Breaking News

Aktivitas 11.2 Mengapa Sendok Terlihat Bengkok?

Natural Science Questions and Answers for Class 8 Curriculum 2013 Revised 2017 Activity 11.2 Why Does the Spoon Look Crooked? What happened to the spoon? Why did this event happen? Explain! Pages 170-171 Chapter 11 (Lights and Optical Instruments) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 11.2 Mengapa Sendok Terlihat Bengkok? Apa yang terjadi pada sendok? Mengapa peristiwa tersebut dapat terjadi? Jelaskan! Halaman 170-171 Bab 11 (Cahaya dan Alat Optik) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Lakukan

Aktivitas 11.2 Mengapa Sendok Terlihat Bengkok?

Apa yang kamu perlukan?

  1. Sendok
  2. Air
  3. Gelas kimia, jika tidak ada gunakan gelas bening

Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Isi gelas dengan air hingga terisi 3/4 gelas!
  2. Masukkan sendok ke dalam air dengan posisi seperti pada Gambar 11.6!
  3. Amati bentuk sendok yang berada di atas air dan di dalam air!

Apa yang perlu kamu diskusikan?

1. Apa yang terjadi pada sendok? Mengapa peristiwa tersebut dapat terjadi? Jelaskan!

Saat sendok dimasukkan sebagian ke dalam air, sendok akan tampak bengkok, hal ini terjadi karena cahaya dibiaskan (berbelok arah). Cahaya mengalami pembiasan saat melewati medium yang berbeda karena cahaya mengalami perubahan kecepatan rambat saat menjalar di medium yang berbeda.

2. Mengapa cahaya dibiaskan saat melalui medium yang berbeda kerapatannya?

Karena perbedaan kerapatan mempengaruhi gaya gerak cahaya. Semakin rapat zat tersebut semakin cepat ia merambat, dan sebaliknya.

Cahaya termasuk gelombang, lebih khususnya gelombang elektromagnetik. Cahaya memiliki dapat mengalami interferensi, difraksi/refraksi, dan polarisasi. Difraksi/refraksi merupakan fenomena berbeloknya cahaya karena sebab tertentu (dalam kedaaan normal, cahaya merambat lurus). Pada kasus refraksi, cahaya mengalami pembelokan karena cahaya berubah kecepatan rambat saat melewati medium berbeda. Kecepatan cahaya yang kita kenal (yang disebut c) adalah kecepatan rambat cahaya di ruang hampa, sedangkan saat cahaya merambat di udara, air, kaca, atau medium lain, kecepatannya sedikit lebih rendah dari c. 

Saat cahaya menjalar melewati dua medium yang berbeda (misal dari udara menuju air) maka akan terjadi perubahan kecepatan rambat. Perubahan ini akan membuat cahaya terbelokkan, ini membuat sendok yang tercelup sebagian di dalam air akan nampak bengkok.

3. Gambarkan diagram yang dapat menjelaskan proses terjadinya pembiasan pada sendok!

Apa yang dapat kamu simpulkan?

Berdasarkan percobaan dan diskusi yang telah kamu lakukan, apa yang dapat kamu simpulkan?

  • Bayangan yang dibentuk oleh cermin datar dipengaruhi oleh jarak dari benda tersebut. Pemantulan cahaya pada cermin datar merupakan pemantulan teratur karena sudut pandang sama dengan sudut pantul.
  • Bayangan yang dibentuk cermin datar bersifat nyata dan sama persis.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 11.2 Mengapa Sendok Terlihat Bengkok? Apa yang terjadi pada sendok? Mengapa peristiwa tersebut dapat terjadi? Jelaskan! Halaman 170-171 Bab 11 (Cahaya dan Alat Optik)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 11.2 Mengapa Sendok Terlihat Bengkok? Apa yang terjadi pada sendok? Mengapa peristiwa tersebut dapat terjadi? Jelaskan! Halaman 170-171 Bab 11 (Cahaya dan Alat Optik). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kota A dan kota B pada peta berjarak 6 cm. Jarak sebenarnya kedua kota tersebut adalah 120 km. Jika Kota B dan Kota C pada peta yang sama berjarak 4 cm, maka tentukan jarak sebenarnya Kota B dan Kota C!

[Kunci Jawaban] Kota A dan kota B pada peta berjarak 6 cm. Jarak sebenarnya kedua …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!