengungkit

Questions and Answers for Natural Science Class 8 Curriculum 2013 Revised 2017 Activities 2.2 Identifying Lever Balance Requirements Pages 88-89 Chapter 2 (Business and Simple Plane in Everyday Life) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 2.2 Mengidentifikasi Syarat Keseimbangan Pengungkit Halaman 88-89 Bab 2 (Usaha dan Pesawat Sederhana dalam Kehidupan Sehari-hari) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Lakukan

Aktivitas 2.2 Mengidentifikasi Syarat Keseimbangan Pengungkit

Jika terdapat dua orang yang memiliki berat badan berbeda, yaitu gemuk dan kurus ingin bermain jungkat-jungkit, di manakah posisi yang dapat diduduki orang yang gemuk jika orang yang kurus duduk di ujung kiri? Coba jawab pertanyaan ini dengan bantuan kegiatan berikut.

Apa yang kamu perlukan?

Set percobaan pengungkit seperti pada Gambar 2.9.

Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Susunlah set percobaan seperti pada Gambar 2.9.
  2. Tentukan sisi yang bertindak sebagai kuasa dan bertindak sebagai beban.
  3. Gantungkan beban gantung pada sisi beban dan beban gantung lain pada sisi kuasa.
  4. Aturlahjaralnya antara beban dan kuasa hingga posisinya seimbang.
  5. Lakukan langkah 2-4 sebanyak 5 kali dengan menambah berat beban (F), tetapi letak beban (L.) dan berat kuasa (F) tetap.

Amati dan catat datanya pada Tabel 2.4!

Tabel 2.4 Data Hasil Pengamatan Syarat Kesetimbangan Pengungkit

No. Lb (N) Lb (m) Fk (N) Lk (m) Fb x Lb (J) Fk x Lk (J)
1. 0,5 N 0,2 m 2 N 0,05 m 0,1 J 0,1 J
2. 1 N 0,2 m 2 N 0,1 m 0,2 J 0,2 J
3. 1,5 N 0,2 m 2 N 0,15 m 0,3 J 0,3 J
4. 2 N 0,2 m 2 N 0,2 m 0,4 J 0,4 J
5. 2,5 N 0,2 m 2 N 0,25 m 0,5 J 0,5 J

Apa yang dapat kamu simpulkan?

Berdasarkan percobaan yang kamu lakukan, apa yang dapat kamu simpulkan?

  • Keseimbangan pengungkit sangat dipengaruhi oleh besar gaya kuasa dan gaya beban, serta panjang lengan kuasa dan lengan beban.
  • Makin panjang lengan kuasa (Lk) maka makin besar keuntungan mekanik. Sehingga, usaha makin mudah dilakukan.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 2.2 Mengidentifikasi Syarat Keseimbangan Pengungkit Halaman 88-89 Bab 2 (Usaha dan Pesawat Sederhana dalam Kehidupan Sehari-hari)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 2.2 Mengidentifikasi Syarat Keseimbangan Pengungkit Halaman 88-89 Bab 2 (Usaha dan Pesawat Sederhana dalam Kehidupan Sehari-hari). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Sebagaimana diketahui energi yang dihasilkan untuk satu gram lemak lebih besar dibandingkan dengan energi yang dihasilkan oleh 1 gram karbohidrat. Namun, karbohidrat dijadikan sebagai sumber energi utama. Bagaimana analisis kamu mengenai hal tersebut? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Sebagaimana diketahui energi yang dihasilkan untuk satu gram lemak lebih besar dibandingkan dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!