Breaking News

Aktivitas 11.7 Mengukur Diameter Iris dan Pupil

Questions and Answers for Natural Science Class 8 Curriculum 2013 Revised 2017 Activities 11.7 Measuring Iris and Pupil Diameter What is the diameter of the pupil if it is in a bright place? Why is that? Pages 201-202 Chapter 11 (Light and Optical Instruments) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 11.7 Mengukur Diameter Iris dan Pupil Bagaimanakah diameter pupil jika berada di tempat terang? Mengapa demikian? Halaman 201-202 Bab 11 (Cahaya dan Alat Optik) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Lakukan

Aktivitas 11.7 Mengukur Diameter Iris dan Pupil

Sebelum melakukan pengamatan ini berkumpulah dan teman satu kelompok (1 kelompok terdiri atas 3 orang). Laku pengamatan ini dengan cermat dan teliti.

Apa yang kamu perlukan?

  1. Penggaris
  2. Kertas
  3. Alat tulis

Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Berbagilah tugas dengan teman satu kelompokmu! Lakukan pembagian tugas dengan bijaksana. Pembagian tugas adalah sebagai berikut, satu orang menjadi peraga yang nantinya akan diukur diameter iris dan pupilnya, satu orang yang akan mengukur diameter iris dan pupil, dan satu orang lagi mencatat hasil pengamatan.
  2. Mintalah temanmu yang bertindak sebagai peraga untuk keluar menuju halaman kelas! Mintalah dia berdiam di halaman +3 menit!
  3. Ukurlah diameter iris dan pupil temanmu! Lakukan pengukuran dengan hati-hati! Jangan sampai penggaris yang kamu gunakan mengenai mata teman kamu.
  4. Catatlah hasil pengukuranmu pada buku IPA!
  5. Mintalah temanmu yang bertindak sebagai peraga untuk masuk ke kelas kembali! Mintalah temanmu berdiam di dalam kelas selama +3 menit!
  6. Ukurlah diameter iris dan pupil temanmu. Lakukan pengukuran dengan hati-hati! Jangan sampai penggaris yang kamu gunakan mengenai mata teman kamu!
  7. Catatlah hasil pengukuran pada buku IPA!

Apa yang perlu kamu diskusikan?

1. Bagaimanakah diameter pupil jika berada di tempat terang? Mengapa demikian?

Saat Berada di tempat terang, pupil kita mengecil karena untuk mengatur supaya makin dikit cahaya yang masuk karena sudah banyak cahaya.

2. Bagaimanakah diameter pupil jika berada di tempat gelap? Mengapa demikian?

Saat berada di tempat gelap, pupil kita membesar karena mencari cahaya di tempat yang gelap, pupil makin membutuhkan cahaya itu sebabnya pupil kita membesar untuk mencari cahaya.

Apa yang dapat kamu simpulkan?

Berdasarkan percobaan dan diskusi yang telah kamu lakukan, apa yang dapat kamu simpulkan?

Berdasarkan hasil percobaan pada akomodasi dan konvergensi, serta karena cahaya, di dapat bahwa orang percobaan memiliki reaksi pupil yang normal, ketika di berikan rangsang cahaya dengan cepat, pupil berubah mengecil.

Saat bagian mata dikenai cahaya secara tiba-tiba, pada bagian pupil akan memberikan reaksi yaitu mengecil sedangkan mata yang tidakk terkena cahaya secara tiba-tiba pupilnya akan mengecil secara lamat. Hal ini telah membuktikan bahwa mata orang percobaan masih normal atau tidak mengalami kelainan pada mata atau cacat mata.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 11.7 Mengukur Diameter Iris dan Pupil Bagaimanakah diameter pupil jika berada di tempat terang? Mengapa demikian? Halaman 201-202 Bab 11 (Cahaya dan Alat Optik)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 11.7 Mengukur Diameter Iris dan Pupil Bagaimanakah diameter pupil jika berada di tempat terang? Mengapa demikian? Halaman 201-202 Bab 11 (Cahaya dan Alat Optik). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal dari fosil secara berlebihan? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!