Aktivitas 1.4 Tabel 1.4 Hal yang Diteladani dari Para Tokoh Pendiri Negara

  • 2 min read
  • Mar 28, 2020

Questions and Answers for PPKN Class 7 Curriculum 2013 Revised 2016 Activities 1.4 Table 1.4 Items Exemplified by State Founding Figures Page 19-20 Chapter 1 (Formulation and Designation of Pancasila as the State Basis) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Aktivitas 1.4 Tabel 1.4 Hal yang Diteladani dari Para Tokoh Pendiri Negara Halaman 19-20 Bab 1 (Perumusan dan Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

Aktivitas 1.4

Tugas kalian sekarang adalah mengidentifikasi semangat-semangat apalagi yang telah di tunjukkan oleh para pendiri negara. Makin banyak tokoh yang mampu kalian identifikasi bentuk semangatnya makin baik. Buatlah dalam bentuk karangan/tulisan menarik hasil dari identifikasi kalian. Kumpulkan dalam bentuk klipping hasil identifikasi kalian tersebut. Bandingkan hasil identifikasi kalian dengan teman. Kumpulkan pada guru tepat pada waktunya.

Tabel 1.4 Hal yang Diteladani dari Para Tokoh Pendiri Negara

No. Nama pendiri negara Nilai Semangat
1. Ir. Soekarno
  1. Jiwa dan semangat merdeka
  2. Nasionalisme dan patriotisme
  3. Idealisme kejuangan yang tinggi
  4. Berani berkorban untuk tanah air
  5. Meletakkan kepentingan bangsa diatas kepentingan pribadi
  6. Semangat persatuan dan kesatuan
2. Mohammad Hatta
  1. Solidaritas tinggi
  2. Memiliki Jiwa Nasionalisme dan patriotisme
  3. Pro Patria dan Primus Patrialis, berjiwa tanah air, dan mendahulukan kepentingan tanah air
  4. Berani berkorban
  5. Pantang menyerah
  6. Musyawarah untuk menyelesaikan masalah
  7. Taat Beribadah
  8. Jujur
3. Muhammad Yamin
  1. Memiliki Jiwa Nasionalisme dan patriotism yang tinggi
  2. Idealisme kejuangan yang tinggi
  3. Berjiwa besar
  4. Cinta tanah air
  5. Rela berkorban
  6. Pantang mundur dan menyerah
  7. Berkerja keras tanpa pamrih
  8. Bertanggung jawab
  9. Ikhlas
4. Soepomo
  1. Memiliki Jiwa Patriotisme
  2. Mengutamakan kepentingan bangsa
  3. Cinta pada Tanah Air Indonesia
  4. Rela berkorban untuk bangsa
  5. Berani
  6. Menghargai pendapat orang lain
  7. Tanggung jawab
  8. Mr. Soepomo dikenal sebagai pelajar tangguh, ia bahkan melanjutkan sekolah hingga ke negeri Belanda. Semangatnya dalam mengejar pendidikan perlu diteladani siapapun.
  9. Meskipun dekat dengan Belanda dan bahkan bekerja di kantor Belanda, namun Mr. Soepomo tetap berani mengkritik belanda di dalam disertasinya. Sikapnya yang selalu memihak pada kebenaran perlu untuk diteladani.Meski Mr. Soepomo memberi kritik, namun ia dikenal dengan etika bahasanya yang sangat sopan sehingga kritikan yang sampaikan tidak ditanggapi secara keras namun membekas. Ini membuktikan bahwa Mr. Soepomo selain cerdas juga berkepala dingin, sikap ini tentu perlu juga kita teladani.
  10. Saat merumuskan dasar Negara, Mr. Soepomo dan pendiri bangsa lainnya berdiskusi saling memberi pendapat untuk kepentingan bersama dengan mengenyampingkan ego untuk mencapai musyawarah mufakat. Ini nilai teladan yang perlu kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.
5. KH. Wahid Hasjim
  1. Jiwa dan semangat merdeka
  2. Membanu kemerdekaan Indonesia
  3. Memiliki Jiwa Nasionalisme dan Patriotisme
  4. Ulama yang patut ditiru
  5. Adil dan bijaksana
  6. Toleransi yang tinggi
  7. Memegang teguh nilai agama
  8. Jiwa patriotik yang tinggi
  9. Religius
  10. Bijaksana

 

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Aktivitas 1.4 Tabel 1.4 Hal yang Diteladani dari Para Tokoh Pendiri Negara Halaman 19-20 Bab 1 (Perumusan dan Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Aktivitas 1.4 Tabel 1.4 Hal yang Diteladani dari Para Tokoh Pendiri Negara Halaman 19-20 Bab 1 (Perumusan dan Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

error: Content is protected !!