Breaking News

Aktivitas 1.5 Mengamati Diameter Otot

Natural Science Questions and Answers for Class 8 Curriculum 2013 Revised 2017 Activities 1.5 Observing Muscle Diameter Page 34 Chapter 1 (Movement of Objects and Living Things in the Surrounding Environment) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 1.5 Mengamati Diameter Otot Halaman 34 Bab 1 (Gerak Benda dan Makhluk Hidup di Lingkungan Sekitar) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Lakukan

Aktivitas 1.5 Mengamati Diameter Otot

Apa yang kamu perlukan?

  1. Meteran (yang biasa digunakan oleh penjahit), jika kamu tidak memilikinya, boleh menggunakan tali rafia, tali pita, atau benang dengan panjang 50 cm
  2. Alat tulis
  3. Buku tulis

Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Duduklah bersama dengan teman satu kelompokmu!
  2. Luruskan tanganmu di atas meja dengan santai! Mintalah temanmu melingkarkan pita meteran pada lengan atasmu untuk mengukur besarnya lengan atasmu!
  3. Catatlah hasilnya pada tabel! Lakukan pengukuran dengan cermat dan teliti agar kamu memperoleh hasil yang tepat.
  4. Kepalkan tanganmu selanjutnya bengkokkan tanganmu ke atas! Ukurlah kembali besar lengan atasmu! Lakukan pengukuran di tempat yang sama dengan langkah 2. Catatlah hasilnya pada tabel! Lakukan pengukuran dengan cermat dan teliti agar kamu memperoleh hasil yang tepat.

Apa yang perlu kamu diskusikan?

1. Adakah perubahan diameter otot lengan atas saat diluruskan dan dibengkokkan? Jelaskan!

Saat diluruskan dan dibengkokan terdapat perubahan diameter otot lengan atas. Saat di luruskan diameter otot lengan atas kecil. Saat dibengkokkan diameter lengan atas membesar. Dengan diameter otot lengan saat diluruskan lebih kecil dengan rata-rata 71.25 dari pada diameter otot lengan saat dibengkokkan dengan rata-rata 97.

2. Jika terjadi perubahan diameter, bagaimanakah perubahannya serta apakah yang sebenarnya terjadi pada ototmu?

Pada saat diluruskan (relaksasi) otot akan mengendur dan memanjang. Sedangkan pada saat dibengkokkan (berkontraksi) otot menjadi mengkerut dan menjadi lebih pendek . Oleh karena itu, diameter lengan saat dibengkokkan lebih besar dari pada diameter tangan ketika diluruskan.

Apa yang dapat kamu simpulkan?

Berdasarkan percobaan dan diskusi yang telah kamu lakukan,,apa yang dapat kamu simpulkan?

Otot adalah jaringan yang dapat mengkerut apabila berkontraksi dan mengendur pada saat relaksasi. Sehingga diameter pada saat relaksasi lebih kecil dari pada diameter saat berkontraksi.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 1.5 Mengamati Diameter Otot Halaman 34 Bab 1 (Gerak Benda dan Makhluk Hidup di Lingkungan Sekitar)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 1.5 Mengamati Diameter Otot Halaman 34 Bab 1 (Gerak Benda dan Makhluk Hidup di Lingkungan Sekitar). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Emilia akan menggunakan petunjuk yang tertera pada kemasan sirup rasa melon.“Tambahkan 13 cangkir air untuk setiap 2 cangkir sirup rasa melon.” Di antara proporsi berikut yang dapat digunakan untuk menentukan w, banyak cangkir air yang harus Emilia tambahkan untuk 5 cangkir sirup rasa melon adalah

[Kunci Jawaban] Emilia akan menggunakan petunjuk yang tertera pada kemasan sirup rasa melon. “Tambahkan 13 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!