Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 1.3 Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Halaman 13 Bab 1 (Memahami Kedudukan dan Fungsi Pancasila)

Diposting pada

Questions and Answers for PPKN Class 8 Curriculum 2013 Revision 2017 Activity 1.3 Pancasila as the Basis of the Country and Life Views Page 13 Chapter 1 (Understanding the Position and Function of the Pancasila) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama Laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 1.3 Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Halaman 13 Bab 1 (Memahami Kedudukan dan Fungsi Pancasila) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya.~

Aktivitas 1.3

Setelah Kalian Mencari Informasi dengan membaca wacana materi di atas dan sumber belajar lain tentang Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup. Tulislah apa yang sudah kalian ketahui ke dalam table berikut.

                                Aktivitas 1.3.Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup

No. Aspek Informasi Uraian
1. Perbedaan Arti Pancasila Sebagai Dasar Negara dan pandangan Hidup Perbadaan arti Pancasila sebagai dasar negara dan Pandangan Hidup yaitu Pancasila Sebagai Dasar Negara, artinya menjadi pondasi dasar yang kokoh dalam Berdirinya Indonesia Guna menyatukan seluruh komponen masyarakat dalam sebuah kehidupan yang penuh kerukunan dan Kesatuan. Sedangkan makna Pancasila sebagai Pandangan Hidup,artinya sebagai tolak ukur pedoman hidup masyarakat Indonesia dalam menjalani kehidupan Berbangsa dan Bernegara.
2. Fungsi dan Peran Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Pancasila berkedudukan sebagai dasar negara,bermaksud bahwa Pancasila Berfungsi dan berperan menjadi Pondasi dasar yang kokoh dalam berdirinya Indonesia Guna menyatukan seluruh Komponen masyarakat dalam sebuah kehidupan yang penuh kerukunan dan Kesatuan. Sedangkan Pancasila berkedudukan sebagai Pandangan Hidup, bermakna Bahwa Pancasila Berfungsi dan Berperan sebagai mempersatukan dan memberi petunjuk dalam mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan lahir dan batin dalam Masyarakat Indonesia.
3. Manfaat Pancasila Sebagai Dasar negara dan Pandangan Hidup
  • Menjadi Sebuah Ciri khas dan Jiwa sebuah bangsa Tersebut.
  • Menjadi Pandangan,Pedoman Hidup dan Cita-Cita sebuah bangsa.
  • Menjadi Ujung Tombak dalam berbagai permasalahan sebuah negara, baik masalah ekonomi, budaya, dan Politik.
  • Sebagai alat pemersatu kesatuan dan Persatuan bangsa.
  • Sebagai alat dalam mempertahankan kekokohan berdirinya bangsa Indonesia.
  • Sebagai dasar atau acuan dalam penyelenggaraan negara.
  • Sebagai Sumber dari Segala sumber hukum dalam kehidupan ketatanegaraan Indonesia.
4. Akibat Jika Tidak Memiliki Dasar Negara dan Pandangan Hidup Akibat jika suatu negara tidak memiliki dasar negara,negara tersebut tidak dapat berdiri kokoh dan kuat.Selain itu,tidka dapat mengetahui dengan jelas kemana arah tujuan dan cita-cita yang akan dicapai oleh negara itu sendiri bangsa yang tidak memiliki dasar negara akan terombang-ambing dalam menghadapi permasalahan, baik yang berasal dari dalam maupun dari luar. Sedangkan akibat tanpa memiliki pandangan hidup suatu bangsa akan merasa terombang-ambing dalam menghadapi persoalan yang timbul, baik persoalan masyarakatnya sendiri maupun persoalan dunia.
5. Kedudukan Pancasila sebagai Dasar negara dan Pandangan Hidup Kedudukan Pancasila Sebagai Dasar Negara, yaitu :

  • Pancasila sebagai dari penyelenggaraan kehidupan bernegara bagi Republik Indonesia.
  • Pancasila sebagai dasar negara adalah sumber dari segala sumber hukum.
  • Pancasila merupakan asas kerohanian tertib hukum Indonesia.
  • Pancasila mengandung norma yang Mengharuskan UUD 1945 Mengandung isi yang mewajibkan pemerintah dan penyelenggaraan Negara.
  • Pancasila sebagai dasar mengatur penyelenggaraan pemerintahan negara.
  • Sedangkan, Kedudukan Pancasila sebagai pandangan hidup sering juga disebut way of life yang artinya pegangan hidup, pedoman hidup, Pandangan dunia atau petunjuk hidup. Pancasila sebagai Pandangan Hidup bangsa dipergunakan sebagai petunjuk dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia baik dari segi sikap maupun perilaku, haruslah selalu dijiwai oleh Nilai-Nilai Luhur Pancasila.
Baca Juga   Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 6.3 Halaman 141 Bab 6 (Memperkuat Komitmen Kebangsaan)

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 1.3 Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Halaman 13 Bab 1 (Memahami Kedudukan dan Fungsi Pancasila)”,Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana.Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 1.3 Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Halaman 13 Bab 1 (Memahami Kedudukan dan Fungsi Pancasila) . Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya.Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *