Breaking News

Aktivitas 1.8 Mengidentifikasi Jenis Gerak Tumbuhan di Lingkungan Sekitar

Natural Science Questions and Answers for Class 8 Curriculum 2013 Revised 2017 Activity 1.8 Identifying Types of Plant Movement in the Surrounding Environment Page 60 Chapter 1 (Movement of Objects and Living Things in the Surrounding Environment) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 1.8 Mengidentifikasi Jenis Gerak Tumbuhan di Lingkungan Sekitar Halaman 60 Bab 1 (Gerak Benda dan Makhluk Hidup di Lingkungan Sekitar) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Lakukan

Aktivitas 1.8 Mengidentifikasi Jenis Gerak Tumbuhan di Lingkungan Sekitar

Amati tumbuhan yang ada di sekitar kamu. Temukan 10 tumbuhan yang berbeda, kemudian identifkasi jenis gerakan yang dilakukan tumbuhan tersebut! Laporkan hasil temuanmu ke gurumu!

Tabel 1.9 Data Hasil Identifikasi Jenis Gerak Tumbuhan

No. Nama Tumbuhan Jenis Gerakan yang Dilakukan
1. Tanaman polong-polongan, jarak, dan kapas Gerak Higroskopsis > Merekahnya kulit buah-buahan yang sudah kering.
2. Kecambah Gerak geotropisme positif > Pertumbuhan akar yang selalu menuju kebawah atau kedalam tanah.

Gerak geotropisme negatif > Pertumbuhan batang yang selalu mengarah keatas atau menjauhi pusat bumi.

3. Kaktus Gerak Hidrotropisme > Ujung akar kaktus didalam tanah yang selalu menuju ke tempat yang mengandung air
4. Mentimun, Anggur, Markisa Gerak Tigmotropisme > Ujung batang/sulur tanaman yang menyentuh tempat merambat sehingga akan terbentuk lengkungan pada tanaman, sehingga tanaman tersebut akat melilit /membelit pada tempat rambatnya.
5. Pacar air, Bougenvil, bunga matahari Gerak fototropisme positif > Tumbuhan akan selalu tumbuh menuju arah datangnya cahaya matahari.
6. Tanaman kacang-kacangan, pacar cina, asam jawa Gerak niktinasi > gerak tidur daun tanaman menjelang petang akibat tekanan turgor pada tangkai daun karena rangsangan suasana yang gelap atau karena terjadi pada malam hari.
7. Bunga kembang sepatu Gerak fotonasti > Bunga mekar pada siang hari dan kuncup pada malam hario.
8. Bunga pukul 4 Gerak fotonasti > Bunga mekar pada sore hari.
9. Putri malu Gerak seismonasti > Menguncupnya daun putri malu saat disentuh atau diberi ransangan.
10. Bunga tulip Gerak Termonasti > Bunga tulip akan mekar pada musim semi dikarenakan suhu tyang hangat pada musim semi.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 1.8 Mengidentifikasi Jenis Gerak Tumbuhan di Lingkungan Sekitar Halaman 60 Bab 1 (Gerak Benda dan Makhluk Hidup di Lingkungan Sekitar)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 1.8 Mengidentifikasi Jenis Gerak Tumbuhan di Lingkungan Sekitar Halaman 60 Bab 1 (Gerak Benda dan Makhluk Hidup di Lingkungan Sekitar). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Sebagaimana diketahui energi yang dihasilkan untuk satu gram lemak lebih besar dibandingkan dengan energi yang dihasilkan oleh 1 gram karbohidrat. Namun, karbohidrat dijadikan sebagai sumber energi utama. Bagaimana analisis kamu mengenai hal tersebut? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Sebagaimana diketahui energi yang dihasilkan untuk satu gram lemak lebih besar dibandingkan dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!