Breaking News

Aktivitas 10.3 Gelombang Transversal (Kemanakah arah rambat gelombang?)

Questions and Answers for Natural Science Class 8 Curriculum 2013 Revised 2017 Activity 10.3 Transverse Waves Where do the waves propagate? Page 121 Chapter 10 (Vibrations, Waves, and Sounds in Everyday Life) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 10.3 Gelombang Transversal Kemanakah arah rambat gelombang? Halaman 121 Bab 10 (Getaran, Gelombang, dan Bunyi dalam Kehidupan Sehari-hari) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Lakukan

Aktivitas 10.3 Gelombang Transversal

Apa yang kamu perlukan?

Tali tambang

Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Letakkan tali tambang di atas lantai!
  2. Mintalah temanmu untuk memegang salah satu ujung tali!
  3. Berilah usikan pada tali beberapa kali ke arah samping!
  4. Amati arah rambat gelombangnya!

Apa yang perlu kamu diskusikan?

1. Kemanakah arah rambat gelombang?

Gelombang tranversal : gelombang yang arah getarannya tegak lurus terhadap arah rambatannya

Gelombang longitudinal : gelombang yang arah getarannya sejajar atau berimpit

2. Apakah arah getar dengan arah rambat gelombang saling tegak lurus?

Arah getaran bisa dibedakan menjadi dua, yaitu gelobang transversal dan gelombang longitudinal. Gelombang tranversal merupakan gelombang yang arah rambatnya tegak lurus dengan arah getarnya. Contoh gelombang transversal ada pada permukaan air.  Sedangkan gelombang transversal merupakan gelombang yang arah rambat yang sejajar dengan arah getarnya. Contoh dari gelombang ini adalah gerakan pegas atau slink yang digerakkan maju dan mundur secara terus menerus. Gerakan yang terbentuk adalah gelombang yang merambat pada slinki dan membentuk pola rapatan dan regangan.

Apa yang dapat kamu simpulkan?

Berdasarkan percobaan dan diskusi yang telah kamu lakukan, apa yang dapat kamu simpulkan?

Gelombang adalah getaran yang merambat. Misalnya seorang anak mengikat ujung seutas tali pada sebuah ranting pohon. Kemudian anak tersebut menggetarkan ujung tali lainnya ke atas dan ke bawah secara teratur. Terlihat bahwa lama kelamaan getaran tersebut merambat sepanjang tali hingga mencapai ujung tali yang terikat dan membentuk gelombang.

Bentuk ideal dari suatu gelombang akan mengikuti gerak sinusoide. Selain radiasi elektromagnetik, dan mungkin radiasi gravitasional, yang bisa berjalan lewat ruang hampa udara, gelombang juga terdapat pada medium (yang karena perubahan bentuk dapat menghasilkan gaya pegas) dimana mereka dapat berjalan dan dapat memindahkan energi dari satu tempat ke tempat lain tanpa mengakibatkan partikel medium berpindah secara permanen; yaitu tidak ada perpindahan secara massal.

Suatu medium disebut linear jika gelombang yang berbeda di semua titik tertentu di medium bisa dijumlahkan; terbatas jika terbatas, selain itu disebut “tak terbatas”; seragam jika ciri fisiknya tidak berubah pada titik yang berbeda; isotropik jika ciri fisiknya “sama” pada arah yang berbeda.

Gelombang Transversal

Gelombang transversal adalah gelombang yang arah rambatnya tegak lurus terhadap arah getarnya.

Gelombang transversal umumnya terjadi pada padatan elastis; osilasi dalam kasus ini adalah perpindahan partikel padat menjauh dari posisi relaksnya, dalam arah tegak lurus terhadap rambatan gelombang. Karena perpindahan tersebut sesuai dengan deformasi geser lokal material, gelombang transversal dari sifat ini disebut gelombang geser. Dalam seismologi, gelombang geser juga disebut gelombang sekunder atau gelombang-S.

Gelombang Longitudinal

Kebalikan dengan gelombang transversal, gelombang longitudinal adalah gelombang yang arah rambatnya sejajar dengan arah getarnya.

Gelombang longitudinal termasuk gelombang suara (getaran dalam tekanan, partikel perpindahan, dan kecepatan partikel yang diperbanyak dalam media elastis) dan gelombang-P seismik (diciptakan oleh gempa bumi dan ledakan). Dalam gelombang longitudinal, perpindahan media sejajar dengan rambatan gelombang. Gelombang di sepanjang mainan Slinky yang membentang, dimana jarak antara kumparan meningkat dan menurun, adalah visualisasi yang baik, dan kontras dengan gelombang tegak di sepanjang senar gitar berosilasi yang melintang.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 10.3 Gelombang Transversal Kemanakah arah rambat gelombang? Halaman 121 Bab 10 (Getaran, Gelombang, dan Bunyi dalam Kehidupan Sehari-hari)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 10.3 Gelombang Transversal Kemanakah arah rambat gelombang? Halaman 121 Bab 10 (Getaran, Gelombang, dan Bunyi dalam Kehidupan Sehari-hari). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini a. Rumuskan masalah yang sesuai dengan tabel di atas! b. Berdasarkan masalah dan data tabel tersebut, apa kesimpulannya?

[Kunci Jawaban] Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini a. Rumuskan masalah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!