Aktivitas 1.7 Pengaruh Rangsang terhadap Gerak Menutup dan Membukanya Daun Putri Malu

Questions and Answers for Class 8 Natural Science Curriculum 2013 Revised 2017 Activities 1.7 The Effect of Stimulation on the Movement of Closing and Opening Leaves of Shy Princess Pages 49-51 Chapter 1 (Movement of Objects and Living Things in the Surrounding Environment) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 1.7 Pengaruh Rangsang terhadap Gerak Menutup dan Membukanya Daun Putri Malu Halaman 49-51 Bab 1 (Gerak Benda dan Makhluk Hidup di Lingkungan Sekitar) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Lakukan

Aktivitas 1.7 Pengaruh Rangsang terhadap Gerak Menutup dan Membukanya Daun Putri Malu

Pada percobaan ini kamu akan menyelidiki pengaruh rangsang terhadap gerak daun putri malu.

Apa yang kamu duga?

Cobalah untuk melakukan pendugaan atau membuat perkiraan berdasarkan informasi yang kamu ketahui atau pengalaman yang kamu alami terhadap gerak daun putri malu ketika mendapatkan rangsangan.

  1. Daun putri malu bila disentuh
  2. Daun putri malu bila diberi rangsang suhu dingin….
  3. Daun putri malu bila diberi rangsang suhu panas ….

Apa yang kamu perlukan?

  1. Tumbuhan putri malu (Mimosa pudica)
  2. Es yang dibungkus plastik
  3. Korek api atau lilin
  4. Jam tangan atau stopwatch

Apa yang harus kamu lakukan?

1. Berilah perlakuan pada putri malu sebagai berikut.

  1. Sentuhlah menggunakan ujung jari tangan pada bagian bawah permukaan daun dan pada tangkai daun! Hitunglah kecepatan respons tumbuhan terhadap rangsang menggunakan stopwatch!
  2. Berilah hawa dingin di bagian bawah permukaan daun dengan meletakkan sebungkus es batu! Hitunglah kecepatan respons tumbuhan terhadap rangsang menggunakan stopwatch!
  3. Berilah hawa panas di bagian bawah permukaan daun dengan menyalakan korek api atau lilin yang menyala! Berhati-hatilah saat menggunakan korek api! Hitunglah kecepatan respons tumbuhan terhadap rangsang menggunakan stopwatch!

2. Amatilah gerak daun dan batang putri malu!

3. Ulangi langkah 1 dan 2 sebanyak 3 kali.

4. Catatlah hasil pengamatan dan penghitunganmu pada Tabel 1.8!

Tabel 1.8 Pengamatan Tumbuhan Putri Malu

Perlakuan Waktu (sekon) Respons Berupa Gerak Daun Deskripsi Gerak Daun Putri Malu
1 2 3
Disentuh pada permukaan bawah daun 3 detik 5 detik 4 detik Saat daun putri malu diberi rangsang sentuhan dibagian atas permukaan daun, daun akan menutup perhalan.
Disentuh pada tangkai daun 4 detik 8 detik 3 detik Saat daun putri malu diberi rangsang sentuhan di bagian tangkai daun, daun akan menutup tetapi tidak secepat saat disentuh di bagian permukaan daun.
Diberi hawa dingin pada permukaan bawah daun 2,5 detik 2 detik 3 detik Ketika tumbuhan putri malu di beri rangsangan dingin daun akan mengatup walaupun dalam waktu yang cukup lama.
Diberi hawa panas pada permukaan bawah daun 4 detik 5 detik 3 detik Ketika tumbuhan putri malu diberi rangsang panas daun akan mengatup dengan cepat.

Apa yang perlu kamu diskusikan?

1. Bagaimana respons daun putri malu ketika diberi rangsang sentuhan?

Saat daun putri malu diberi rangsang sentuhan dibagian atas permukaan daun, daun akan menutup perhalan.

2. Bagaimana respons daun putri malu ketika diberi rangsang panas?

Tanggapan tumbuhan putri malu ketika diberi rangsangan panas pada bagian bawah permukaan daun yaitu daun putri malu tampak seperti layu karena menutupnya helai-helai daun akibat rangsangan panas ini. Namun proses penutupan daun putri malu yang diberi rangsangan panas lebih cepat dari pada diberi rangsangan dingin. Ketika tumbuhan putri malu diberi rangsang panas daun akan mengatup dengan cepat.

3. Bagaimana respons daun putri malu ketika diberi rangsang dingin?

Tanggapan tumbuhan putri malu ketika diberi rangsangan dingin pada bagian bawah permukaan daun yaitu daun putri malu tampak seperti layu karena menutupnya helai-helai daun akibat rangsangan.

Ketika tumbuhan putri malu di beri rangsangan dingin daun akan mengatup  walaupun dalam waktu yang cukup lama.

4. Bagian mana dari tumbuhan yang paling sensitif terhadap rangsang sentuhan?

Bagian tangkai, karena jika tangkai disentuh daunnya akan langsung mengatup dengan cepat.

5. Apakah kecepatan respons atau tanggapan daun putri malu akan berbeda apabila diberi rangsangan yang berbeda?

Kecepatan responnya berbeda, jika diberi panas dari api maka putri malu tersebut akan cepat mengatup. dan jika diberi rangsangan dengan menggunakan es batu dia akan lebih lama mengatupnya dibandingkan dengan diberi rangsangan api.

Apa yang dapat kamu simpulkan?

Berdasarkan percobaan dan diskusi yang telah kamu lakukan, apa yang dapat kamu simpulkan?

Perlakuan terhadap putri malu yang paling cepat mendapatkan tanggapan adalah menutupnya daun putri malu karena diberi rangsang sentuhan pada daun.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 1.7 Pengaruh Rangsang terhadap Gerak Menutup dan Membukanya Daun Putri Malu Halaman 49-51 Bab 1 (Gerak Benda dan Makhluk Hidup di Lingkungan Sekitar)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 1.7 Pengaruh Rangsang terhadap Gerak Menutup dan Membukanya Daun Putri Malu Halaman 49-51 Bab 1 (Gerak Benda dan Makhluk Hidup di Lingkungan Sekitar). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya?

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya? Pertanyaan: 3. Kalor lebur es …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!