Breaking News

Aktivitas 10.10 Struktur, Fungsi, dan Proses Pendengaran

Natural Science Questions and Answers for Class 8 Curriculum 2013 Revised 2017 Activities 10.10 Structure, Function, and Hearing Process Pages 141-142 Chapter 10 (Vibrations, Waves, and Sounds in Everyday Life) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 10.10  Struktur, Fungsi, dan Proses Pendengaran Halaman 141-142 Bab 10 (Getaran, Gelombang, dan Bunyi dalam Kehidupan Sehari-hari) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Lakukan

Aktivitas 10.10  Struktur, Fungsi, dan Proses Pendengaran

A. Struktur dan Fungsi Indra Pendengaran

Agar mengetahui proses mendengar, kita perlu memahami terlebih dahulu struktur telinga sebagai alat pendengaran.

Apa yang kamu perlukan?

  1. Kertas karton/manila
  2. Gunting
  3. Lem kertas
  4. Pensil warna/krayon

Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Buatlah sebuah model telinga sederhana, dengan membuat pola seperti Gambar 10.13, dengan ukuran yang lebih besar agar lebih mudah dicoba.
  2. Setelah dipotong, susunlah struktur tersebut dan lekatkan memanjang sehingga terlihat struktur dari telinga bagian luar, tengah, dan dalam!
  3. Setelah kamu gunakan simpanlah untuk pembelajaran pada pertemuan selanjutnya!
  4. Baca dan pahami alat-alat dalam sistem pendengaran dari berbagai sumber yang dapat diperoleh!

Apa yang perlu kamu diskusikan?

1. Dimanakah tulang maleus ditemukan?

Tulang maleus ditemukan pada tulang bagian tengah.

Tulang ini berbentuk seperti martil yang melekat pada gendang telinga.

Ada tiga tulang pada telinga dalam yaitu :

  • Tulang maleus/martil (yang melekat pada gendang telinga).
  • Inkus/landasan yang menghubungkan martil dengan sanggurdi.
  • Tulang stapes/sanggurdi yang melekat dengan jendela oval yang menghubungkan dengan telinga dalam. Tulang ini berfungsi untuk menerima dan melanjutkan getaran suara sehingga kita dapat mendengar.

2. Dimanakah dapat kita temukan silia?

Silia terdapat dalam organ korti yang ada pada saluran berongga yang berbentuk seperti rumah siput.

Silia ini merupakan reseptor bagi suara yang masuk dalam bentuk getaran. Sel rambut akan memberi respon terhadap frekuensi suara yang berbeda dan mengubahnya menjadi gelombang saraf, gelombang saraf ini lalu berjalan di sepanjang serabut saraf pendengaran yang akan dibawa ke otak.

3. Struktur apakah yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan tekanan pada telinga dalam dan mulutmu?

Struktur yang akan menjaga keseimbangan tekanan pada telinga dalam dan mulut adalah saluran eustachius yang mengurangi tekanan udara di telinga tengah sehingga tekanan udara di Iuar dan di dalam akan sama. Keseimbangan tekanan ini akan menjaga gendang telinga supaya tidak rusak. Saluran ini akan tertutup dalam keadaan biasa, dan akan terbuka jika kita menelan sesuatu.

4. Struktur apakah yang berfungsi untuk mengirimkan sinyal suara ke otak?

Struktur yang mentransmisi sinyal suara ke otak adalah saraf yang di terima oleh reseptor sensorik berupa organ korti yang ada pada rumah siput.

Apa yang perlu kamu diskusikan lebih lanjut?

Mengapa pada saat kita sedang flu atau pilek, bepergian dengan pesawat dapat mengganggu pendengaran?

Hal itu terjadi karena saluran eustachius kita bermasalah.

Sebagian besar orang mengalami rasa tak nyaman di telinganya saat bepergian dengan pesawat terbang. Bagian dalam telinga seolah ditusuk-tusuk dengan pisau, atau telinga terasa tuli sehingga kita hampir tak dapat mendengar apapun dalam kabin.

Biasanya ini terjadi pada waktu pesawat sedang lepas landas atau mendarat. Kondisi ini disebut Oklusi Tuba (sumbatan pada saluran Tuba Eustachius) yang merupakan saluran yang dimulai dari telinga tengah dan berakhir di belakang hidung atau di daerah pangkal tenggorok yang biasanya memiliki tekanan yang seimbang tiba-tiba terjadi perbedaan tekanan yang sangat signifikan sehingga akhirnya telinga mengalami gangguan. Rasanya seperti tuli mendadak dan sakit di bagian dalam.

Saat pesawat lepas landas maupun mendarat, tekanan udara di dalam kabin menjadi lebih tinggi sehingga gendang telinga didorong ke arah dalam dan menimbulkan rasa sakit atau telinga seperti tersumbat.

Agar kondisi telinga kembali normal, caranya adalah menaikkan tekanan di telinga tengah. Ini dapat dilakukan dengan memperbanyak aktivitas menelan seperti minum atau makan (itulah alasan biasanya pramugari membagikan permen menjelang lepas landas). Ketika aktivitas menelan terjadi, Tuba Eustachius akan membuka. Udara akan masuk ke telinga tengah sehingga tekanan kembali seimbang.

Pada saat sedang flu/pilek, bepergian dengan pesawat maka akan terasa sangat tidak nyaman. Karena saat terjadi gangguan pernapasan, saluran tuba sulit membuka.

Sebaiknya gunakan obat tetes hidung atau minum obat dekongestan setengah jam sebelum pesawat lepas landas. Kedua jenis obat ini berfungsi untuk membuka saluran tuba.

B. Proses Pendengaran

Apa yang kamu perlukan?

  1. Plastik pembungkus
  2. Mangkuk plastik
  3. Beras
  4. Kawat/tali
  5. Pemotong kawat/ gunting

Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Regangkan plastik pembungkus dan tutupkan di atas mangkuk. Ikat dengan kawat atau tali agar tak lepas!
  2. Letakkan tepung atau beras di atas plastik pembungkus!
  3. Mintalah temanmu untuk memukul panci/drum di dekat perangkat yang telah kamu buat!
  4. Amatilah apa yang terjadi pada plastik!

Gelombang suara yang ditimbulkan dari pukulan panci akan menggetarkan plastik. Jadi getaran ini akan dirambatkan dengan medium udara dalam bentuk gelombang. Seperti halnya pada telinga kita, pada saat ada suara, suara ini muncul karena bergetarnya pita suara.

Getaran tersebut selanjutnya dirambatkan dalam bentuk gelombang yang kemudian diterima oleh gendang telinga kita. Perambatan gelombang tersebut melalui medium udara. Proses ini akan dapat menimbulkan getaran pada gendang telinga.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 10.10  Struktur, Fungsi, dan Proses Pendengaran Halaman 141-142 Bab 10 (Getaran, Gelombang, dan Bunyi dalam Kehidupan Sehari-hari)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 10.10  Struktur, Fungsi, dan Proses Pendengaran Halaman 141-142 Bab 10 (Getaran, Gelombang, dan Bunyi dalam Kehidupan Sehari-hari). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal dari fosil secara berlebihan? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!