Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 1.4 Nilai-Nilai Pancasila Halaman 17 Bab 1 (Memahami Kedudukan dan Fungsi Pancasila)

Diposting pada

Questions and Answers of the PPKN Class 8 Curriculum 2013 Revised 2017 Activities 1.4 Pancasila Values ​​Page 17 Chapter 1 (Understanding the Position and Function of the Pancasila) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama Laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 1.4 Nilai-Nilai Pancasila Halaman 17 Bab 1 (Memahami Kedudukan dan Fungsi Pancasila) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya.~

Aktivitas 1.4

Setelah Kalian mempelajari nilai-nilai Pancasila dari materi di atas dan sumber belajar lain, tulislah simpulan apa yang sudah kalian ketahui ke dalam tabel berikut.

No. Aspek Informasi Simpulan
1. Pancasila Sebagai Satu Kesatuan Pancasila sebagai satu kesatuan maksudnya adalah Pancasila merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakatnya sehingga menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan meski kita berbeda-beda dalam bentuk Bahasa, budaya, suku, ras, dan agama tetapi kita tetap berada dalam satu kesatuan.
2. Hubungan Sila-Sila dalam Pancasila Sila-Sila dalam Pancasila merupakan rangkaian kesatuan yang bulat sehingga tidak dapat dipisah-pisahkan satu sama lain atau tidak dapat dibagi-bagi. Hubungan sila-sila dalam Pancasila yan berupa Relasi, yaitu :

  • Sila Pertama dan Sila Kedua

Bahwa setiap negara harus memiliki kepercayaan dan menghargai keyakinan masyarakat lainnya

  • Sila Pertama dan Sila Ketiga

Persatuan Indonesia merupakan Wujudadanya sikap saling menghargai keyakinan yang berbeda di tengah masyarakat

  • Sila Pertama dan Sila Keempat

Dalam pembuatan peraturan perundang-undangan yang berlandaskan ketuhanan pemerintah juga harus memperhatikan musyawarah dengan cara mencapai mufakat.

  • Sila Pertama dan Sila Kelima

Adanya kebebasan untuk beribadah untuk menghasilkan keadilan yang akan dirasakan bagi warga negaranya

  • Sila Kedua dan Sila Ketiga

Masyarakat Harus Menjunjung sikap adil agar tercipta kesatuan antar warga negaranya.

  • Sila Kedua dan Sila Keempat

Keadilan juga pastinya dibutuhkan dalam pelaksanaan musyawarah mufakat.Tujuan utama Musyawarah adalah tercapainya kesepakatan Bersama yang paling tidak memberikan keadilan bagi sebagian besar masyarakat.

  • Sila Kedua dan Sila Kelima

Dalam dua sila ini,sama-sama disebutkan kata “adil” yang artinya terdapat hubungan paling erat antara sila kedua dan sila kelima ini.

  • Sila Ketiga dan Sila Keempat

Persatuan Indonesia adalah wujud atau cita-cita yang dapat dicapai melalui pelaksanaan musyawarah mufakat.Dengan mempertimbangkan suara dari semua kalangan,maka akan terbentuk kesepakatan yang menguntungkan.

  • Sila Ketiga dan Sila Kelima

Masyarakat Harus Menjunjung Sikap adil agar terciptanya kesatuan antar warga negaranya.

  • Sila Keempat dan Sila Kelima

Dengan mencapai mufakat,maka akan terbentuk keadilan bagi setiap warga negaranya.

3. Nilai Ketuhanan yang Maha Esa Mengandung Pengakuan atas keberadaan tuhan sebagai pencipta alam semesta beserta isinya. Oleh Karenanya sebagai manusia yang beriman, yaitu meyakini adanya tuhan yang diwujudkan dalam ketaatan kepada tuhan yang maha esa. Dengan Nilai ini menyatakan bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang religious bukan bangsa yang ateis. Nilai ketuhanan yang maha esa juga memiliki arti adanya pengakuan akan kebebasan untuk memeluk agama menghormati kemerdekaan beragama dan tidak ada paksaan serta tidak berlaku diskriminatif antar umat beragama.
4. Nilai Kemanusiaan yang Adil dan Beradab Nilai kemanusiaan yang adil dan beradab mengandung arti kesadaran sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai moral dalam hidup Bersama atas tuntutan mutlah hati Nurani dengan memperlakukan sesuatu hal sebagaimana mestinya dan nilai Kemanusiaan yang Adil dan Beradab mengandung rumusan sifat keseluruhan budi manusia Indonesia yang mengakui kedudukan Manusia yang sederajat dan sama mempunyai hak dan kewajiban yang sama sebagai warga negara yang dijamin oleh negara.
5. Nilai Persatuan Indonesia Nilai Persatuan Indonesia mengandung Arti ke arah bersatu dalam kebulatan rakyat untuk membina nasionalisme dalam negara. Nilai Persatuan Indonesia yang merupakan suatu proses untuk menuju terwujudnya nasionalisme. Dalam Nlai Persatuan terkandung adanya perbedaan-perbedaan yang biasa terjadi di dalam kehidupan masyarakat dan bangsa, baik itu perbedaan Bahasa, kebudayaan, adat istiadat, agama, maupun suku.
6. Nilai Kerakyatan yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan Nilai pada sila keempat ini mengandung makna,yaitu suatu pemerintahan rakyat dengan cara melalui badan-badan tertentu yang dalam menetapkan sesuatu persatuan ditempuh dengan jalan musyawarah untuk mufakat atas dasar kebenaran dari tuhan. Dalam Pengambilan keputusan lewat musyawarah Mufakat ini yang menjadi prioritas utama adalah “Kualitas”itu sendiri,yaitu isi bobot dari usulan yang diajukan.
7. Nilai Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia Nilai Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia merupakan salah satu tujuan negara yang hendak mewujudkan tata masyarakat Indonesia yang adil dan Makmur berdasarkan Pancasila.Bernilai Keadilan, yaitu bahwa setiap lini maupun tingkatan masyarakat berhak mendapatkan kesamaan kesejahteraan dan keadilan dalam menjalankan hidup dimana hal ini merupakan tujuan dasar bangsa Indonesia dalam mensejahterakan seluruh rakyatnya.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 1.4 Nilai-Nilai Pancasila Halaman 17 Bab 1 (Memahami Kedudukan dan Fungsi Pancasila)”,Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana.Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 1.4 Nilai-Nilai Pancasila Halaman 17 Bab 1 (Memahami Kedudukan dan Fungsi Pancasila) . Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya.Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

Baca Juga   Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi 6 Halaman 147 Bab 6 (Memperkuat Komitmen Kebangsaan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *