Breaking News

Aktivitas 1.2 Sifat Kelembaman Suatu Benda

Natural Science Questions and Answers for Class 8 Curriculum 2013 Revised 2017 Activity 1.2 Inertia Nature of an Object Page 12 Chapter 1 (Movement of Objects and Living Things in the Surrounding Environment) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 1.2 Sifat Kelembaman Suatu Benda Halaman 12 Bab 1 (Gerak Benda dan Makhluk Hidup di Lingkungan Sekitar) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Lakukan

Aktivitas 1.2 Sifat Kelembaman Suatu Benda

Apa yang kamu perlukan?

1. 1 lembar kertas HVS

2. 1 buah gelas

Apa yang harus kamu lakukan?

1. Letakkan selembar kertas di atas meja, kemudian letakkan gelas di atas kertas tersebut (seperti pada Gambar 1.8)!

2. Tariklah kertas secara horizontal dengan perlahan. Amati apa yang terjadi pada gelas dan ulangi hingga 3 kali!

3. Tariklah kertas secara horizontal dengan sekali hentakan yang cepat! Amati peristiwa yang terjadi pada gelas dan ulangi hingga 3 kali!

Apa yang perlu kamu diskusikan?

1. Bagaimana keadaan gelas pada perlakuan nomor 2?

Kertas ditarik secara perlahan.

Jika kertas di bawah gelas ditarik secara perlahan, maka gelas akan ikut bergerak bersama kertas searah dengan tarikan kertas.

2. Bagaimana keadaan gelas pada perlakuan nomor 3?

Kertas ditarik secara cepat.

Jika kertas di bawah gelas ditarik secara cepat dan stabil, maka gelas akan tetap diam di tempat semula.

3. Apa yang mengakibatkan perbedaan keadaan gelas akibat perlakuan nomor 2 dan 3?

Hasil antara keadaan gelas, jika kertas ditarik dengan perlahan atau ditarik secara cepat ternyata berbeda.

4. Berapa besar resultan gaya pada benda diam?

Perbedaan tersebut dikarenakan, saat kertas di bawah gelas ditarik secara perlahan, kita berarti memberikan gaya tarik kepada kertas sekaligus gelas sehingga gelas akan ikut bergerak bersama kertas. Gaya tarik dapat menyebabkan benda bergerak ini merupakan penerapan dari Hukum II Newton. Sedangkan saat kertas di bawah gelas ditarik secara cepat dan stabil, resultan gaya yang kita berikan pada benda besarnya nol sehingga gelas akan tetap diam di tempat semula. Keadaan benda tetap diam ini disebut kelembaman yang merupakan penerapan dari Hukum I Newton. Contoh lain penerapan dari Hukum I Newton yaitu saat naik motor, jika kita mengerem maka tubuh kita akan terdorong ke depan. Saat kita mengegas motor, tubuh kita akan terdorong ke belakang.

Apa yang dapat kamu simpulkan?

Berdasarkan percobaan dan diskusi yang telah kamu lakukan, apa yang dapat kamu simpulkan?

Kesimpulannya, jika gelas saat kertas ditarik secara perlahan maka gelas akan ikut bergerak mengikuti tarikan kertas, dan jika gelas ditarik secara cepat maka gelas akan tetap pada posisi semula.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 1.2 Sifat Kelembaman Suatu Benda Halaman 12 Bab 1 (Gerak Benda dan Makhluk Hidup di Lingkungan Sekitar)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 1.2 Sifat Kelembaman Suatu Benda Halaman 12 Bab 1 (Gerak Benda dan Makhluk Hidup di Lingkungan Sekitar). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kota A dan kota B pada peta berjarak 6 cm. Jarak sebenarnya kedua kota tersebut adalah 120 km. Jika Kota B dan Kota C pada peta yang sama berjarak 4 cm, maka tentukan jarak sebenarnya Kota B dan Kota C!

[Kunci Jawaban] Kota A dan kota B pada peta berjarak 6 cm. Jarak sebenarnya kedua …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!