Breaking News

Aktivitas 11.3 Pembentukan Bayangan oleh Cermin Datar

Natural Science Questions and Answers for Class 8 Curriculum 2013 Revised 2017 Activity 11.3 Forming of Shadows by Flat Mirrors Where is the location of the image that you can observe in the mirror? Pages 175-176 Chapter 11 (Lights and Optical Instruments) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 11.3 Pembentukan Bayangan oleh Cermin Datar Dimanakah letak bayangan yang dapat kamu amati pada cermin? Halaman 175-176 Bab 11 (Cahaya dan Alat Optik) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Lakukan

Aktivitas 11.3 Pembentukan Bayangan oleh Cermin Datar

Apa yang kamu perlukan?

  1. Cermin datar minimal berukuran 30 cm x 30 cm.
  2. Pensil, pulpen, buku, botol kecil, atau benda lainnya yang ada di sekitar kamu.

Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Letakkan benda, misal botol kecil 15 cm di depan cermin datar!
  2. Amati bayangan yang terjadi pada cermin!

Lakukan percobaan ini dengan cermat dan teliti agar kamu dapat memahami pembentukan bayangan pada cermin datar. Selain itu, jangan lupa bekerja sama dan berbagi tugaslah dengan teman satu kelompokmu.

Apa yang perlu kamu diskusikan?

1. Dimanakah letak bayangan yang dapat kamu amati pada cermin?

  • Letak bayangan menghadap terbalik dengan bendanya atau saling berkebalikan (misalnya benda ada di sebelah kanan, bayangan ada di sebelah di kiri).
  • Ukuran bayangan sama besar dibandingkan dengan ukuran benda.
  • Bayangan yang terbentuk oleh cermin datar berada tepat di belakang cermin datar atau tampak berada di dalam cermin datar.

2. Bagaimanakah ukuran bayangan jika dibandingkan dengan ukuran benda?

  • Yang saya tau sifat bayangan itu Nyata, terbalik, diperkecil.
  • Ukuran bayangan yang terbentuk adalah sama besarnya dengan ukiran benda.

3. Bandingkan jarak benda terhadap cermin dan jarak bayangan terhadap cermin!

Tergantung letak benda. rumusnya 1/s + 1/s’ = 1/f atau jika diketahui perbesarannya M=s’/s. Jarak bayangan benda dari cermin adalah sama besarnya dengan ukuran benda ke cermin.

Apa yang dapat kamu simpulkan?

Berdasarkan percobaan dan diskusi yang telah kamu lakukan, apa yang dapat kamu simpulkan?

Bayangan yang muncul pada cermin datar dibentuk oleh perpanjangan sinar datang seperti yang tampak pada gambar pembentukan cermin datar.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 11.3 Pembentukan Bayangan oleh Cermin Datar Dimanakah letak bayangan yang dapat kamu amati pada cermin? Halaman 175-176 Bab 11 (Cahaya dan Alat Optik)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 11.3 Pembentukan Bayangan oleh Cermin Datar Dimanakah letak bayangan yang dapat kamu amati pada cermin? Halaman 175-176 Bab 11 (Cahaya dan Alat Optik). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Dalam tabel informasi nilai gizi pada kemasan biskuit yang dimiliki Dian menyatakan bahwa 16 keping biskuit mengandung 24 gram karbohidrat. Dian memakan 12 keping biskuit. Kandungan karbohidrat dalam 12 biskuit?

[Kunci Jawaban] Dalam tabel informasi nilai gizi pada kemasan biskuit yang dimiliki Dian menyatakan bahwa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!